Dirilis

05 Januari 2021

Menjalankan bisnis pupuk organik menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Apalagi seperti yang kita tahu setiap usaha yang bergerak di pertanian dan perkebunan pasti akan membutuhkan supply pupuk yang besar. Usaha ini juga semakin memiliki peluang yang potensial karena adanya program peningkatan produksi tanaman pangan yang digenjot oleh pemerintah.

Tips dalam Menjalankan Bisnis Pupuk Organik Supaya Untung

Lalu adakah tips dalam memulai menjalankan bisnis pupuk organik ini agar untung maksimal? Simak beberapa tips berikut ini: 

1. Pahami Potensi untuk Pasar Pupuk di Daerah Tempat Tinggal dengan Melakukan Survey 

baca peluang bisnis pupuk organik

Apa maksud dari membaca adanya potensi pasar pupuk? Nah, semua ini harus mulai Anda pikirkan terkait ada berapa banyakkah, bisnis pupuk organik yang terdapat dalam wilayah tempat Anda tinggal? Selanjutnya apakah toko lain itu sudah menjual lengkap semua jenis pupuk? Serta jarak penjual pupuk ini seberapa jauhnya masing-masing? Lalu ketahui pula cara pelayanan mereka terhadap konsumen dan harga jual yang diberi.

Apabila semua pertanyaan di atas sudah Anda jawab dan lengkapi, maka kini cobalah untuk mencari celah peluang. Dengan menjalankan survey ini, maka Anda bisa lebih tahu lokasi mana yang tepat untuk bisnis pupuk organik, dan juga dapat memberi harga yang sesuai supaya untung maksimal.

2. Mengenal Konsumen Pupuk Lebih Dalam

Tips kedua dalam bisnis pupuk organik yaitu, mengenal lebih dalam para customer atau konsumen pupuk Anda. Bisa saja kini di tempat kalian tinggal, terdapat seorang petani yang memang budidaya pada bidang masing-masing seperti peternakan, perikanan, perkebunan, maupun pertanian. Maka tidak ada salahnya loh mengajaknya berbincang dan mengobrol, bertanya sambil cari tahu jenis pupuk apa utamanya mereka perlukan? Baik itu per musim, bulan, maupun tahunnya.

Adapun juga cari tahu terkait pupuk apa yang cepat sekali habis stoknya, beserta nutrisi yang sulit ditemukan. Hal ini tentu membuka lebar keuntungan bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis, karena tahu akan peluang dan produk.

3. Pilih Lokasi Toko yang Tepat dan Tentukan Jenis Pupuk Organik yang Berkualitas

lokasi strategis dan kualitas pupuk organik

Ketahuilah beberapa ciri lokasi tepat yang baik dipakai untuk bisnis pupuk organik, pertama pastikan disana mudah transportasinya, memiliki harga sewa terjangkau, dekat dengan tempat konsumen tinggal, dan juga ramai.

Bila Anda sudah yakin akan bisnis pupuk organik, yang berasal dari hewan maupun tanaman maka ketahuilah bermacam metode pembuatan, bahan baku, sampai dengan wujudnya. Hal ini seperti pupuk hijau, kandang, kompos, dan hayati organik pasti berbeda-beda. Selain itu, pastikan bahwa kualitas pupuk yang Anda jual sangat baik, sehingga bisa menghadirkan kepuasan kepada para pembeli. 

4. Lengkapi dengan Menjual Adanya Produk Sekunder

Selain pupuk, maka bisnis ini bisa juga ditambah beberapa produk sekunder lainnya seperti pot/polybag, vitamin tanaman, sprayer, mulsa, dan lain sebagainya. Tariklah konsumen dengan kelengkapan bisnis pupuk organik Anda, sambil meletakkan tanaman hias untuk hiasan supaya memancing perhatian.

5. Lakukan Promosi dengan Maksimal

Jika Anda ingin keuntungan maksimal, maka promosi pun juga harus maksimal. Dengan begitu mulailah promosi pada media sosial, ataupun membuat brosur yang terisi bermacam produk pupuk dalam toko Anda.

Sekian beberapa tips dan cara untuk sukses dalam bisnis pupuk organik. Dari informasi ini dapat kita ketahui bahwa memulai bisnis pupuk organik bisa dimulai dari melakukan survey terhadap potensi penjualan pupuk di sekitar tempat tinggal, kemudian kenali konsumen Anda, pilih lokasi yang tepat, pastikan kualitas pupuk, dan yang terakhir adalah dengan menjual barang sekunder. Apabila Anda membutuhkan advice dalam merintis bisnis ini, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan pakar dan trainer agribisnis dari Daya.id yang bisa memberikan saran dan perencanaan terbaik untuk jalannya bisnis pupuk yang Anda jalankan.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan tersebut bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Yuk, kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS