Dirilis

20 Agustus 2024

Penulis

Majalah Franchise Indonesia

Ibarat artis yang terkenal, akan disebut dan dibincangkan dimana-mana. Ia akan diundang di berbagai acara. Kalau brand Anda banyak yang kenal maka otomatis profit usaha akan naik. Tapi sebisa mungkin tidak hanya dikenal tetapi juga terkenang di benak pelanggan.

Pepatah mengatakan apa yang keluar dari hati maka akan sampai ke hati, ternyata memang bukan sekedar pepatah yang klise. Hal ini sudah terbukti di berbagai segmen kehidupan.

Seorang ibu yang membesarkan anaknya dengan hati akan berhasil membuat si anak tumbuh menjadi generasi yang hebat dan berbakti pada orang tua. Seorang guru yang mendidik murid-muridnya dengan hati, akan berhasil mencetak manusia-manusia yang tidak hanya cerdas tapi juga berbudi luhur. Nasehat yang disampaikan juga akan memberikan efek yang kuat jika keluar dari hati.

Di dalam dunia bisnis, hati juga menjadi hal yang penting. Sayangnya, banyak pebisnis yang hanya sibuk berkutat pada angka dan omzet. Mereka kadang lupa, menciptakan koneksi emosional yang kuat dengan pelanggan.

Padahal ada peran customer atau pelanggan yang menjadi kunci utama meraih kesuksesan omzet. Semakin banyak customer yang puas, maka semakin banyak pula yang setia, tidak mudah berpaling ke brand lain.

Untuk itu, Anda perlu strategi branding yang tepat. Simak pembahasan apa itu strategi branding dan bagaimana cara melibatkan hati dalam membangun branding.

Baca juga: Tips Membangun Brand Dari Awal

 

Apa itu Strategi Branding?


Strategi branding adalah rencana yang disusun untuk memahami brand lebih baik dan mampu mengkomunikasikannya ke para pelanggan. Strategi branding dapat menciptakan hubungan langsung dengan pelanggan bahkan melibatkan emosionalnya. Adanya strategi ini dapat menjadikan brand tetap kompetitif, tidak kalah dengan pesaing di pasar.
 

Tips Membangun Brand dengan Hati


Melibatkan hati dalam membangun brand dapat menjadi kekuatan utama menarik lebih banyak pelanggan. Untuk itu berikut adalah beberapa tips untuk membangun brand dengan hati:

 

1.    Kenali Nilai-Nilai Brand 

Brand bukan hanya sekedar nama yang berfungsi sebagai identitas. Melainkan, bagian dari jati diri Anda sebagai pengusaha. Namanya jati diri berarti esensi, karakteristik, atau ciri unik yang menjadi poin penting.  

Pahami apa sebenarnya nilai-nilai, visi, dan misi brand Anda. Ketika sudah kenal maka lebih mudah untuk memperkenalkannya. Anda tahu mana nilai yang harus di highlight untuk meningkatkan tingkat terkenalnya brand Anda.

 

2.    Unggah Cerita Perjalanan Brand

Ceritakan perjalanan brand Anda yang autentik dan menyentuh emosional pelanggan. Buat memori di ingatan pelanggan bahwa produk Anda penuh inspirasi berharga. Ciptakan koneksi emosional dengan menceritakan kerja keras, tantangan, dan kesuksesan brand Anda.

Iklan brand yang ditampilkan di banner, billboard, atau pun di berbagai media publikasi harus mengekspresikan keteguhan hati pemiliknya. Brand yang melibatkan hati akan terlihat berbeda dari segi rasa daripada brand yang hanya berfungsi sebagai identitas produk atau perusahaan saja. Orang atau pelanggan yang melihat brand dengan pancaran kekuatan hati akan memiliki daya tarik dan pengaruh yang kuat.

Brand yang dibangun dengan hati pasti lebih totalitas. Tidak ada kata menyerah meskipun mengorbankan banyak hal. Analogikan brand itu menjadi seperti halnya merawat anak kandung yang sejak dilahirkan dibesarkan dengan kasih sayang dan cinta.

Baca juga: Pentingnya Media Sosial untuk Awareness, Apakah Bisa Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Anda?

 

3.    Berikan Pengalaman Pelanggan yang Mengesankan

Pastikan ketika berinteraksi dengan pelanggan secara online maupun langsung bisa membuat mereka terkesan. Berikan pelayanan yang bukan hanya ramah tapi bersahabat. Ketik pesan yang menyenangkan dan temani pelanggan seperti temannya ketika membeli produk Anda.

 

4.    Buat Acara Sosial yang Sevisi

Adakan acara sosial yang sejalan dengan visi dan misi brand Anda. Perkenalkan brand dengan melibatkannya di kegiatan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat. Tunjukkan bahwa brand Anda memiliki tanggung jawab sosial yang peduli terhadap masyarakat.

Ayo lakukan 4 tips ini agar brand Anda melekat di hati pelanggan dan penjualan naik. Daftar sekarang di Daya.id dengan klik di sini untuk informasi lain dan tanya langsung di fitur Tanya Ahli secara gratis di daya.id untuk menjawab kebingungan Anda.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

11 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Tori Ibnu Sanjaya

03 September 2024

sip

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

25 August 2024

Thanks infonya

Balas

. 0

Fando hari susetyo

21 August 2024

Emejing

Balas

. 0

Jefri purwo carito

21 August 2024

Good

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rofian Akbar

Pakar Waralaba

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS