Dirilis

08 Mei 2024

Penulis

Madyaning Sekar Nuricha Pramesti

Pengiriman barang yang tepat waktu dapat membuat pelanggan Anda loyal dan finansial operasional pun aman. Anda bisa mencoba 3 tips yang sederhana dengan hasil optimal di artikel ini.

Di dalam operasional usaha Mikro seringkali ditemui tantangan pengiriman barang yang telat sehingga banyak pelanggan yang membatalkan pembelian. Pelanggan juga akan memberikan rating dan penilaian yang buruk karena kesal barang yang tidak sampai tepat waktu. Tentunya hal itu merugikan usaha Anda terutama terkait citra perusahaan yang dipandang buruk dan pastinya merugikan secara finansial karena barang sudah terlanjur dikirimkan.

Pernahkah Anda juga kesal saat membeli barang secara online tapi datangnya telat? Di aplikasi tertera dalam waktu 3 hari barang akan sampai, sayangnya realitanya 5 hari baru tiba bahkan lebih. Pasti kesal, apalagi jika barang yang dibeli segera dibutuhkan. Belajar dari pengalaman itu, sering kali terpikirkan untuk pindah ke toko lain saja, bukan ?

Maka, jika Anda ingin membuat konsumen loyal dan mempertahankannya, salah satunya adalah membuat pengiriman produk tepat waktu dan efisien. Penasaran bagaimana cara agar pengiriman tepat waktu ? Yuk coba lakukan 3 tips ini.

 

Tips Pengiriman Produk Tepat Waktu dan Efisien 


Ungkapan pelanggan senang kami pun lebih senang bisa direalisasikan dengan salah satunya mengatur logistik produk dengan efisien seperti 3 tips berikut ini : 

 

1.    Pastikan Membuat Rencana Rute Pengiriman yang Efisien

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat rencana rute pengiriman produk. Rute yang runtut akan membuat produk tiba tepat waktu dan efisien.

Pengantaran yang tidak bolak-balik karena tempat tujuan terlewat akan mengefisienkan waktu dan juga menghemat pengeluaran bahan bakar transportasi. 

Lakukan pendataan semua alamat produk akan dikirimkan, petakan pengiriman yang dekat. Anda bisa memanfaatkan google maps untuk membantu mengetahui rutenya. Buatlah beberapa titik pada google maps secara berurutan agar navigasi tampak jelas dan mudah.

 

2.    Terapkan Kolaborasi, Kerjasama dengan Aggregator Logistik

Aggregator logistik adalah perusahaan yang mempertemukan distributor, penjual dan pembeli melalui layanan ekspedisi pengiriman barang. Bekerjasama dengan agregator logistik dapat menjadi solusi meningkatkan efisiensi pengiriman barang Anda.

Buat Anda yang jualan di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, BukaLapak, memang sudah disediakan berbagai jasa pengirimannya, berbeda jika toko online Anda di social commerce atau webstore lumayan sulit memilih kurir ekspedisi. Muncullah aggregator logistik yang bisa membantu. 

Aggregator logistik berperan menjembatani antara bisnis Anda dengan berbagai jasa pengiriman. Dengan menggunakan ini, Anda dapat membandingkan harga, melacak pengiriman barang dan menentukan jasa pengiriman yang paling cocok untuk bisnis Anda. 

Baca juga : Cara Memilih Jasa Pengiriman yang Tepat

 

3.    Jangan sampai salah tujuan, gunakan teknologi pelacakan 

Bagi pelanggan maupun seorang pebisnis, barang yang tidak sampai cukup merepotkan. Pelanggan akan melakukan komplain dan pebisnis akan mencari barang nya.

Penting bagi pebisnis untuk memanfaatkan teknologi pelacakan, untuk memantau sampai mana produk yang dikirimkan secara real time. Penggunaan teknologi ini juga membantu Anda menjawab komplain atau pertanyaan dari pelanggan dengan cepat dan akurat sehingga akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Anda dapat bekerjasama dengan expedisi yang telah dipilih untuk meminta akses data real time pelacakan barang yang Anda kirimkan. 

Baca juga : Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Online

Di era sekarang ini, pengiriman barang yang tepat waktu dan efisien menjadi salah satu kunci untuk memastikan keberhasilan bisnis. Apalagi melihat tren belanja online yang kian hari kian meningkat, konsumen bergantung pada pengiriman barang yang cepat dan terpercaya. 

Anda dapat memulai dengan menyusun rute yang efisien, kemudian agar lebih mudah juga bisa bekerjasama dengan perusahaan agregator logistik. Jangan lupa juga menggunakan teknologi pelacakan agar bisa memantau barang dengan baik. Ketika efisiensi pengiriman telah berjalan baik bisa mengefisienkan juga biaya operasional bisnis Anda. 

Yuk temukan berbagai informasi menarik lainnya tentang dunia usaha! Anda dapat menemukannya di Daya.id. Segera daftarkan diri anda disini secara Gratis dan jika masih ada yang ingin Anda diskusikan atau tanyakan, Anda dapat menggunakan fitur Tanya Ahli di daya.id secara gratis pula.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.6

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Serise Yan Royaperdana

21 May 2024

?

Balas

. 0

Rudi haryono

01 January 1970

Bermanfaat

Balas

. 0

Milkia ulfa

01 January 1970

Mantap

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

01 January 1970

Keren

Balas

. 0

Dea Indah Riani Putri

01 January 1970

Keren

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS