Bukan Penikmat Kopi, Tapi Sukses Jalankan Usaha Kopi Lokal

Dirilis

16 April 2018

Penulis

Tim Penulis Majalah Franchise Indonesia

Pengusaha

Charles Botte Gunadi

Jenis Usaha

Franchisee “Excelso”

Menurut Charles Botte Gunadi, pemilik usaha tak perlu mahir di bidang usaha, tapi harus mahir membangun usaha. Dan itu ia buktikan lewat usaha waralaba kopi lokal.

Charles bukan penikmat kopi. Ia seorang konsultan bisnis yang tertarik membangun usaha kopi. “Sebenarnya saya bisa bikin usaha sendiri, tapi perlu waktu untuk branding dan sebagainya,” ujar Charles. Makanya, ia memutuskan memulai usaha melalui waralaba yang menurutnya memiliki potensi bagus.

Sebelum bekerjasama, pria yang sempat 12 tahun tinggal di Amerika Serikat ini terlebih dulu memilih waralaba yang merknya sudah dikenal sejak lama. Pilihannya jatuh kepada Excelso, salah satu produk kopi lokal yang menurutnya memang sudah terkenal di mal-mal kelas atas.

Outlet Excelso milik Charles dibuka di kawasan kuliner Pantai Indah Kapuk pada 2015. Waktu itu kawasan tersebut belum seramai sekarang, coffee shop juga belum banyak. Apalagi lokasi outletnya berapa di deretan paling ujung, yang jarang dilalui orang. Namun Charles tetap optimis karena target pasarnya jelas, yaitu warga di pemukiman tersebut.

Sekarang kawasan tersebut sudah menjelma menjadi salah satu pusat kuliner, dan makin banyak rupiah yang bisa ia kumpulkan. Charles juga berinovasi dengan menambahkan semacam shelter pada outletnya, yang menawarkan pengalaman baru bagi pengunjung, dan merupakan stand alone outlet pertama Excelso di Jakarta, sehingga pengunjung akan merasakan atmosfer yang berbeda. Wallpapernya pun menarik, bahkan seringkali menjadi background pengunjung yang berfoto. Tak heran 200-300 konsumen datang setiap hari.

Bagi Charles kehidupan sebagai pengusaha lebih menarik, karena tantangan menjadi pengusaha berasal dari diri sendiri. “Sebagai pengusaha kita perlu keyakinan diri ditambah ketegasan dan konsistensi,” sambungnya.

“Setiap orang pernah kurang sukses. Tidak perlu diratapi atau terlalu disesali. Anggap saja sebagai kesuksesan yang tertunda. Selama kita konsisten dan tekun, pasti akan menjadi lebih baik. Yang penting stop menyalahkan orang lain, fokus pada solusi, dan mau membuka diri untuk menerima saran,” paparnya mengenai strategi menghadapi kegagalan.

Terkait dengan rencana ke depan sebagai franchisee kopi lokal, Charles ingin melakukan ekspansi usaha ke luar negeri. Ia bahkan menyebut tiga kota sebagai sasaran ekspansinya. “Saya sering ke Singapura. Sydney dan LA merupakan kota besar. Kalau mulai dari situ, menyebarnya akan lebih mudah,” kata Charles menjelaskan alasannya. “Kita bisa menunjukkan kepada pengusaha lain supaya jangan selalu mengandalkan produk asing dibawa ke Indonesia, karena produk lokal pun bisa kita jual ke luar negeri. Yang penting bagaimana kita bisa meyakinkan investor di luar negeri,” tandas pengurus LA Connexion - USA Graduates Alumni ini.

Charles sudah membuktikan ia bisa sukses dengan usaha waralaba. Jika Anda juga ingin seperti Charles, silakan kunjungi halaman Peluang Usaha di Daya.id, dan manfaatkan kemudahan pengajuan minat membeli usaha waralaba.

Penilaian :

4.3

3 Penilaian

Kisah Sukses Lainnya

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS