Dirilis

17 Desember 2022

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Sejak pandemi, banyak aktivitas yang terpaksa dilakukan secara online. Baik pekerjaan, sekolah maupun transaksi jual beli. Bahkan, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian mencatat nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai Rp108,54 triliun sepanjang kuartal I-2022, tumbuh 23% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Artinya pandemi menjadi momentum yang berhasil mendorong masyarakat untuk memanfaatkan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, termasuk saat melakukan aktivitas ekonomi. 

Hm, selama masyarakat nyaman bertransaksi online, ranah digital masih jadi peluang bagus untuk Anda pemilik bisnis nih. Makanya, terlepas dari jenis bisnis yang dijalankan, momen ini bisa Anda manfaatkan dengan memperkuat “kehadiran” digital Anda agar dapat meningkatkan brand awareness, meningkatkan prospek, dan tentunya meningkatkan penjualan. 

 

Hal Penting di Bisnis Online 2023

Nah, biar bisnis online Anda semakin optimal, simak beberapa hal penting yang harus dilakukan di tahun 2023 berikut ini:

 

1.    Buat website yang menarik dan user friendly

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa bisnis online Anda adalah membuat website. Hal ini bisa membantu orang lain agar lebih mudah untuk mengetahui produk atau jasa yang Anda tawarkan. Melalui website, Anda juga bisa memberikan informasi kontak jika ada yang perlu informasi lebih lanjut mengenai produk, jasa atau cara pemesanannya.

Namun, tahukah Anda, membuat website tidak hanya harus menarik secara visual tetapi juga harus mudah digunakan alias user friendly. Konsumen cenderung menyukai kemudahan, itu salah satu faktor kenapa mereka memilih belanja online. Nah, kalau website Anda malah njelimet, bisa-bisa malah ditinggal pergi. Upayakan menyewa jasa profesional yang berpengalaman untuk merancang dan mengembangkan website sesuai dengan standar yang dipersyaratkan ya.

 

2.    Gunakan SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah salah satu strategi pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas merek Anda di hasil pencarian sehingga dapat dilihat oleh lebih banyak orang. Oleh karena itu, SEO dapat membantu mengoptimalkan website Anda di tahun 2023. Gunakan keyword yang paling relevan pada header, konten blog, postingan media sosial, dan sebagainya. Jika dilakukan dengan tepat, hal ini bisa membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan potensial, sehingga meningkatkan kehadiran online Anda.

 

3.    Manfaatkan direktori lokal

Jangan salah, direktori lokal tidak hanya ditujukan untuk bisnis lokal lho. Dengan bantuan direktori, banyak calon pelanggan dapat melihat bisnis Anda tanpa mengunjungi website situs Anda secara langsung. Sehingga tidak hanya bisnis lokal saja yang untung, semua bisnis bisa memanfaatkannya.

Anda bisa memulainya dengan membuat profil Google Bisnisku


 

4.    Gunakan iklan berbayar

Memang sih, bisnis bisa tetap tumbuh secara online secara organik tanpa iklan, namun iklan online dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan keberadaan bisnis online Anda dan dananya tersedia, tidak ada salahnya membayar iklan online. Tidak harus langsung berinvestasi dalam jumlah besar, banyak platform menyediakan pilihan iklan berbayar sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan budget Anda kok.

Iklan online berbayar bisa menjadi pilihan yang efektif karena Anda bisa menentukan audiens target bisnis Anda, misalnya dari segi usia, minat, lokasi, jenis kelamin, perilaku, dan parameter lainnya untuk menentukan siapa yang akan melihat iklan tersebut. Yang tidak kalah menarik, iklan dapat berupa gambar, infografis, video, dan teks. Menarik kan?

 

5.    Fokus hanya pada platform online yang Anda anggap penting

Tentu saja Anda bisa menjelajahi berbagai platform untuk meningkatkan citra bisnis online Anda, namun sebaiknya Anda berhati-hati karena tidak semua platform menguntungkan bagi bisnis Anda. Makanya, fokuslah pada platform online yang Anda anggap penting untuk menghindari waktu Anda terbuang tanpa hasil yang efektif. 

 

6.    Posting konten yang menarik untuk dibagikan secara konsisten

Konten yang Anda bagikan dapat menjangkau banyak orang, sehingga berpengaruh pada kehadiran online Anda. Jika konten Anda menarik dan terhubung secara emosional dengan audiens, mereka akan tertarik juga untuk membagikan konten Anda di sosial media mereka. Dan eureka, hal ini memungkinkan Anda menjangkau 2 kali lipat lebih banyak.

Nah, itulah 6 hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kehadiran bisnis online Anda. Setelah melakukan kesemuanya, Anda bisa memantau sejauh mana kemajuan yang sudah dicapai melalui fitur yang mendukung seperti Google Analytics, dan lainnya.

Silakan daftarkan juga diri Anda di daya.id untuk mengetahui berbagai tips dan info lainnya. Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar keuangan dan usaha, silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Junaedi

03 Maret 2023

Sangat membantu 👍

Balas

. 0

Asra

10 Januari 2023

Oj

Balas

. 0

Bariansyah Dwiputra Wn

21 Desember 2022

👍

Balas

. 0

Bariansyah Dwiputra Wn

21 Desember 2022

👍

Balas

. 0

Bariansyah Dwiputra Wn

20 Desember 2022

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS