Franchise Beromzet Ratusan Juta, Dimiliki Mantan Sales di Kampung

Dirilis

04 Mei 2020

Penulis

Majalah Franchise Indonesia, Mitra Strategis Program Daya Sejak 2014

Pengusaha

Andrianto Sunggoro

Jenis Usaha

Pemilik Franchise Mr. Crispy

Berniat hijrah dari kampung halamannya di Singkawang Kalimantan Barat ke Jakarta untuk memperbaiki perekonomian, siapa sangka nasib baik justru membawa Andrianto Sunggoro menjadi pengusaha rumah makan dengan jaringan terbesar bertajuk Mr Crispy. Bagaimana kisahnya?

Andrianto Sunggoro memulai karir dengan bekerja sebagai sales di Singkawang, Kalimantan Barat. Merasa pendapatannya pas-pasan, ia kemudian memberanikan diri merantau ke Jakarta kemudian bekerja di salah satu perusahaan food & beverage. Berkarier selama 6 tahun di perusahaan tersebut sampai menjadi Manajer rupanya tidak membuat pria yang akrab disapa Andri Sung ini merasa nyaman, ia justru memutuskan untuk ambil resiko untuk beralih ke dunia wirausaha. “Setelah kurang lebih 6 tahun akhirnya saya memutuskan untuk memulai sesuatu yang baru,” bebernya. 

Mimpi memiliki bisnis keluarga
Pria lulusan SMA ini mengaku, alasan utama memilih wirausaha lantaran ingin memiliki bisnis keluarga sebagai mata pencaharian untuk keluarganya. Ia pun memilih usaha kuliner dengan menu ayam karena dianggap menu tersebut memiliki pasar yang tidak kenal musim. Benar saja, usaha yang tadinya hanya berupa kedai kecil lambat laun memiliki beberapa cabang. Ketika itulah, seorang teman yang merupakan motivator bisnis menawarkan kerjasama untuk bisnis waralaba. “Dulu ada seseorang yang menjadi inspirasi sekaligus motivator saya, yang membimbing saya sampai bisa mengenal bisnis waralaba atau franchise ini,” kenang Andri Sung. 

Keputusan Andri Sung memilih jalur franchise ternyata menjadi keputusan yang tepat. Didukung potensi pasar ayam yang memang besar dan pengolahan produknya yang relatif tidak sulit, Mr. Crispy yang didirikan pada tahun 2016 ini kini memiliki 30 gerai dan menjadi salah satu franchise kuliner dengan jaringan bisnis tersebar di berbagai daerah. Baik di daerah Jawa maupun luar Jawa seperti Singkawang dan Pontianak-Kalimantan Barat, Denpasar –Bali, Pondok Gede dan Cibitung – Bekasi dan daerah lainnya. Omzet yang dicapai pun tidak tanggung-tanggung, berkisar antara Rp150 juta sampai Rp500 juta per bulan. Dengan harga produk berkisar antara Rp5 ribu sampai Rp30 ribu. Wah!

Selain rasa, jaga mutu dan pelayanan
Meski demikian, memilih bisnis dengan sistem franchise rupanya bukan jaminan perjalanan bisnis Andri Sung menjadi tanpa kendala. Kendala utama yang dihadapi menurutnya adalah harga bahan baku yang sangat fluktuatif. Selain itu, menjaga mutu juga merupakan tantangan tersendiri, “Karena mutu dan pelayanan adalah salah satu kunci utama di industri ini selain rasa yang enak. Jika kami tidak berupaya maksimal, akan ada celah yang imbasnya dapat merugikan pelanggan kami,” tegasnya. 

Karena itu, Andri Sung bersama manajemen berpegang teguh pada prinsip menjaga mutu dan terus melakukan pengembangan bisnis untuk menyesuaikan dengan setiap perubahan yang ada. “Kami sudah banyak melakukan pengembangan produk, yang awalnya hanya kedai ayam goreng kecil, sekarang menjadi restoran keluarga,” tandasnya. Ia juga mengedepankan sistem kekeluargaan yang ia yakini sebagai kunci utama kesuksesannya. Suasana kompak dan kekeluargan tersebut tidak didapat dengan mudah, Andri Sung mengakui harus beberapa kali “bongkar pasang” tim sampai bisa menemukan tim yang benar-benar kompak dan saling mengisi.

Pemasaran melalui media sosial
Untuk mempromosikan usahanya agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, Andri Sung memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram yang semakin kesini semakin banyak digunakan juga oleh banyak orang. Ia juga tidak melewatkan kesempatan menjaring sebanyak mungkin mitra melalui pameran franchise

Kedepannya, pria yang hobi kuliner dan travelling ini bertekad ingin tetap memberikan kepuasan pelanggan melalui pelayanan dan kualitas menu terbaik. Selain itu, ia juga berencana membawa brand Mr.Crispy sampai ke level nasional bahkan internasional.

Semoga segera terwujud, Pak Andri Sung!



 

Penilaian :

4.8

4 Penilaian

Kisah Sukses Lainnya

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS