Dirilis

15 November 2022

Penulis

Regina Waisimon

Bagi Anda para pebisnis yang ingin menggunakan website sebagai bagian dari digital marketing pasti pernah mendengar istilah SEO atau Search Engine Optimization. Tapi apa itu SEO dan apa manfaatnya untuk bisnis Anda?

Sebagian pebisnis percaya SEO bisa menjadi salah satu cara mempromosikan serta memperkenalkan profil perusahaan, produk barang/ jasa yang Anda tawarkan, sampai dengan menjual bisnis yang dijalankan. Tapi sayangnya, ada yang menggunakan SEO hanya untuk mendapatkan ranking teratas di halaman mesin pencari, padahal pemikiran seperti itu hanyalah dasar atau kulitnya saja dari manfaat menggunakan SEO.

Jadi pada artikel ini kita akan bahas lebih dalam tentang apa sih SEO itu, apa manfaatnya, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja jenisnya? Mari kita simak satu per satu.

 

Apa sih SEO itu?

Dengan sederhananya, SEO berfungsi mengoptimalkan mesin pencarian sehingga website Anda bisa berada pada halaman pertama di mesin pencari. Dan SEO membuat website Anda mudah ditemukan oleh banyak orang, sehingga sangat berpotensi sekali untuk menaikkan jumlah traffic ke website Anda.

Sebagai catatan, dari semua mesin pencarian yang ada (Bing, Amazon, Yahoo!, dan lainnya), Google adalah mesin pencarian yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Sampai awal April 2022, Alexa.com masih mencatat Google.com sebagai situs yang paling banyak dilihat.

 

Apa Manfaat dari SEO?

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa SEO tidak hanya untuk mendapatkan ranking teratas pada mesin pencarian, karena SEO ini juga memiliki banyak manfaat untuk website bisnis yang Anda miliki, diantaranya:

  1. Memudahkan pencarian para pengunjung, sehingga website Anda mudah ditemukan.
  2. Mampu menentukan dan menjaring target dengan tepat sehingga bisa mendapatkan penjualan dari mesin pencari.
  3. Mampu memperbesar kesempatan bisnis dan sebagai investasi jangka panjang.
  4. Meningkatkan brand awareness perusahaan serta produk-produk yang ditawarkan.
  5. Tidak ada batasan waktu seperti beriklan, sehingga Anda dapat terus ditemukan selama 7 hari dalam 24 jam.
  6. Meningkatkan penjualan dan konversi sehingga mampu menjangkau lebih banyak pelanggan potensial
  7. Menjadi Top-of-Mind Brand dan bisa dipercaya pelanggan.


 

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Sesuai dengan namanya Search Engine Optimation, SEO ini berfungsi untuk mengoptimasi  mesin pencari, sehingga website Anda muncul di halaman pertama pada mesin pencari ketika seseorang mengetik kata kunci tertentu. 

Namun Anda juga harus ketahui bahwa dalam mesin pencarian ada algoritma tertentu yang berguna untuk mengurutkan website-website berdasarkan peringkatnya. Nah, agar Anda tidak bingung perlu diketahui terlebih dahulu tentang “bagaimana cara kerja SEO?”.

 

1.    Crawling

Crawling/ perayapan merupakan suatu proses yang dilakukan oleh mesin pencari untuk  mengumpulkan informasi  mulai dari satu link ke link lainnya, sampai dari satu halaman ke halaman lainnya dari semua website yang terhubung. Ini merupakan tahapan awal kinerja SEO. Pada search engine Google perangkat lunak ini disebut crawler

 

2.    Indexing

Web crawler bertugas menyimpan informasi ke enty list: Indeks, hal ini baru bisa dilakukan oleh web crawler apabila proses crawling sudah berhasil dilakukan.

Proses dasar indexing adalah mengidentifikasi mulai dari kata-kata dan tulisan masuk ke dalam database search engine dengan keyword tertentu pada halaman tersebut. Oleh sebab  itu proses Crawling dan Indexing merupakan dua proses yang tidak dapat dipisahkan pada cara kerja SEO di search engine/mesin pencarian.

 

3.    Processing

Processing adalah proses ketiga, dimana setelah mesin pencarian mendapatkan permintaan dari pengguna website. Contoh pengguna mengetik “Bolu Marmer”, maka kata tersebut akan dijadikan keyword oleh mesin pencari dan membandingkan pada halaman beberapa website yang telah terindeks. 

 

4.    Calculating Relevancy

Calculating relevancy adalah proses menghitung keterkaitan/ relevansi pada satu website dengan website lainnya dimana halaman website tersebut telah terindeks setiap kata kunci/ keyword yang dimasukan ke dalam mesin pencarian.

 

5.    Retrieving Result


Retrieving result adalah proses akhir, dimana mesin pencari akan mengambil hasil yang paling relevan berdasarkan keyword atau kata kunci yang diproses sebelumnya. Proses akhir ini browser akan menampilakan daftar hasil pencarian berdasarkan urutan yang paling relevan atau sesuai atau banyak disebut juga ranking.

 

Apa Saja Jenis-Jenis SEO?

Dalam mengoptimalisasikan SEO, kita harus terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis SEO. Jenis SEO ini sendiri terbagi dalam tiga jenis, walaupun ketiganya memiliki tujuan untuk meningkatkan performance website, namun fokus dari ketiganya ini sangat berbeda.

 

1.    SEO On Page

SEO on page adalah upaya melakukan optimasi website bagian depan. Beberapa perbaikan dan perubahan pada konten dan halaman website Anda, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Permalink;
  • Judul konten;
  • Struktur konten;
  • Gambar konten;
  • Sebaran keyword;
  • Kualitas konten;
  • Internal link;
  • Elemen SEO (meta description, tag, dan lainnya);


Dengan SEO on page, diharapakan konten website mudah ditemukan. Semakin relevan isi konten dengan keyword yang dibuat, maka kebutuhan pengunjung website pun makin terjawab dan mesin pencari akan meroketkan ranking website Anda.

 

2.    SEO Off Page

SEO off page adalah upaya untuk mengoptimasi SEO di luar website. Berikut aspek-aspek SEO off page yang bisa Anda tingkatkan:

  • Backlink atau aktivitas untuk mendapatkan link dari website lain (Link building).
  • Peningkatan DA (Domain Authority) adalah skor untuk memprediksi peluang ranking website di mesin pencarian.
  • Peningkatan PA (Page Authority) adalah skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website berada di ranking teratas mesin pencarian.
  • Promosi konten lewat channel marketing dan sosial media lainnya.
  • Kegiatan untuk memasang artikel berkualitas Anda di website lain yang di dalamnya terdapat backlink ke situs Anda atau disebut juga guest blog.


Kinerja mesin Pencari akan tambah kuat dengan SEO off page dan website Anda bermanfaat bagi banyak pengguna. Dimana hasil akhirnya nanti akan mempengaruhi kredibilitas website dan potensi kenaikan rankingnya yang cukup signifikan.

 

3.    Technical SEO

Dalam mengoptimasi struktur website sehingga performanya maksimal dan diterima mesin pencari. Technical SEO merupakan bagian dalam website untuk mengoptimasi SEO. Aspek-aspek yang terdapat dalam SEO technical, yaitu:

  • Kecepatan website;
  • Struktur website;
  • XML Sitemap;
  • Keamanan situs (SSL);
  • Tema responsive;
  • Layout website;
  • Navigasi.


Website Anda akan memiliki struktur yang bagus dan mudah dibaca oleh mesin pencari jika menerapkan technical SEO. 

Itulah informasi mengenai SEO yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan kinerja website perusahaan dalam memasarkan & mempromosikan produk/ jasa dari bisnis yang dijalankan. Anda juga dapat mebaca artikel lainnya tentang Digital Marketing di Tahun 2022.

Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan ahli digital marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap lagi. Dan untuk Informasi lainnya terkait keuangan, usaha serta gaya hidup sehat dapat Anda dapatkan secara gratis di daya.id. Jadi  tunggu apalagi segara daftarkan diri Anda dengan melakukan registrasi pendaftaran di daya.id, maka seluruh informasi tersebut dapat diakses dengan mudah dimana pun & kapan pun.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

rizky putri kartika

03 Desember 2023

Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat 👍🏻

Balas

. 0

Fani Rianto

22 Mei 2023

Bagus

Balas

. 0

Fando hari susetyo

15 Pebruari 2023

👍

Balas

. 0

Asril

27 Desember 2022

👍

Balas

. 0

Bariansyah Dwiputra Wn

02 Desember 2022

👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS