Dirilis

15 Januari 2020

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Apakah ada, jenis investasi yang bisa membuat kita tidak bertambah kaya? Ada dong. Pernah dengar investasi bodong? Sebuah investasi yang justru akan menjerumuskan Anda dalam masalah. Jadi hindari jenis investasi itu, ya. Untuk lebih mengetahui investasi bodong, Anda bisa baca artikel “Bila mau tambah kaya, hindari investasi ini!

Kali ini kita akan membahas berbagai jenis investasi yang akan membuat aset dan kekayaan Anda bertambah setelah melewati jangka waktu tertentu.  




Ada banyak jenis-jenis investasi. Saking banyaknya jenis investasi mungkin Anda akan bingung mau memilih yang mana. Sebelum memilih investasi, ada baiknya Anda ingat hal-hal dasar berikut ini:
  1. Investasi adalah penanaman sejumlah uang pada suatu barang jasa, atau perusahaan dengan tujuan memperoleh pembayaran kembali pada masa datang, dengan imbal hasil (return) yang lebih baik daripada saat ini. Jadi investasi itu butuh waktu yang lebih lama untuk menuai hasil dan tentu butuh kesabaran. Jadi jangan samakan dengan menabung ya, yang uangnya bisa Anda ambil sewaktu-waktu.
  2. Ketahui tujuan Anda berinvestasi. Apakah ingin investasi jangka pendek, menengah, dan panjang?  Hal itu dikarenakan akan menentukan investasi yang likuid (mudah dicairkan) atau tidak.
  3. Menanamkan uang melalui investasi bukan berarti tanpa risiko, seperti fluktuasi nilai, risiko politik, risiko ekonomi, gejolak pasar, dan risiko penipuan. Jadi jangan pernah berharap dalam investasi, nilainya akan terus naik sesuai yang Anda pikirkan.
  4. Pilih investasi yang sesuai dengan karakter Anda. Jika Anda termasuk orang yang tidak suka mengambil risiko tinggi, sebaiknya jangan ambil investasi saham. Untuk tahu lebih detail soal karakter investasi, Anda bisa buka artikel “Anda Tipe Investor Apa Sih?”.
  5. Hindari investasi di luar kapasitas keuangan Anda. Maksudnya gunakan uang investasi yang tidak mengganggu kebutuhan pengeluaran rutin Anda. Sebab jika kondisi keuangan Anda masih dalam keadaan yang tidak menentu, maka bisnis investasi yang akan jalankan pun tidak akan berjalan dengan lancar. Akan ada niat untuk bolak-balik mengambil uang investasi, sebelum hasilnya benar-benar maksimal. Ibarat memetik buah di pohon yang belum matang sebelum waktunya, hasilnya juga akan kurang memadai.

Nah, berikut ini tabel kelebihan dan kekurangan berbagai jenis investasi, tujuan yang perlu ditetapkan ketika berinvestasi, serta risiko yang dihadapi.



Nah, sudah lebih jelas kan? Kira-kira jenis investasi apa yang akan Anda pilih? Yuk, lekas pergi ke bank atau pilih di aplikasi-aplikasi online, seperti Bareksa, Bibit, Bukalapak, dan sebagainya. Mulailah dari kecil, lakukan segera, dan lihat hasilnya di masa datang. Lebih cepat lebih baik dan yang lebih penting komitmen untuk secara konsisten berinvestasi.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.9

12 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Lucky Lombu

30 November 2020

Investasi yuk biar kaya

Balas

. 0

Aliah Abdullah

27 November 2020

Sangat informatif,thanks ya daya.id

Balas

. 0

LINDA BUDIYARTI

26 November 2020

Sangat mencerahkan ?

Balas

. 0

Havie Abdul Gafur

26 November 2020

Simple knowledge yet fruitful

Balas

. 0

TA Herly Marwanto

21 November 2020

mantap .... nambah ilmu

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 1000 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS