Tak Mau Pusing, Franchisee Ini Sukses Meniru Usaha Teman

Dirilis

07 Mei 2018

Penulis

Tim Penulis Majalah Franchise Indonesia, mitra strategis Program Daya sejak 2014

Pengusaha

Andrian Budiman

Jenis Usaha

Franchisee “Cendolsin”

"Sebenarnya saya ingin bergabung menjadi franchisee dengan produk yang unik. Namun saya bingung mencari apa yang prospek. Hingga saya ingat teman SD membuat usaha cendol dan mitranya sudah banyak. Tak ambil pusing saya langsung menjadi mitra beliau,” cerita Andrian Budiman.
 

Andrian menjadi franchisee cendol ini sejak 2015. Cendol dari waralaba pilihannya menggunakan susu segar murni bukan santan. Hal ini menjadikan cendol olahannya unik dan memiliki daya tarik tersendiri.
 

Ia membuka gerai pertama di dekat sebuah restoran ayam bakar kremes di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Setelah membuka gerai kedua di lokasi lain, Andrian membuka gerai ketiga di depan cabang restoran ayam bakar kremes yang sama di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Andrian melihat restoran tersebut hanya menyediakan air mineral botol dan es teh manis. Oleh karena itu ia menawarkan produk cendolnya sebagai variasi menu minuman. “Di resto ini kalau saya bilang menu minumannya sangat minim. Kebetulan pemilik resto ini masih ada hubungan kerabat dengan saya, makanya saya berani nawarin menu cendol saya ke resto ini,” bebernya. Pada bulan pertama, gerai ketiga ini berhasil menjual 1.700 cangkir. Andrian pun langsung balik modal.
 

Bagi Andrian kunci sukses utama dalam menjalankan usaha makanan maupun minuman adalah pelayanan pelanggan dengan sepenuh hati. Selain itu dukungan dari pihak franchisor juga sangat penting, terutama dalam mengontrol penjualan serta membantu mengatasi kendala dan keluhan pelanggan, sehingga Andrian bisa merespon dengan baik berbagai permasalahan yang muncul di lapangan.

Disinggung mengenai omzet, Andrian tidak menyebutkan nominal. Namun ia menjelaskan penjualan sebulan di gerai pertama mencapai 2.000 gelas, sedangkan di gerai kedua sebanyak 1.500 gelas per bulan. “Kami tetap berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai target. Dengan pencapaian kami saat ini saya optimis omzetnya akan melonjak terus,” katanya semangat.

Meski saat ini dirinya telah menjadi pengusaha sukses, Andrian tak lantas berpuas diri. Ia tetap gencar melakukan promosi, salah satunya dengan bekerja sama dengan layanan jasa kirim makanan ke rumah, perkantoran, dan lain-lain. Hal ini tentu saja mendongkrak penjualan per harinya.Sekarang sudah jaman modern, semua hampir pakai smartphone. Saya pikir kerjasama ini akan berdampak positif dan nyatanya saya rasakan saat ini,” tutupnya.

Andrian sudah membuktikan ia bisa sukses dengan usaha waralaba. Jika Anda juga ingin seperti Andrian, silakan kunjungi halaman Peluang Usaha di Daya.id, dan manfaatkan kemudahan pengajuan minat membeli usaha waralaba.

 

 

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Kisah Sukses Lainnya

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS