Dirilis

09 Mei 2022

Penulis

Arras Amirah

Membuat bisnis coffee shop merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Kenapa? Karena Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai kopi, bahkan mengonsumsi kopi sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia baik itu pekerja kantoran, mahasiswa, ataupun orang biasa.

Selain itu, sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia memiliki beragam macam jenis kopi yang memiliki rasa serta wangi yang unik lho. Tidak mengherankan jika kopi yang ada di Indonesia bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai macam jenis minuman kopi yang menarik. 

Namun untuk mengolah biji kopi menjadi minuman kopi yang enak, Anda membutuhkan coffee maker atau alat pembuat kopi. Coffee maker memiliki pengaruh besar lho terhadap cita rasa dari kopi yang akan Anda jual nanti. Agar Anda semakin paham, yuk simak pembahasan di bawah ini tentang jenis-jenis dari coffee maker dan tips memilih coffee maker yang sesuai dengan Anda!

 

Jenis-jenis Alat Pembuat Kopi

Coffee maker atau alat pembuat kopi terbagi menjadi 2 yaitu coffee maker manual atau tidak memerlukan listrik dan coffee maker otomatis atau yang memerlukan listrik. Simak terus ya.

 

1.    Coffee maker manual


Coffee maker manual sangat cocok untuk digunakan oleh pemula karena cara pemakaiannya yang cukup mudah dan juga murah. Adapun jenis cari coffee maker manual antara lain:

 

a.    French press

French press adalah alat pembuat kopi yang berbentuk mirip gelas dan memiliki saringan logam di dalamnya. Cara pemakaiannya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan biji kopi yang telah digiling dan memberikan air sesuai takaran. Setelah itu Anda tinggal menekan air kopi dengan saringan logam. Hasil dari saringan ini akan mengeluarkan minyak dalam kopi secara maksimal. 

 

b.    Moka pot

Alat ini biasa digunakan untuk membuat espresso. Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Dengan tekanan uap yang dihasilkan dari api kompor maka espresso pun jadi. Mudah bukan? Espresso jenis ini banyak di sukai oleh banyak orang karena rasanya yang khas dan aroma nya yang kuat. 

 

c.    V60


Untuk memakai alat V60, Anda perlu memasukkan terlebih dahulu biji kopi yang telah di haluskan kedalam saringan kertas dan tuangkan air panas secara perlahan. Saringan kertas ini berfungsi untuk mengurangi bubuk kopi yang larut ke dalam minuman sehingga menghasilkan rasa yang pas.

 

2.    Coffee maker otomatis

Penggunaan coffee maker otomatis tentunya lebih jelas takaran yang digunakan dibaindingkan dengan coffee maker manual. Selain itu tipe otomatis dapat menghasilkan banyak kopi dalam sekali waktu. Sehingga sangat cocok untuk bisnis coffee shop yang telah berkembang. Adapun jenis dari coffee maker otomatis ini adalah:

 

a.    Drip coffee maker 

Bagi Anda yang membutuhkan banyak kopi sekaligus, alat ini bisa menjadi pilihan Anda. Alat ini bisa membuat sampai 12 cangkir kopi sekaligus! Cara penggunaannya pun sangat mudah karena alat ini yang akan memanaskan air dan membuat kopi sendiri. Setelah kopi terkumpul di wadah, maka Anda menyuguhkannya tanpa perlu bersusah payah.

 

b.    Mesin espresso

Coffee maker satu ini harganya cukup mahal dibandingkan dengan alat pembuat kopi lainnya. Selain itu alat ini juga lumayan sulit untuk digunakan sehingga untuk Anda yang masih pemula, alat ini bisa dikesampingkan terlebih dahulu. 

Terdapat 2 jenis mesin espresso yaitu semi-otomatic dan full otomatic. Perbedaan yang paling mendasar antara keduanya adalah jika di mesin sebagain otomatis, Anda masih perlu mengatur beberapa pengaturan secara manual, namun di mesin yang sepenuhnya otomatis Anda hanya perlu memasukkan bubuk kopi dan menekan tombol yang tersedia. Kopi akan dibuat secara otomatis oleh mesin tersebut. 

 

Tips Memilih Coffee Maker Untuk Bisnis Coffee Shop 

Anda mungkin binggung, coffee maker seperti apa yang perlu Anda miliki untuk usaha kopi? Untuk mengetahui alat pembuat kopi apa yang cocok dengan Anda, yuk jawab 2 pertanyaan singkat di bawah ini ya.

 

1.    Apa kebutuhan Anda?

Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa kebutuhan Anda. Jika Anda memutuskan untuk membuka coffee shop sederhana, maka Anda tidak memerlukan membeli coffee maker yang harganya mahal. Cukup pilih alat pembuat kopi manual yang memiliki harga murah seperti V60, French Press, Vietnam Drip, dan Moka pot. Coffee maker jenis ini sangat cocok untuk Anda yang baru merintis usaha kopi. Selain penggunaannya yang cukup mudah, Anda bisa belajar dan membiasakan diri terlebih dahulu sebelum menggunakan yang mahal. Jangan membeli coffee maker yang mahal terlebih dahulu karena Anda belum terlalu membutuhkannya ya.

 

2.    Berapa budget yang Anda miliki?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan dasar yang patut Anda jawab. Saat ingin membuka coffee shop, Anda tentunya sudah memiliki gambaran bukan berapa modal yang Anda miliki? Tak perlu khawatir, ada banyak sekali alat pembuat kopi yang bisa Anda sesuaikan dengan budget Anda. Jika Anda memiliki budget yang terbatas, Anda tentu bisa membeli alat pembuat kopi manual seperti V60, French Press, dan Vietnam Drip. dan Coffee maker .

Namun jika budget yang Anda miliki lumayan banyak, tidak ada salahnya Anda membeli coffee maker otomatis ataupun semi-otomatis. Untuk pilihan mesin kopi otomatis ada dari Getra QLT-Q006, Sigmatic Coffee Maker 100 SS, atau Gaggia Viva Deluxe. Mesin kopi seperti ini sangat cocok jika bisnis coffee shop Anda telah berkembang dan memiliki banyak pelanggan. 

Itu dia penjelasan singkat dari jenis-jenis coffee maker yang bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis coffee shop. Membuka suatu usaha baru tentunya bukan hal yang mudah, namun dengan perencanaan yang matang maka usaha Anda bisa berkembang dengan pesat. Selain mempersiapkan peralatan untuk membuat kopi, Anda juga perlu memperhatikan konsep apa yang akan Anda gunakan di coffee shop Anda, lokasi usaha, serta mencari supplier biji kopi yang cocok dengan Anda. 

Bagi Anda yang tidak ingin repot mempersiapkan berbagai macam keperluan usaha kopi dan belum berani mencoba sendiri, tidak ada salahnya mencari bisnis franchise atau kemitraan. Anda bisa mencoba bisnis franchise kopi seperti Bencoolen Coffee atau Daycinno. Cukup dengan modal dibawah 50 Juta Anda bisa mendapatkan bimbingan dan pelatihan langsung dari ahlinya. Selain itu Anda juga akan mendapatkan berbagai macam peralatan membuat kopi tanpa perlu susah-susah mencarinya. Selamat mencoba! 

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan peluang usaha, silahkan mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk memperoleh lebih banyak manfaat lainnya. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha, Anda dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli. 

Sumber:

Indotrading.com dan Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Asra

15 Desember 2022

ok

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS