Dirilis

06 Maret 2024

Penulis

Peni Hidayah

Semua bisnis pasti memiliki kompetitor, yaitu mereka yang menjalankan bisnis, mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan, target pasar, hingga kegiatan marketing sama dengan bisnis yang kita jalankan. Apa pun jenis bisnis yang dijalankan, bisnis tersebut pasti memiliki kompetitor atau pesaing. Namun bagi pebisnis yang hebat tidak akan merasa khawatir, ia jadikan para kompetitor bisnis tersebutb sebagai tolok ukur untuk terus memperbaiki dan berinovasi bisnis yang dijalankan pada saat ini.

Untuk menanggapi tantangan dan terhidar dari problem kebangkrutan, maka para pelaku bisnis perlu membuat strategi yang efektif untuk bisa menerobos ketatnya persaingan. 

 

Strategi Menghadapi Kompetitor

Berikut beberapa strategi bisnis yang dapat Anda jalankan agar dapat menghadapi kompetitor atau persaingan.

 

1.    Lakukan Riset Pasar dan Analisis Pesaing

Agar Anda bisa memahami apa saja kekuatan dan kelemahan dari para pesaing, Anda perlu melakukan riset pasar dan analisis pesaing. Pahami tren apa yang ada di pasar dan apa saja kebutuhan pelanggan agar produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak ketinggalan zaman dan tetap bisa diterima oleh konsumen.

Dengan mendapatkan informasi tersebut, bisnis Anda dapat mengembangkan strategi yang tepat dan memposisikan diri di pasar dengan baik meskipun banyak pesaing disekitar Anda.

 

2.    Perkuat Brand Image Bisnis Anda

 
Ketahui cara kompetitor nagaimana berinovasi dengan produknya, pendekatan yang dilakukan kepada konsumen, hingga strategi-strategi marketing yang diterapkan kompetitor, Anda perlu mempelajarinya untuk mengetahui letak kelemahan dan keunggulannya.

Meskipun Anda mempelajarinya, bukan berarti Anda harus menerapkan seluruh regulasi yang kompetitor lakukan pada bisnisnya. Anda tetap harus memiliki karakter bisnis tersendiri agar lebih mudah dikenali oleh masyarakat. Memiliki karakter tersendiri, membuat bisnis Anda berbeda dari yang lain and unik. Karakter yang Anda ciptakan ini bisa Anda buat melalui produk atau jasa yang ditawarkan atau cara Anda berinteraksi dengan pelanggan yang menjadi penguat brand image bisnis Anda.

 

3.    Kenali Kebiasaan Konsumen dan Tingkatkan Pelayanan

Perumpamaan konsumen adalah raja harus selalu dipergunakan. Konsumen merupakan pendukung penting bisnis Anda untuk bisa tetap hidup dan bertahan. Ketahui kebiasaan dari konsumen Anda dalam membeli produk, agar Anda dapat memberikan pelayanan yang tepat untuk mereka. Secara tidak langsung hal ini bisa membuat konsumen terangkul lebih erat, sehingga mereka bisa menjadi lebih loyal dan nyaman. Hal seperti ini yang berpotensi dalam menghasilkan keuntungan lebih banyak pada jangka waktu yang lebih lama.

 

4.    Inovasi dan Promosi 

Promosi dilakukan untuk memperkuat brand dan peningkatan nilai di mata konsumen. Semakin efektif nilai pemasaran dan promosi yang Anda jalankan, akan semakin besar pula peluang keuntungan yang akan Anda dapatkan. Dalam berpomosi, Banyak media yang bisa Anda manfaatkan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Inovasi dengan mengikuti perkembangan zaman atau tren yang ada penting Anda lakukan. Dengan beradaptasi mengikuti tren, bisnis Anda akan bisa bertahan di pasaran. Jadi pastikan Anda selalu memperbarui diri, mengikuti tren, dan mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Melalui cara ini, bisnis Anda dapat tetap relevan dan selalu menarik di mata konsumen.

 

5.    Atur Strategi Digital Marketing

Pemanfaatan digital marketing Anda dapat menghemat biaya operasional promosi serta biaya pemasaran. Umumnya tools yang digunakan pada sistem digital marketing antara lain media sosial, platform online hingga pengembangan website perusahaan khusus untuk memberikan knowledge produk kepada pelanggan. Lakukan pengembangan strategi konten terbaik dan aktivitas promosi yang menarik secara online untuk menarik lebih banyak pelanggan dari penjuru dunia mana pun. Susun jadwal secara berkala dalam mengatur strategi yang dibuat, lakukan evaluasi dan perbaikan agar menemukan strategi yang efektif dalam bersaing di dunia bisnis melalui digital marketing.

Dalam dunia bisnis persaingan sudah pasti terjadi dan tidak dapat dihindari. Atur strategi bisnis sebaik dan seefektif mungkin, agar dapat memenangkan persaingan yang dihadapi. Jika terdapat hal yang ingin didiskusikan terkait cara menghadapi persaingan, silakan berdiskusi langsung dengan ahlinya di website www.daya.id. Dapatkan juga informasi bisnis dan keuangan lainnya secara gratis dengan mendaftar di Daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

07 Maret 2024

Thanks info bermanfaatnya

Balas

. 0

Ferri kurniawan

07 Maret 2024

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS