Dirilis

20 Maret 2024

Penulis

Oky Setiarso

Pernahkah Anda merasa kesulitan menyeimbangkan antara karier dan kehidupan keluarga? Atau pernahkah Anda mendengar istilah work-life balance atau work-family balance? 

Di tengah kehidupan yang semakin sibuk, menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga memang menjadi sebuah tantangan bagi banyak orang. Padahal keseimbangan ini penting agar Anda dapat menjalani kehidupan keluarga yang harmonis dengan perjalanan karier yang memuaskan. 

Riset pun mengatakan bahwa orang dengan keseimbangan pekerjaan dan keluarga terbukti memiliki kualitas hidup yang lebih tinggi. 

Apa saja dampak dari kurangnya keseimbangan keluarga dan kerja? Lalu bagaimana cara agar keseimbangan ini bisa tercapai? 

Artikel ini memuat penjelasan mengenai work-family balance beserta tips agar Anda dapat menyeimbangkan kerja dan keluarga. Yuk, simak sampai habis agar dapat menambah wawasan Anda. 

Baca juga : Mengubah hobi jadi penghasilan


 

Apa itu Work-Family Balance? Apakah Berbeda dengan Work-Life Balance?

Sebelum membahas tips untuk meraih work-family balance, penting untuk mengetahui makna isitilah tersebut. 

  • Menurut studi yang dilakukan Greenhaus, Collins, Shaw di tahun 2003 di Amerika Serikat, mengungkapkan work-family balance memiliki arti sebagai kondisi dimana Anda merasa mampu dan puas dalam menjalani peran Anda sebagai pekerja sekaligus terlibat penuh dalam keluarga. Kondisi keseimbangan ini ditandai dengan minimalnya konflik yang muncul dalam proses memenuhi kedua kewajiban tersebut. 

Lantas, apa bedanya dengan work-life balance? 

  • Work-life balance memiliki arti yang lebih kompleks dibandingkan work-family balance. Ruang lingkupnya lebih luas karena mencakup kehidupan pribadi selain aspek keluarga seperti pertemanan, hobi, kesehatan dan sebagainya. Namun istilah ini masih berkaitan dengan work-family balance karena aspek keluarga merupakan salah satu aspek penting dalam work-life balance. Dalam kata lain, work-family balance dapat menjadi langkah awal Anda dalam menggapai work-life balance.   


 

Tips Untuk Mencapai Work-Family Balance

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menyeimbangkan dunia pekerjaan dan keluarga.

 

1.    Tentukan Prioritas Anda

Hampir tidak mungkin untuk memenuhi semua tuntutan dengan waktu dan sumber daya yang terbatas. 

  • Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menemukan kegiatan mana yang menurut Anda penting. 
  • Mulailah dengan mengevaluasi tugas dan tanggung jawab yang Anda miliki, kemudian tentukan apa saja yang akan Anda prioritaskan. 
  • Hindari penentuan prioritas semata yang hanya mementingkan pekerjaan atau hanya mementingkan keluarga. 
  • Pastikan Anda memprioritaskan kepentingan keluarga dan pekerjaan secara seimbang.


 

2.    Bangun Komunikasi yang Lancar

Menjalin hubungan yang baik dengan keluarga dan perusahaan merupakan hal yang penting untuk menyampai work-family balance. 

  • Untuk itu, Anda perlu memastikan komunikasi yang efektif, baik dengan keluarga Anda, maupun dengan perusahaan. 
  • Pastikan perusahaan Anda memahami komitmen Anda terhadap keluarga. 
  • Komunikasi yang baik akan membuka jalan untuk berdiskusi dengan perusahaan tentang fleksibilitas pekerjaan sehingga Anda bisa mendapatkan waktu lebih untuk dihabiskan bersama keluarga.  
  • Di sisi lain, Anda juga harus memberikan pemahaman untuk keluarga mengenai tuntutan karier Anda dan kapan Anda harus mementingkan pekerjaan. 
  • Komunikasi ini juga dapat mempererat ikatan keluarga dan membangun pengertian untuk satu sama lain. Dengan begitu, Anda dapat menjaga keharmonisan keluarga tanpa harus mengorbankan pekerjaan. 


 

3.     Jaga Kesehatan Fisik dan Mental Anda

  • Kondisi kesehatan Anda harus tetap dijaga agar Anda dapat menjalani peran Anda secara maksimal. 
  • Kesehatan fisik dapat dijaga dengan berolahraga rutin, mengatur pola makan, dan istirahat yang cukup. Tubuh yang fit akan rentan terhadap penyakit yang dapat menghambat pekerjaan Anda. 
  • Kesehatan mental Anda juga perlu dijaga agar pikiran tetap jernih dan hati tetap tenang. 
  • Jangan lupa sesekali menyisihkan waktu untuk melakukan aktivitas seperti hobi atau rekreasi untuk menyenangkan hati. 
  • Terakhir, jangan pernah ragu untuk meminta bantuan orang lain saat Anda merasa kesulitan. 


Baca juga : Pengelolaan gaji pekerja 

 

Kesimpulan

Menyeimbangkan antara keluarga dan pekerjaan memang bukan hal yang mudah. Namun, mulai dengan menetapkan prioritas, mengatur jadwal dengan baik, memastikan komunikasi yang lancar dan kesehatan diri Anda agar mampu memenuhi kewajiban dengan baik, serta jangan ragu minta bantuan orang sekitar jika Anda mengalami kesulitan. Dengan menjaga keseimbangan tersebut, Anda dapat menikmati kebahagiaan dalam keluarga dan kesuksesan dalam karir.
                
Jika masih memiliki pertanyaan terkait informasi kesehatan dan kondisi kesehatan Anda, jangan ragu berkonsultasi dengan ahlinya melalui fitur Tanya Ahli  dan untuk mendapatkan saran yang tepat. Dengan mendaftar di daya.id, seluruh informasi terkait kesehatan dapat diakses dengan gratis dan mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Muthmainah Mufidah, M.Psi

Psikolog Klinis Dewasa

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS