Dirilis

27 November 2022

Penulis

Yulinda Sari

Dalam analisis web, yang disebut sebagai visitor adalah seseorang yang mengunjungi situs atau website. Visitor bisa datang melalui search engine, mengakses akses alamat website secara langsung, maupun melalui link dari media sosial. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Jasa Pembuatan Website dan Fungsinya

Jenis visitor sendiri terbagi ke dalam beberapa kategori, antara lain:

  1. Direct visitor: yaitu visitor yang datang ke website secara langsung dengan menuliskan alamat di browser.
  2. Referral visitor: yaitu visitor yang datang dari website lain yang tidak terkategori yang ditanami backlink.
  3. Social visitor: yaitu visitor yang datang dari website lain yang berkategori sebagai media sosial.
  4. Organic search visitor: yaitu visitor yang datang ke website karena adanya kebutuhan. Misalnya ketika orang lagi mencari di mesin pencari seperti Google, Bing, dan menemukan website Anda, maka orang tersebut dikatakan organic search visitor.


Terus apa ya bedanya visit dengan visitor

 

Perbedaan Visitor dan Visit

Visitor adalah setiap pengguna unik yang ada dalam situs atau website. Sedangkan visit adalah yang menentukan periode waktu antara saat pengguna membuka browser dan menutupnya. 

Visitor sendiri menjadi target utama bagi pembuat website saat menjajakan jasanya. Bagi pemilik website khususnya yang digunakan untuk bisnis, sudah seharusnya mampu menganalisis visitor, sehingga dapat menyusun strategi yang tepat dan peluang bisnisnya semakin meningkat. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan tools untuk analisis visitor seperti Google analytic

Namun sebelum melakukan analisis visitor lebih dalam, perlu juga untuk mengetahui istilah-istilah lain yang terkait dengan visitor dalam tools analsis visitor

 

Beberapa Istilah Terkait Visitor

Di dalam Google analytic, visitor terbagi atas beberapa istilah, seperti number of visits, hits, unique visitor, dan pageviews

Berikut penjelasan untuk masing-masing istilah tersebut:

 

1. Number of Visits

Number of visits adalah jumlah visitor yang mengunjungi website dalam periode waktu tertentu. Data number of visits mampu menunjukkan tingkat kunjungan visitor dalam sebuah website dalam periode waktu tertentu mulai dari periode harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. Oleh karena itu, dengan data tersebut Anda bisa melihat perubahan grafik visitor apakah mengalami peningkatan, konstan atau penurunan dari waktu ke waktu.

 

2. Hits

Hits adalah permintaan pengguna browser ke sebuah webserver terkait semua grafik di halaman website. Bisa berupa file gambar, html, javascript, css hingga permintaan yang menghasilkan respon error 404 dan 500. Nilai total hit akan selalu lebih besar dibandingkan visitor, pageview dan unique visitor. Contoh perhitungannya sebagai berikut. Misalnya ada pengunjung mengakses website yang memiliki 15 gambar, 1 file css dan 1 file javascript. Maka akan terhitung sebagai 1 kunjungan ditambah 17 file sehingga ada 18 hit.  Data hit ini merupakan data paling mentah sehingga jangan dijadikan sebagai acuan utama dalam menghitung jumlah kunjungan sebuah website

 

3. Pageviews

Pageviews adalah jumlah halaman website yang dilihat oleh visitor. Untuk setiap visitor bisa membuka beberapa halaman website dalam satu kali kunjungan. Sehingga data statistik pageviews merupakan salah satu yang sangat penting dalam analisis visitor. Kenapa? Karena bisa mengetahui halaman apa aja yang paling sering dikunjungi oleh visitor sehingga pemilik website bisa membuat konten yang sesuai untuk meningkatkan pageviews bahkan visitor.

 

4. Unique visitor

Unique visitor adalah pengunjung baru yang mengunjungi website. Dalam perhitungan unique visitor, meskipun pengunjung berkali-kali mengunjungi website dalam periode tertentu akan tetap dihitung 1 kali unique visitor. Selain itu, unique visitor tidak menghitung dari robots, worms atau balasan HTTP status code (status https error). Sehingga jika ada pengguna komputer mengakses website dari alamat IP yang sama maka akan tetap dihitung 1 kali unique visitor.

Baca Juga: Cara Ukur Efektivitas Kegiatan Pemasaran Online dan Offline

Itulah penjelasan mengenai visitor dalam analisis web. Jika Anda butuh penjelasan lebih lanjut, Anda bisa menggunakan fitur Tanya Ahli untuk langsung berkonsultasi secara gratis. Dan bagi Anda yang masih penasaran mengenai apa saja yang ada di Daya.id, silakan daftar dan login ya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

15 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

putra astaman

01 Maret 2023

Ok

Balas

. 0

Muhammad Indra Pratama

08 Desember 2022

👍

Balas

. 0

Muhammad Indra Pratama

05 Desember 2022

Good

Balas

. 0

Mahar Ristuhadi

05 Desember 2022

Mantap👍

Balas

. 0

Yedi Hartono

05 Desember 2022

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS