Dirilis

29 Maret 2022

Penulis

Rhein Mahatma

Jika Anda adalah seorang pelaku usaha UMKM yang ikut terdampak dari pandemi COVID-19, Anda harus memanfaatkan peluang dari perkembangan internet di zaman sekarang. Anda bisa mulai membuat bisnis online dengan memanfaatkan sosial media seperti TikTok yang sedang trending dan menggunakan strategi pemasaran digital TikTok marketing untuk meningkatkan brand awareness calon konsumen terhadap produk Anda.

Menurut riset dari DataReportal, jumlah pengguna media sosial di Indonesia lebih dari 191 juta atau 68 persen jumlah penduduk Indonesia di awal tahun 2022. Media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan TikTok menjadi pilihan utama untuk mereka mencari sesuatu yang sedang trending agar tidak ketinggalan informasi.

Sementara itu, tidak dapat dipungkiri bahwa kepopularitas TikTok sebagai media sosial dapat membuat banyak orang candu dan rela menghabiskan waktu untuk menonton beragam konten video menarik. Menurut hasil riset dari Statista, sekitar 40 persen pengguna TikTok di Indonesia berumur 13-34 tahun. Sehingga tidak salah jika Anda sebagai pelaku usaha UMKM memanfaatkan TikTok marketing sebagai salah satu media promosi.

 

Kenapa Tiktok Marketing itu Penting?

Sebagai seorang pebisnis, tentunya Anda pasti menginginkan produk yang Anda jual laris manis. Namun nyatanya Anda perlu melakukan promosi agar calon konsumen mengetahui brand dan produk yang Anda jual. Untuk pebisnis yang sudah memiliki omzet tinggi, tentunya bukan hal sulit untuk melakukan promosi, baik itu membayar seorang influencer untuk mempromosikan produk mereka, menyewa baliho di pinggir jalan, maupun membagikan banyak brosur kepada calon konsumen 

Namun berbeda dengan pelaku usaha UMKM. Salah satu hambatan terbesar bagi UMKM adalah modal yang tersedia biasanya sangat terbatas. Sehingga mau tidak mau, pelaku UMKM akan meminimalisir segala pengeluaran yang bisa di pangkas, terutama untuk promosi. Namun perlu Anda ketahui, bahwa promosi tetap harus dilakukan karena hal ini lah yang dapat menarik minat calon konsumen terhadap produk Anda.

Anda dapat memanfaatkan TikTok marketing sebagai salah satu strategi pemasaran yang tidak memerlukan modal banyak. Cukup menggunakan ponsel yang terkoneksi dengan internet, Anda dapat menggunakan strategi marketing ini untuk keperluan bisnis online Anda. Banyaknya pengguna sosial media terutama Tiktok di Indonesia membuat Tiktok marketing tidak boleh Anda sepelekan lho. Dengan memanfaatkan beragam tools unik dan menciptakan konten video yang menarik, Anda bisa meningkatkan brand awareness dan penjualan bisnis online Anda. 

 

6 Tips Memanfaatkan TikTok Marketing bagi UMKM


Simak 6 tips yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan TikTok marketing di media sosial:

 

1.    Singkat dan to the point dalam menyampaikan pesan 

TikTok menjadi salah satu platform sosial media yang berisikan berbagai macam konten menarik seperti tutorial, edukasi, life hacks, atau fashion. Sebelum Anda membuat konten TikTok, pastikan untuk lakukan riset terlebih dahulu apa yang pengikut Anda sukai. Sesuaikanlah dengan brand dan produk yang Anda miliki dan buatlah konten video yang langsung ke inti pesan yang ingin disampaikan. 

 

2.    Jangan mengeluarkan uang terlalu banyak untuk produksi

Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial TikTok memiliki banyak pengguna aktif yang sebagian besar berusia di bawah 30 tahun. Anak milenial dan Gen Z cenderung lebih kritis dan senang dengan konten video yang menarik dan relate dengan keseharian mereka. Sehingga TikTok merupakan media sosial yang terbaik untuk menarik calon konsumen Anda. Sebagai UMKM, Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menciptakan konten TikTok. Manfaatkan tools yang tersedia seperti musik yang sedang trending untuk melakukan TikTok marketing. Biasanya video berdurasi 15-30 detik paling banyak ditonton habis oleh audiens. 

 

3.    Unggah konten yang menarik

Buatlah beragam konten video yang menarik serta unik namun tetap menyesuaikan dengan produk yang Anda miliki. Anda bisa membuat konten video yang menghibur dan informatif tentang produk Anda karena konten seperti ini cenderung mendapatkan banyak likes dan share sehingga konten Anda dapat menjangkau lebih banyak orang. Pastikan setiap konten yang Anda unggah nanti tidak palsu ataupun dipaksakan, agar calon konsumen yang melihat konten tersebut tidak merasa aneh.
  
 

4.    Berkolaborasi dengan influencer kecil 

Jika Anda masih sulit untuk membuat konten sendiri ataupun belum menemukan talent yang sesuai, tidak ada salahnya untuk berkolaborasi dengan influencer kecil. Ada banyak influencer tiktok bagus yang bisa Anda ajak bekerja sama untuk mempromosikan produk Anda. Buatlah rancangan konten seperti apa yang perlu influencer tersebut buat agar produk Anda bisa mendapatkan perhatian dari audiens tiktok.  

 

5.    Posting video "work in progress"

Selain konten video yang menghibur ataupun informatif, tidak sedikit orang yang menyukai video step by step atau konten work in progress dari produk Anda. Buatlah konten baik itu pembuatan produk Anda, ataupun konten pengemasan produk Anda sebelum dikirimkan ke konsumen. Konten simple seperti ini dapat meningkatkan brand awareness produk Anda lho! Buatlah jadwal agar Anda bisa terus konsisten dalam mem-posting video di TikTok. Tidak masalah jika Anda hanya bisa mem-posting video satu atau dua hari sekali, asalkan terus konsisten pasti Anda dapat menarik minat calon konsumen. Usahakan konten video yang Anda buat tidak terlalu panjang agar orang yang melihatnya tidak merasa bosan. 

 

6.    Buatlah giveaway 

Jika Akun TikTok Anda masih sepi, tidak ada salahnya jika Anda mengeluarkan sedikit uang untuk melakukan giveaway. Konten giveaway memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengikut baru dan membangun hubungan dengan pengikut Anda. Pastikan untuk membuat rules atau peraturan yang mudah dan gampang diikuti, seperti meminta mereka untuk share postingan Anda, menandai beberapa teman mereka, hingga men-challenge mereka untuk mengikuti Anda. Pastikan hadiah yang akan Anda berikan menarik ya, agar audiens tertarik untuk mengikuti giveaway Anda. 

Sekian penjelasan singkat dari tips memanfaatkan tiktok marketing untuk UMKM. Setelah mengetahui tingginya pengguna sosial media tiktok di Indonesia, Anda sebagai pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan peluang ini untuk keberhasilan bisnis Anda. Selain tidak memerlukan banyak modal, memanfaatkan Tiktok marketing juga dapat menjadi jalan pintas Anda untuk menjangkau banyak orang lain secara bersamaan.

Untuk informasi lain terkait usaha, Anda dapat berkonsultasi dengan mitra ahli tepercaya kami melalui fitur Tanya Ahli. Selain itu, Anda bisa membacanya di daya.id. Dengan mendaftar di daya.id semua informasi terkait kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS