Dirilis

17 Pebruari 2022

Penulis

Arras Amirah

Anda pasti tidak asing lagi dengan salah satu platform media sosial bernama Instagram. Platform ini banyak digunakan oleh orang-orang untuk mengunggah foto maupun video yang mereka miliki dan membagikannya ke akun Instagram milik sendiri. Platform ini sendiri dapat Anda akses baik itu dari ponsel, tablet, maupun laptop.


 

5 Ide Konten Instagram

Seiring berkembangnya zaman, kepopuleran Instagram bahkan bisa disamakan dengan platform lainnya seperti Twitter dan Facebook. Jika Anda ingin meningkatkan brand awareness calon konsumen terhadap produk Anda, maka membuat akun Instagram bisa menjadi salah satu langkah awal yang sangat bagus. Namun perlu Anda ketahui, untuk menarik minat pengguna Instagram Anda akan memerlukan berbagai macam jenis konten yang unik. Simak 5 ide konten di bawah ini yang dapat Anda gunakan di akun Instagram Anda.

 

 

1. Infografis

Konten berbentuk infografis ini bisa menjadi salah satu pilihan konten yang bisa Anda buat. Anda bisa membuat konten infografis yang berisikan tentang produk yang Ada punya, kegunaan produk Anda, bahkan fakta menarik dari produk Anda. Lakukan research terlebih dahulu agar Anda tidak salah dalam memberikan informasi. Untuk format dari infografis ini, Anda dapat membuatnya dalam bentuk Instagram Story maupun Instagram Feeds. 






 

 

2. Pertanyaan menarik dan survei

Anda bisa membuat konten Instagram yang menarik dengan memanfaatkan fitur yang ada di Instagram Story. Gunakan fitur seperti @mention, questions atau yang terbaru adalah Quiz. Anda bisa mulai dari pertanyaan pertanyaan seperti This or That, produk seperti apa yang konsumen harapkan dari Anda, feedback dari konsumen yang telah menggunakan produk Anda, dan juga tanyakan produk apa yang konsumen Anda suka serta tanyakan kenapa alasannya. Selain dapat membuat Anda berinteraksi lebih dekat dengan konsumen di Instagram, Anda juga akan mendapatkan feedback yang berguna untuk inovasi produk Anda ke depannya.





 

3. Instagram live


Konten Instagram satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Anda bisa menggunakan Instagram Live untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens sembari mengenalkan produk yang Anda miliki. Calon konsumen dapat secara langsung bertanya maupun mengobrol dengan Anda secara santai. Anda dapat membuat konten dimulai dari memperkenalkan brand serta produk Anda, unboxing produk Anda, dan juga tutorial cara menggunakan maupun memakai produk Anda. Hal ini dapat Anda lakukan agar konsumen menjadi tidak binggung dan mengenal brand anda dengan lebih baik.

 

 

4. Giveaway

Konten selanjutnya adalah giveaway. Anda pasti tidak asing lagi bukan dengan konten giveaway. Anda bisa melakukan giveaway dalam jenis apapun dengan menyesuaikan produk yang Anda punya. Anda bisa memberikan giveaway berupa produk Anda, atau voucher promo produk Anda. Post tentang giveaway yang hendak Anda buat di Instagram Feed dan juga Instagram story agar banyak yang mengikuti. Jangan lupa untuk menetapkan persyaratan seperti mem-follow akun Instagram Anda, tag beberapa teman mereka, atau share ulang di akun mereka dan tag akun Instagram Anda. Konten seperti ini banyak dimanfaatkan oleh bisnis yang baru rilis karena dapat meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap keberadaan bisnis tersebut. Anda tidak memerlukan modal yang besar untuk promosi ini, karena secara tidak langsung calon konsumen tersebut telah mempromosikan produk serta brand yang Anda punya di akun Instagram mereka. 


 

 

5. Ikuti tren yang sedang terjadi

Selain konten konten di atas, jangan lupa Anda harus selalu terus up to date dengan apapun yang terjadi di dunia maya. Hampir setiap minggu selalu ada tren tren baru yang dapat Anda ikuti dengan menyesuaikan produk Anda. Namun Anda perlu berhati-hati, tidak semua tren yang sedang terjadi bisa Anda langsung buatkan konten Instagram. Anda perlu memperhatikan dan menyesuaikan tren yang sedang booming dengan produk yang Anda miliki. 

 

Jika Anda asal asalan mengikuti setiap tren yang sedang terjadi tanpa memperhatikan unsur relevansi dengan brand yang Anda punya, Anda dapat membuat calon konsumen merasa bosan serta tidak tertarik lagi dengan konten selanjutnya. Sehingga Anda tetap harus melakukan research terlebih dahulu.


 

Persiapan Sebelum Membuat Konten Instagram

Agar setiap konten Instagram yang

Anda buat menarik perhatian audiens, maka ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan dengan baik. Simak penjelasan di bawah ini:

 

1. Miliki tim produksi

Sebelum membuat konten, ada baiknya Anda mulai mencari rekan kerja dan membuat tim inti untuk membuat perencanaan konten. Anda akan memerlukan orang yang berpengalaman baik itu sebagai talent menarik depan kamera, pengambilan video/foto, serta orang yang ahli dalam editing video/foto. 

 

2. Mengetahui batas maksimal budget

Anda perlu mengetahui berapa budget atau pengeluaran yang Anda perlukan. Umumnya jika Anda membuat konten seperti video yang ada seorang talent, Anda akan memerlukan budget yang lumayan besar. Budget ini pun biasanya untuk membayar transportasi, jasa tim produksi, serta konsumsi di tempat. Sama hal nya jika konten yang Anda rencanakan nanti berbentuk animasi atau gambar, maka Anda perlu untuk membayar seorang graphic designer dan content writer. Buatlah perhitungan matang tentang berapa yang Anda perlu keluarkan agar Anda dapat menyiapkan budget yang dibutuhkan. 

 

3. Riset terlebih dahulu

Setelah semua Langkah telah Anda lakukan, Langkah yang tidak kalah penting adalah melakukan riset. Anda perlu melakukan riset tentang konten seperti apa yang hendak Anda buat serta menyesuaikannya dengan produk yang Anda miliki. Selain itu lakukan riset juga tentang siapa yang akan menjadi target audiens Anda. Sebagai contoh, jika Anda adalah pebisnis skincare, maka target audiens yang Anda tuju pasti adalah remaja milenial serta ibu-ibu. Umumnya konten yang mereka sukai adalah tips and trick cara memakai masker yang benar, tutorial urutan menggunakan skincare, atau konten informatif tentang skincare beserta kegunaaannya. Anda bisa membuat polling di Instagram Story agar para followers Anda bisa memilih konten seperti apa yang mereka butuhkan.

 

4. Konten yang beragam

Walau tujuan akhir Anda adalah meningkatkan penjualan produk, namun jika konten yang Anda buat semua cenderung bersifat ‘jualan’ atau memaksa, maka Anda hanya membuat audiens kabur dan enggan membeli produk Anda. Sehingga penting untuk membuat beragam konten seperti giveaway, tutorial, question and answer, vlog, dan live streaming Instagram. 

 

5. Jadwalkan kapan untuk post konten

Anda perlu memperhatikan waktu untuk meng-unggah konten yang sudah Anda buat. Banyak orang yang melihat konten Instagram ketika mereka sedang istirahat di jam 11.00 WIB – 13.00 WIB, dan 19.00 WIB – 21.00 WIB di malam hari.

 

Itu dia ide konten Instagram serta apa saja yang bisa Anda persiapkan agar dapat membuat konten yang menarik. Anda bisa mempraktikannya di akun brand milik Anda agar bisa menarik perhatian audiens serta calon konsumen. Usahakan untuk mengunggah konten Instagram dengan rutin dan terjadwal agar Anda tidak dinilai pasif oleh calon konsumen. Karena dapat meningkatkan brand awareness produk Anda di mata calon konsumen.

 

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan peluang usaha, silahkan mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lainnya. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli

Sumber:

Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS