Dirilis

06 Agustus 2021

Penulis

Mirna Risnasuci


Tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencegah kita terkena virus COVID-19 di era pandemi ini. Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Olahraga yang rutin akan membuat tubuh kita lebih sehat dan bugar sehingga daya tahan tubuh kita pun akan meningkat yang pada akhirnya akan membantu memperkecil kemungkinan tertular virus COVID-19.


Di tengah kondisi new normal, olahraga dapat dilakukan di rumah maupun outdoor (tempat terbuka). Untuk olahraga outdoor, walaupun diperbolehkan di kondisi new normal, tetap dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh otoritas setempat, yaitu tetap menjaga jarak, mencuci tangan dengan hand sanitizers/air bersih dan sabun cuci tangan serta menggunakan masker yang sesuai. 

Saat ini sudah banyak masyarakat yang aktif melakukan olahraga outdoor seperti bersepeda, lari, basket, golf, tenis, berenang bahkan sepak bola dan futsal.

Baca juga: Mitos-mitos Olahraga yang Perlu Diluruskan 

Salah satu kegiatan olahraga outdoor yang tetap diminati dan tetap ramai dilakukan adalah olahraga futsal. Futsal tetap menjadi olahraga outdoor favorit yang dilakukan dikondisi new normal saat ini, hal ini dapat kita lihat dari banyaknya lapangan futsal yang sudah ramai digunakan oleh para penggiat olahraga tersebut. 


Olahraga futsal tetap menjadi olahraga yang diminati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Tidak hanya sampai di situ, futsal tidak hanya digemari oleh pria, tapi saat ini sudah banyak wanita yang menggemari olahraga ini.






 
Walaupun olahraga ini dikategorikan sebagai olahraga outdoor, namun pada prakteknya olahraga futsal banyak ditemukan di dalam lapangan indoor yang beratap, sehingga dapat dilakukan kapan saja, baik pagi, siang dan malam, serta tidak mengenal cuaca panas ataupun hujan. Faktor inilah yang membuat futsal lebih banyak diminati. Bagi peminat sepakbola, futsal sangat bermanfaat untuk meningkatkan teknik bermain sepak bola. 


Berikut adalah beberapa manfaat dari olahraga futsal yang dilansir dan diolah dari berbagai sumber.

1. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh

Tentu semua olahraga pada hakikatnya,  terlebih dikondisi pandemi saat ini, dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Terlebih dikondisi pandemi saat ini. Melakukan olahraga futsal secara rutin dapat membantu melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh dan juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh kita.  
Tubuh yang sehat dan bugar akan mampu meningkatkan imunitas tubuh yang pada akhirnya mampu menghindari kita dari riesiko terkena COVID-19.


Baca juga: Inilah 6 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh yang Efektif 

 

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat lain dalam kegiatan olahraga ini adalah menjaga kesehatan jantung. Ketika Anda melakukan olahraga ini, Anda dituntut untuk berjalan, berlari bahkan melompat selama kurang lebih 45 menit. Kegiatan yang dilakukan tersebut bermanfaat untuk melatih detak jantung kita dan melatih kardiovaskular. Dengan latihan rutin, futsal dipercaya mampu membantu menghindari risiko munculnya plak di arteri dan juga mengurangi risiko tekanan darah tinggi. 
 

3. Membakar lemak

Jika dilakukan secara rutin, olahraga futsal juga mampu mengurangi resikorisiko obesitas. Ketika berolahraga futsal tubuh kita mengeluarkan keringat yang cukup banyak. Keringat tersebut merupakan pembakaran lemak dalam tubuh. Lemak yang terbakar akan diubah menjadi energi oleh tubuh dan mengurangi kemungkinan risiko obesitas. Olahraga futsal dapat membantu membakar sampai 650 kalori.
 

4. Mengurangi stres dan menjaga kesehatan mental






Olahraga futsal juga merupakan olahraga yang efektif menghilangkan stres. Seperti yang kita tahu, kondisi pandemi membuat pergerakan kita menjadi terbatas, melakukan pekerjaan di rumah juga dapat menyebabkan kebosanan dikarenakan kita terbiasa untuk bekerja dengan melakukan interaksi dengan orang lain, ditambah jam kerja yang mejadi tidak menentu. Kondisi ini dapat menimbulkan stres untuk seseorang, yang pada akhirnya pun mengganggu kesehatan mental. 


Kegiatan olahraga futsal merupakan olahraga yang melibatkan beberapa orang sehingga memungkinkan kita untuk bertemu dengan teman-teman yang juga menggemari olahraga ini. Olahraga inipun pada akhirnya bermanfaat untuk melepas penat sehingga stres pun hilang dan dapat dipastikan pikiran anda pun akan segar kembali. Stres yang berkurang dan pikiran yang fresh akan membantu meningkatkan imun baik dalam diri kita.


Jika Anda ingin bertanya kepada ahli mengenai tips kesehatan lainnya, Anda dapat menggunakan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda mendaftar daya.id dan dapatkan informasi bermanfaat lainnya mengenai kesehatan secara gratis.

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber
 

Penilaian :

4.8

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS