Dokter yang Sukses Berbisnis Kopi

Dirilis

24 Desember 2020

Penulis

Majalah Franchise Indonesia, Mitra Strategis Program Daya Sejak 2014

Pengusaha

dr. Siti Asiah Anggraeni, M.MRS

Jenis Usaha

Pemilik franchise Kopi Ruang Hati

Siapa bilang kopi indentik dengan pria? Para wanita pun tidak sedikit yang kepincut aroma dan cita rasa kopi lho. Salah satunya malah sukses berbisnis kopi dengan merek Kopi Ruang Hati yang gerainya sudah tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Siapa dia?
 

Termotivasi Agar Masyarakat Bisa Menikmati Biji Kopi Terbaik Indonesia

Bergelar dokter, Asiah nyatanya tidak hanya piawai menekuni bidang medis, namun juga soal per-kopian. Sepanjang pengalamannya menikmati minuman beraroma khas tersebut, ia mengamati bahwa bisnis kopi merek asing begitu menjamur di Indonesia sedangkan bisnis kopi lokal cenderung stagnan, karena tidak ada yang memiliki jaringan sebesar merek kopi asing. Padahal menurutnya, biji kopi terbaik Indonesia dari Aceh sampai Papua sebagian besar dipasarkan ke luar negeri.  

“Sayangnya, banyak masyarakat Indonesia yang belum tahu dan belum merasakan kopi-kopi terbaik Indonesia,” ungkapya dengan nada prihatin. Keprihatinan inilah yang memotivasi wanita bernama lengkap dr. Siti Asiah Anggraeni, M.MRS ini merintis Kopi Ruang Hati sejak tahun 2015 di tengah kesibukannya sebagai dokter. Harapannya, masyarakat luas bisa menikmati minuman dari biji kopi terbaik dengan harga terjangkau. 

Melihat Tren Selera Masyarakat Terhadap Kopi

Namun demikian, naluri bisnis Asiah melihat bahwa perkembangan selera konsumen saat ini menginginkan produk kopi susu yang lebih simpel dan kekinian. ”Saya melihat perkembangan pasar berikutnya yang menjadi tren ternyata produk kopi susu,” katanya. Makanya, konsep Kopi Ruang Hati pun disesuaikan sebagai kedai kopi yang mengkombinasikan konsep coffee fresh to go dengan dine in coffee dengan menyajikan menu-menu yang lebih simpel. “Karena kebiasaan masyarakat kita yang suka kopi untuk sosialisasi. Nongkrong dan ngobrol,” imbuhnya.

Terdapat 28 varian minuman panas dan dingin yang ditawarkan Kopi Ruang Hati, mulai dari kopi, milk tea, fresh milk hingga bubble. Kopi best seller yang sering dicari para konsumen adalah es kopi gula aren, kopi banana dengan rum regal, serta es kopi susu karamel. Dengan varian produk seperti ini, tidak heran Kopi Ruang Hati mendapatkan ruang istimewa di hati konsumen diantara kedai kopi sejenis yang sedang hits. “Saya banyak mencoba produk produk kopi yang ada di pasaran, dari situ ditentukan bahan bakunya apa saja. Kemudian mencoba mengkreasikan produk yang berbeda namun sesuai dengan taste pasar,” jelasnya. 


Mengamati Gaya Hidup Masyarakat dan Membuat Konsep Bisnis

Sebelum memulai bisnis, Asiah melakukan analisis sederhana, melakukan pengamatan terhadap pasar kopi yang semakin meluas karena telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. “Terlebih dengan perkembangan produk kopi susu saat ini, yang semua golongan usia bisa menikmati. Sehingga secara peluang bisnis menjadi makin besar atau berkembang,” katanya.

Seperti halnya pebisnis lainnya, awalnya Asiah dituntut untuk menciptakan produk yang lebih unggul, dan bagaimana agar masyarakat tertarik dan mau membeli produknya. “Setelah orang suka dengan produk kita, dan akhirnya terjadi banyak permintaan. Tantangan berikutnya adalah bagaimana membangun manajemen stok yang baik sehingga bisa terus memenuhi permintaan pasar yang terus berkembang,” terangnya. Dalam perjalanan bisnisnya, Asiah jadi banyak belajar secara bertahap dengan pengalaman tersebut ia membangun konsep bisnis dalam stok bahan baku, produksi, pengembangan produk pemasaran, dan pengawasan. 

Pemasaran Produk Melalui Online dan Offline

Untuk memasarkan produk, Asiah mengaku media sosial memiliki peranan yang sangat penting. Dalam hal ini ia tidak mengalami hambatan besar karena dibantu tim marketing yang telah berpengalaman. Meski begitu, Asiah tidak serta-merta hanya melakukan promosi secara online melalui media sosial. Ia membuat konsep gerai yang menarik, menentukan standar kualitas produk dan pelayanan yang bagus. Menurutnya, ini merupakan salah satu cara berpromosi secara offline juga, karena dengan kualitas dan pelayanan yang baik pelanggan akan betah, tertarik datang lagi, bahkan mengajak teman-teman atau kenalannya untuk datang juga. Wah, benar juga ya!


Secara umum kinerja Kopi Ruang Hati berjalan sangat bagus dengan omzet bisnis yang memuaskan. Bahkan, saat ini Kopi Ruang Hati memiliki 26 gerai yang tersebar di Cepu, Ambon, Bandung, Balikpapan, Bandar Lampung, Batam, Semarang, Demak, Bengkulu, Depok, Makassar, Surabaya, Bali, Pangkal Pinang, Purwokerto, Salatiga, Pontianak, Tasikmalaya. Setelah menggunakan sistem franchise, rata-rata mitra binisnya mencapai balik modal dalam kurun waktu sekitar 6-18 bulan tergantung fasilitas gerai dan kondisi pasar setempat. Rencana mendatang wanita yang hobi kuliner dan travelling ini ingin membuat brand Kopi Ruang Hati makin dikenal masyarakat secara luas. 


 

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Kisah Sukses Lainnya

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS