Dirilis

23 Desember 2021

Penulis

Hendrizon Nawipa, Dinny Afdillah

Kebutuhan pangan yang pada awalnya perlu dipenuhi semata-mata agar kenyang dan mendapat energi untuk beraktifitas berubah perannya menjadi sebuah gaya hidup. Kebutuhan pangan berubah menjadi sebuah industri kuliner yang memberikan tidak hanya cita rasa tapi juga kebutuhan manusia untuk bersosialisasi maupun beraktualisasi. Bagi anak muda, terutama generasi millenial, budaya Korea merupakan budaya yang sedang mereka gandrungi. Perkembangan budaya Korea Selatan dalam dunia hiburan sedang berkembang pesat dan populer di berbagai negara terutama Asia. Makanan Korea juga sudah menjadi tren pilihan kuliner bagi masyarakat Indonesia, salah satunya barbeque ala korea.

 

Kelebihan Bisnis Barbeque:

  1. Cara menjalankan usahanya sangat mudah dan simple. 
  2. Target pasarnya luas sehingga akan semakin mudah mendapatkan konsumen.  
  3. Bahan untuk membuat barbeque mudah untuk didapatkan 

      

Kekurangan Bisnis Barbeque:

  1. Harganya yang mahal sehingga target pasar bisnis ini tidak untuk semua kalangan.  
  2. Harga bahan baku yang mahal dan selalu mengalami kenaikan harga. 
 

Strategi Bisnis Barbeque 

Berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan, sebelum memulai bisnis barbeque
  1. Memberikan harga yang terjangkau sehingga usaha dapat menargetkan pasarnya di semua kalangan khususnya kalangan anak muda.
  2. Membuat produk berkualitas dan sesuai dengan modal yang dimiliki, memberikan kualitas rasa yang tinggi supaya banyak konsumen yang suka. 
  3. Membuat sajian barbeque yang berbeda dengan yang lain.
  4. Memberi pilihan menu yang lebih beragam.
  5. Mempromosikan usaha makanan dengan cara memanfaatkan media social atau media elektronik supaya banyak yang mengetahuinya. 
  6. Memberikan beberapa promo menarik untuk konsumen yang membeli dalam jumlah porsi yang banyak.  

 

Peluang Bisnis Penyedia Paket Barbeque Rumahan Di Hari Natal dan Tahun Baru

Adanya tren budaya-budaya korean food di kalangan millenial memberikan peluang bisnis baru. Salah satunya, tren barbeque ala korea di rumah. Tren ini muncul karena adanya batasan bagi masyarakat untuk berpergian di masa pandemi ini. sehingga kalangan anak muda yang terbiasa nongkrong memilih melakukan di rumah sembari membuat barbeque ala korea. Peluang bisnis penyedia paket barbeque cukup menjanjikan apalagi di hari Natal dan Tahun Baru. Kedua momen hari raya ini bisa dimanfaatkan bagi penyedia bisnis barbeque, dimana masyarakat akan memilih untuk kumpul-kumpul dengan sanak keluarga pada hari Natal dan Tahun Baru ini. Bagi anda  yang tertarik dengan bisnis penyedia jasa barbeque, Berikut ini tips memulai bisnis jasa penyedia paket barbeque rumahan.

Baca juga: Bisnis Rumahan dengan Untung Menggiurkan  

      

1. Tentukan bahan baku yang berkualitas 


Agar usaha daging sapi barbeque diterima oleh masyarakat maka gunakan bahan baku daging sapi berkualitas. Selain itu sediakan bahan pendukung lain untuk membuat daging sapi barbeque yaitu saus barbeque, saus tomat, saus cabai, serta sayur-sayuran.

 

2. Siapkan peralatan pendukung 

Membuat daging sapi barbeque membutuhkan beberapa peralatan penunjang. misalnya saja kompor dan gas, pisau, gunting, alat pemanggang, wadah, alat makan (sendok, garpu, atau sumpit), dan piring.

 

3. Rencanakan teknis pendistribusian produk 

Pemilihan kendaraan untuk mengantar paket barbeque ke pelanggan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pilihlah kendaraan yang bisa mengantarkan paket barbeque dengan cepat serta dapat menjaga kualitas paket hingga ke tangan pelanggan.

 

4. Manfaatkan sosial media marketing


Gunakan sosial media dalam mempromosikan usaha anda. Platform yang bisa digunakan seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Memberikan promo yang menarik pada awal memulai usaha merupakan salah satu cara untuk membranding usaha anda.

Baca juga: Cara Bisnis Makanan Online dan Cara Memasarkannya


 

5. Daftarkan usaha anda di penyedia jasa antar makanan 

Anda bisa mengenalkan usaha anda melalui platform jasa antar makanan seperti gojek, grab, shopeefood, dan lain sebagainya. 

Bagaimana? Anda tertarik dengan bisnis peyedia paket barbeque rumahan ini? Perlu diingat, planning dan analisis kondisi pasar merupakan langkah penting sebelum memulai suatu bisnis. Usahakan berikan pelayanan yang terbaik misalnya dari segi cita rasa makanannya, pendistribusiannya, dan kebersihannya. Buat usaha anda mudah diingat oleh pelanggan. Dalam memulai bisnis, Sesuaikan juga dengan modal yang anda miliki. Tidak masalah memulai bisnis diawali dengan modal kecil. Karena ada pepatah yang mengatakan “Bisnis itu bukan diciptakan, tetapi bisnis itu dibangun”

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id, anda bisa mendapatkan informasi seputar tips-tips dalam berwirausaha secara gratis! Yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS