Menumbuhkan Gaya Hidup Sehat dari yang Sederhana

Dirilis

16 November 2021

Penulis

Shaina Nabila

Narasumber

Ega Maharani

Pekerjaan

Divisi Marketing and Communication di Indonesia Sport Medicine Centre

Ega Maharani sudah terbiasa berolahraga sejak kecil, karena didikan orangtua. Beranjak dewasa, dia mulai ikut bergabung ke berbagai komunitas, dan belajar berbagai hal tentang gaya hidup sehat. Termasuk belajar beradaptasi selama pandemi, dan saat transisi pelonggaran aktivitas di luar rumah.

 

Yuk, simak kisahnya di bawah ini.

Bagaimana Ega Maharani Menumbuhkan Gaya Hidup yang Sehat di Masa Transisi Ini?

“Dalam 1 minggu saya bagi menjadi 2 bagian, yaitu weekdays dan weekend. Weekdays yang masuk kantor dan bekerja dari jam 8.30-17.30. Ketika pulang kerja tidak lembur, maka saya akan selalu menyempatkan untuk olahraga minimal 30 menit,” ujar Ega Maharani. Olahraga yang biasa dilakukan oleh Ega adalah lari di treadmill atau melakukan workout.

“Kemudian untuk weekendnya, 1 hari akan digunakan untuk bersosialisasi sambil berolahraga di luar. Contohnya seperti outdoor running bersama teman-teman. Kemudian 1 harinya akan digunakan untuk istirahat”, ujarnya. Menurut Ega, hari istirahat atau rest day adalah bagian penting dari olaharaga. Rest day memungkinkan tubuh untuk pulih, dan menjadi lebih kuat.
Untuk hobinya di bidang olahraga, Ega Maharani sudah memulai dari kecil. Sejak kecil Ega dibiasakan oleh orangtua untuk berolahraga rutin, seperti menemani ayah untuk jogging atau jalan cepat, dan saat bersekolah di bangku SMP pun Ega pernah masuk tim basket sekolah. 

“Menekuni hobi berlari selama 6 tahun itu sedikit banyak ada ilmunya, tidak hanya asal lari tetapi dengan target. Tidak hanya untuk menyehatkan diri atau hanya membentuk badan, tapi ada target untuk menambah endurance,” ujarnya.

Berawal dari menyukai olahraga lari itulah Ega ikut dalam komunitasi olahraga lari. Dalam komunitas tersebut, ia tidak hanya berolahraga, namun juga menggali ilmu mengenai lari atau olahraga, dan belajar bersama membuat program seperti lari yang memiliki target. Contohnya sebelum pandemi, dalam seminggu jadwal bertemu untuk latihan bersama adalah kamis dan minggu. Dalam hari pertemuan itu masing-masing anggota menekuni program yang mereka buat. 

“Cewek punya otot juga sexy kok!” ujarnya 
Selain lari, ia juga melakukan weightlifting. Menu olahraga Ega setiap hari pasti ada komposisinya. Jika hanya memiliki waktu 30 menit saja, biasanya 20 menit akan digunakan untuk lari, dan 10 menitnya untuk angkat beban. Karena jika hanya melakukan kardio saja, otot akan mengecil walaupun lemak juga akan hilang. Sehingga badan akan menjadi kurang kencang seperti jelly. Maka harus diimbangi mengecilkan lemak dan memperbesar otot sehingga terlihat fit.
 

Pola Makan Food Combination

Ega memilih hidup dengan pola makan food combination. Menurutnya dengan metode ini Ega dapat menikmati makanan apa saja, tidak membatasi jenis makanan yang dikonsumsi melainkan melihat energi atau kalori. Menurut Ega, kalori yang masuk ke dalam tubuh dan yang dikeluarkan harus imbang atau bahkan lebih baik mengonsumsi makanan lebih sedikit dari yang dikeluarkan tubuh. Sehingga seseorang dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Jika hari ini makan banyak, maka besok diimbangi dengan olahraga. “Sehingga masih bisa menikmati semuanya.”ujarnya. 

Untuk mengetahui seberapa energi yang masuk ke dalam tubuh, Ega biasanya melakukan tracking calories dengan aplikasi di smartphone hampir setiap hari, untuk memperkirakan kalori yang masuk ke dalam tubuh, dan juga saat olahraga melihat berapa kalori yang sudah terbakar sehingga dapat menyesuaikan makanan yang dikonsumsi. 
“Ingin hidup lebih panjang, lagipula jika tidak dimulai dari sekarang mau kapan lagi?”, ujar Ega ketika ditanya motivasinya memiliki gaya hidup sehat.
Menurut Ega, “Mumpung dengkul masih sehat dan jantung masih sehat, why not dipupuk dari sekarang. Masa mau mengandalkan asuransi? Mereka bisa cover kita sampai kapan? mereka bisa mengawasi kita sampai kapan? No one can save us kecuali kita sendiri.”
 
Ega berharapa semoga dengan olahraga yang baik ini dapat hidup lebih panjang. Di kehidupan yang sekarang ini sudah jarang sekali bisa menemukan sesuatu yang benar-benar alami atau natural, dimana-mana ada radikal bebas, maka sebisa mungkin menjaga diri kita dengan olahraga.

Tips Untuk Memulai Olahraga

Tips dari Ega untuk memulai olahraga ialah, “Mulai saja dahulu dari yang kecil. Jika ingin lari dimulai dari lari di komplek keliling rumah 10 menit. Semua barang bisa dipakai untuk olahraga tidak perlu equipment banyak untuk memulai. Segeralah mulai berolahraga jangan sampai kena batunya dahulu baru memulai olahraga. Dan jangan lupa untuk menyayangi diri sendiri. Kita perlu life balance juga.” 
Ada kalanya seseorang bosan dan lelah, maka istirahatlah namun jangan lupa untuk kembali dan tumbuhkan semangat! 

Punya pertanyaan lebih lanjut? Segera log in ke daya.id dan gunakan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.
 

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Kisah Sukses Lainnya

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS