Semakin Berilmu Semakin Bermanfaat

Dirilis

15 Desember 2019

Penulis

Tim Daya Sehat Sejahtera

Narasumber

Frima Elda

Pekerjaan

Dosen/Peneliti

Frima Elda, perempuan dan seorang ibu rumah tangga yang tidak pernah menyerah menggapai cita-cita. Berawal dari keinginannya untuk memiliki gelar di depan namanya sebelum berusia 30 tahun, langkah demi langkah ia lewati sampai impiannya tercapai.

Gelar pendidikan di depan nama itu hanya ada dua, yaitu doktor (DR) atau dokter (dr). Frima memilih untuk menjadi dokter, karena waktu untuk mendapatkannya lebih singkat. Namun saat lulus SMA dan mencoba daftar kuliah di jenjang Strata 1 (S1), ia tidak berhasil mendapat kesempatan kuliah kedokteran. Sehingga ia mengambil program Diploma 3 (D3) jurusan gizi. Lalu, karena cita-citanya memiliki gelar dokter tidak dapat dicapainya, maka kemudian ia berpikir dan beralih pada gelar doktor.

Perjalanan yang dilewati untuk mendapat gelar D3, S1, S2, dan S3 penuh dengan jatuh bangun atau tidak selalu mulus. Hingga akhirnya pada usia 33 tahun, ia lulus S3 dari salah satu universitas negeri terkenal di Indonesia, dan menyandang gelar doktor.

Frima pun menyadari bahwa ia semakin memiliki banyak kesempatan untuk berkarya pada bidang gizi, yang telah ia tekuni. Penelitian yang telah ia lakukan, sangat diharapkan dapat memberi dampak bagi masyarakat. Kini Frima bekerja sebagai freelance yang mengerjakan project gizi masyarakat. Di samping melakukan edukasi gizi kepada masyarakat umum sampai ke pelosok Indonesia, Frima tetap dapat meluangkan waktu untuk mengurus anak laki-lakinya yang masih berusia 6 tahun.

Perjalanan pendidikan ia lewati dengan semangat dan atas motivasi dari kedua orang tua. Selain itu, Frima juga berpikir bahwa perempuan itu harus punya pendidikan cukup karena pola pikir dan cara menyikapi masalah akan jauh lebih baik. “Namun tidak harus S3 kok, yang penting rajin-rajinlah menuntut ilmu selama masih bisa,” tutur Frima.

Semakin banyak ilmu yang dimiliki, semakin besar ruang untuk bermanfaat bagi orang lain. Apa yang kita miliki bukan sesuatu hal yang dapat kita sombongkan. Tetap berkarya dengan apa yang kita miliki, menjadi diri sendiri, dan jangan mengeluh. Terkadang yang kita keluhkan sebenarnya adalah keinginan orang lain impikan. Tentunya maksimalkanlah apa yang ada dalam diri Anda.

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Kisah Sukses Lainnya

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS