Dirilis

18 Oktober 2023

Penulis

Arief Akbar

Menjajal usaha kuliner adalah ide yang menarik karena semua orang pasti membutuhkan makanan. Salah satu usaha kuliner yang potensial adalah usaha rumah makan. Salah satu kendala dalam memulainya adalah mencari pelanggan, terlebih saat ini persaingan semakin ketat dan beragam.

Anda sebagai pelaku usaha harus bisa gencar melakukan promosi agar rumah makan Anda jadi kedatangan ramai pembeli. Ingatlah juga bahwa bahan-bahan di tempat kuliner tidak bisa bertahan dalam waktu lama, sehingga pikirkanlah bagaimana cara agar bisa menarik banyak pelanggan dan tak ada bahan yang tersisa sampai basi. 

Baca Juga: Strategi dan Cara Mempromosikan Makanan Agar Jualan Laris Manis

 

Tips Promosi Usaha Rumah Makan

Usaha rumah makan harus Anda cegah dari kerugian. Banyak cara membuat rumah makan semakin ramai pembeli. Nah, apa sajakah cara serta tips promosi usaha rumah makan yang bisa Anda lakukan? Simak di bawah ini.

 

1. Buat Website untuk Rumah Makan


Jika Anda belum memiliki situs rumah makan, Anda bisa saja berpotensi kehilangan calon pelanggan dan mereka bisa jadi lebih memilih ke rumah makan lain di dekat rumah makan Anda. Karenanya, Anda bisa mendesain situs rumah makan sesuai keingingan dengan warna, font, konten, dan logo custom sendiri berdasarkan rumah makan Anda.

Dengan menyertakan menu makanan atau minuman di situs tersebut, pelanggan dapat mengetahui apa yang ditawarkan terlebih dahulu. Tambahkan juga foto rumah makan Anda, pelanggan yang berbahagia, karyawan rumah makan yang melayani sepenuh hati dan dokumentasi menarik lainnya

 

2. Manfaatkan Media Sosial

Jika situs rumah makan adalah menu utama, maka media sosial adalah lauknya. Perlu Anda ketahui bahwa berkat jangkauan luas jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram, Anda sangat bisa mendapatkan hasil yang cukup bagus dengan membuat profil dan memperbaharuinya secara teratur. 

Anda bisa lakukan dengan mengunggah foto spesial mingguan atau mempromosikan penawaran di rumah makan Anda, dan itu bisa membantu Anda menarik pelanggan. Jadikan rumah makan Anda sebagai hotspot check-in, yaitu tempat pengunjung bisa menandai Anda di media sosial mereka ketika berada di rumah makan Anda.

Baca Juga: Contoh Ide Kreatif Promosi Restoran Modal Minim Potensi Profit Tinggi

 

3. Atur Promosi dan Acara Rumah Makan

Tawarkan juga diskon pada hari-hari tertentu sebagai salah satu cara yang baik untuk menarik pelanggan baru dan juga menyenangkan pelanggan tetap. Contohnya pada saat hari kemerdekaan, Anda bisa mendekorasi rumah makan Anda ala pahlawan dengan hidangan dan minuman yang serasi. 

Hal itu diyakini bisa membantu Anda menarik pelanggan baru. Jika mereka menyukai tempat makan Anda, mereka mungkin ingin kembali dan kembali lagi selanjutnya. Tidak begitu sulit untuk melakukannya, bukan?

 

4. Tawarkan Voucher dan Promosi Lainnya


Tips terakhir, berikan diskon yang selalu menjadi cara terbaik untuk menarik tamu baru dan membuat pelanggan lama tetap tertarik. Begitu juga voucher, Anda bisa memberi voucher kepada pelanggan dengan banyak cara, salah satunya jika mereka membeli makanan tertentu, maka mereka akan mendapatkan voucher yang bisa ditukarkan untuk makan lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Memulai Usaha Kuliner dan Contoh Usahanya

Itulah tips promosi rumah makan yang bisa Anda jalankan untuk rumah makan Anda agar semakin dikenal banyak orang. Pastikan juga untuk tetap menjaga kualitas sekaligus cita rasanya supaya konsumen tidak kabur ke kompetitor lain, ya. 

Jangan lupa juga, berikan pelayanan terbaik kepada para mereka sebagai upaya melakukan branding pada usaha kuliner Anda. Kalau Anda membutuhkan insight seputar usaha, keuangan, maupun kesehatan, jangan ragu untuk daftarkan diri Anda di daya.id. Gunakan juga fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi dengan para pakar tepercaya di bidangnya, gratis!

Sumber:

Berbagai sumber

Foto : freepik.com

Penilaian :

5.0

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Anaf setyo radite

01 January 1970

Bermanfaat

Balas

. 0

muhammad haris

03 December 2023

Bagus infonya sangat membantu

Balas

. 0

Ardhan Ashary Nasution

27 October 2023

Keren informasi nya ??

Balas

. 0

Milkia ulfa

26 October 2023

????

Balas

. 0

Serise Yan Royaperdana

26 October 2023

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS