Tips Tetap Sehat WFO di Masa Pandemi

Dirilis

07 Juli 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Narasumber

Danastri Widoningtyas, S.K.M.

Pekerjaan

Asisten Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Pandemi COVID-19 masih belum berakhir dan pemerintah terus mengupayakan pencegahan penularan penyakit melalui penegakkan protokol kesehatan di masyarakat. Danastri Widoningtyas menjadi bagian dari asisten Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Ia menceritakan bagaimana mula bergabung dengan tim yang bertugas untuk menangani COVID-19 di Indonesia bersama dengan teman-teman dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

“Aku bergabung di Tim Pakar sejak Oktober, di bidang media. Jadi aku bertugas untuk mendampingi Ketua Tim Pakar saat melakukan konferensi pers atau keperluan wawancara.” jelas Danastri yang kerap disebut Ninis.

Mengenali Diri di Masa Pandemi

Ninis menceritakan bagaimana ia memanfaatkan waktu ‘istirahat’ di masa pandemi untuk mengenali tubuhnya. Sejak awal Maret sampai Oktober (sebelum mulai bekerja), ia rutin berolahraga selama satu jam setidaknya 3-4 kali dalam seminggu. Olahraga rutin yang Ninis lakukan membuatnya merasa bugar meskipun di rumah saja. Olahraga favoritnya adalah yoga dan sesekali ia berjalan santai di sore hari.

“Olahraga yoga itu unik. Kalau olahraga pada umumnya bersifat work out, tapi yoga justru work in. Olahraga yoga menyambungkan pikiran, hati, dan fisik.” Ninis menjelaskan mengapa ia memilih olahraga yoga selama pandemi. Baginya, setiap gerakan yoga melatih fokus dan membuatnya menghargai setiap hembusan nafas saat menjaga keseimbangan tubuh.

Menjaga Kesehatan di Tengah Kesibukan

Kemudian Ninis terjun ke dunia pekerjaan dan memulai perjalanan di Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19. Baginya, bekerja di Tim Pakar Satgas adalah hal yang mengejutkan. Bagaimana tidak, beban tugas yang tinggi menuntut Ninis siap sedia bekerja cepat mengiringi atmosfer kerja yang dinamis. Namun, ia bersyukur memiliki teman-teman yang suportif dan dapat bekerjasama dengan baik. Bekerja di Tim Pakar membuat Ninis bekerja dari kantor secara penuh, bahkan memiliki mobilitas tinggi. Tentu Ninis selalu berusaha menjaga kesehatan agar terhindar dari COVID-19.

“Aku bekerja untuk mencegah penyebaran COVID-19, terlebih dulu aku harus menjaga kesehatan diri sendiri.” tutur Ninis. Ia bercerita bahwa kondisinya selama tiga bulan bekerja di Tim Pakar terus mengupayakan hidup sehat.

Adaptasi Kerja di Masa Pandemi

Ninis merasa waktunya untuk merawat diri secara psikologis jauh berkurang setelah bekerja, namun seiring berjalannya waktu ia semakin terasah untuk menghadapi stres kerja dan menjaga fisik tetap sehat.

“Makan siang dan malam disediakan kantor, namun sayur dan buah sangat minim. Jadi setiap hari aku selalu bawa tambahan sayur dan buah, sekalian jadi camilan juga.” tutur Ninis menceritakan kebiasaan hariannya. Ninis menyadari pentingnya memenuhi kebutuhan serat dan zat gizi mikro harian dengan konsumsi sayur dan buah. Ninis juga bercerita bahwa ia selalu mengusahakan untuk tidur 8 jam sehari, namun ketika sangat sibuk tidur minimal 6 jam sehari.

Ninis menggunakan transportasi publik menuju kantor. Hal ini membuatnya rutin berjalan kaki setidaknya 40 menit dalam sehari. Ia juga memanfaatkan akhir pekan untuk berolahraga dan memanjakan diri dengan melakukan aktivitas yang ia gemari. Ninis juga memperhatikan kualitas hidrasi dengan membawa botol minum sehingga dapat mengukur berapa banyak air mineral yang ia minum. Bekerja di ruang ber-AC sempat membuatnya lalai, namun saat ini ia kembali berusaha untuk disiplin memenuhi kebutuhan hidrasi.

Selain itu, Ninis menyadari pentingnya terpapar sinar matahari untuk menjaga kesehatan tubuh, sayangnya hal ini sulit ia peroleh mengingat bekerja dari pagi hingga malam hari dan selalu berada di dalam ruangan. Ia mensiasati hal tersebut dengan mengonsumsi suplemen vitamin D. Selebihnya, kebutuhan zat gizi makro dan mikro dapat dipenuhi lewat makan dengan pola gizi seimbang.

Ninis berusaha disiplin menjalankan protokol kesehatan. Tidak lupa ia selalu menyediakan masker dan hand sanitizer selama berada di luar rumah. Sederhananya ketika makan bersama dengan teman-teman, ia menegur untuk tidak bicara atau mengobrol selama makan dan tetap menjaga jarak. Ninis juga membungkus masker dengan plastik dan menyimpannya dengan baik selama makan, kemudian menggunakannya kembali segera setelah makan.

Ninis memberikan pesan bagi Anda yang bekerja dari kantor untuk tetap menjaga kesehatan di masa pandemi.

  1. Hati yang gembira adalah obat. Sebanyak apapun beban kerja, selalu berusaha untuk bersyukur dan menikmati setiap pekerjaan yang dilakukan.
  2. Pastikan asupan makan memenuhi gizi seimbang.
  3. Begadang adalah investasi penyakit, sehingga istirahat 7 jam setiap hari.
  4. Hargai waktu di akhir pekan dengan beristirahat dan olahraga, misalnya dengan menghindarkan telepon genggam untuk keperluan kerja.

Anda dapat bertanya seputar kesehatan yang tepercaya dan langsung dari ahlinya di fitur Tanya Ahli. Salam sehat.

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Kisah Sukses Lainnya

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS