Dirilis

04 Maret 2022

Penulis

Arras Amirah

Sebentar lagi kita akan merasakan kemeriahan Ramadan di bulan April 2022. Dari sisi bisnis, Ramadan memberikan banyak keuntungan, tidak hanya kepada umat muslim, melainkan juga kepada seluruh masyarakat yang memaksimalkan peluang. Biasanya, penjual baju, makanan, bahkan peralatan solat menjadi sangat laris. 

Selama masa pandemi ini, tidak sedikit seller atau penjual yang memanfaatkan social media seperti Instagram untuk meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk yang mereka miliki. Harapannya calon konsumen menjadi familiar dan tidak asing dengan produk yang mereka miliki. 

Anda juga bisa meniru strategi itu. Salah satu fitur yang bisa Anda manfaatkan adalah Instagram Reels. Lain halnya dengan Instagram Post, di Instagram Reels ini Anda dapat membuat konten Instagram dalam bentuk gabungan foto dan membuatnya menjadi suatu video yang menarik. 

Jika Anda hendak membuat konten Instagram Reels namun masih bingung membuat apa, Anda bisa membuat tutorial cara membuat hampers lebaran dengan produk yang Anda punya. 

 

Persiapan Membuat Konten Instagram Reels

Tren bertukar hampers lebaran sedang marak terjadi terutama di tahun-tahun pandemi sekarang. Hal ini dikarenakan banyak orang yang tidak bisa bertemu dan silaturrahmi dengan kawan serta keluarga terdekat. Namun demikian, tidak sedikit masyarakat yang membeli atau bahkan mencoba membuat hampers lebaran sendiri. 

Dengan membuat konten Instagram Reels bertemakan hampers lebaran, Anda dapat sekaligus memberikan konten informatif serta meningkatkan brand awareness calon konsumen terhadap produk milik Anda. 

Simak penjelasan di bawah tentang apa saja yang bisa Anda persiapkan sebelum membuat konten Instagram Reels.

 

1.    Persiapkan bahan-bahan penghias

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah wadah seperti kardus atau kotak, kertas alas, filling atau pengisi kekosongan wadah, pita atau tali jemari, dan yang terakhir adalah kartu ucapan serta stiker. 

Anda perlu menyiapkan wadah seperti kotak maupun kardus yang cukup kokoh agar dapat menampung produk yang hendak Anda simpan. Sesuaikan ukuran wadah dengan jumlah produk yang hendak Anda masukkan. 

Setelah itu usahakan untuk menaruh kertas alas agar produk Anda semakin menarik dan memberikan kesan ‘mewah’.

Masukkan produk yang Anda miliki dan sesuaikan. Jika masih terdapat ruang kosong di hampers Anda, manfaatkan bubble wrap atau kertas koran yang telah di potong-potong agar menjaga keamanan produk di dalamnya. 

Untuk mempercantik tampilan luar, jangan lupa untuk melilitkan pita atau tali jerami dan menyisipkan kartu ucapan. Anda bisa menulis tangan secara langsung ataupun di print agar lebih rapih. Sesuaikan isi kartu ucapan dengan yang ingin Anda sampaikan, dan pastikan menulis nama tujuan serta nama pengirim.

 

2.    Dokumentasikan setiap langkah pembuatannya

Anda bisa memfoto ataupun men-video terlebih dahulu step by step pembuatan dari hampers produk Anda dari awal hingga akhir. Pastikan setiap foto atau video yang Anda ambil memiliki cahaya yang terang serta jelas tak terhalang apapun. Coba semua posisi dan sudut dokumentasi agar Anda mendapatkan hasil yang bagus. 

Dikarenakan tema dari konten Instagram Reels sekarang adalah tutorial membuat hampers, maka usahakan pengambilan foto maupun video dari atas dan tengah-tengah. Sehinga audiens dapat fokus untuk melihat proses dari pembuatan tanpa terganggu apapun.

 

3.    Manfaatkan fitur editing di Instagram reels

Setelah Anda selesai mendokumentasikan setiap langkah dari pembuatan hampers, selanjutnya adalah tahap editing. Anda dapat membuka terlebih dahulu aplikasi Instagram di ponsel Anda. 

Setelah itu tekan logo seperti video di tampilan bawah tengah, dan lanjut tekan logo seperti kamera di pojok atas.

Anda bisa membuat konten video Instagram Reels maksimal 60 detik. Dalam durasi 60 detik ini, Anda bisa menggabungkan beberapa klip video ataupun 12 foto yang masing masing berdurasi 5 detik. Klik tombol seperti logo tambah untuk menambahkan foto maupun video yang telah Anda buat. Selain itu Anda dapat memilih musik yang cocok dengan video Anda. 

Selanjutnya Anda dapat menyisipkan berbagai gif atau animasi unik yang dapat mempercantik video Anda. Selain itu Anda dapat memilih berbagai macam jenis filter yang tersedia di Instagram agar video Anda menjadi lebih menarik.

Sebelum mengunggah video hasil editan Anda, jangan lupa untuk menuliskan caption atau deskripsi singkat tentang video Anda. Dan setelah itu tekan tombol share. Dengan demikian Anda berhasil membuat konten Instagram Reels dan tinggal menunggu likes serta comment dari audiens Anda.

Sekian penjelasan singkat tentang cara membuat konten Instagram Reels menarik spesial Ramadan. Walau di masa pandemi ini Anda tidak disarankan untuk tidak berkunjung secara langsung untuk menemui keluarga serta teman dekat, namun Anda tetap dapat membeli maupun membuat hampers lebaran dan mengirimkannya kepada orang yang Anda kasihi. 

Dengan terciptanya konten Instagram Reels tentang tutorial membuat hampers ini, secara tidak langsung Anda memberikan konten yang tidak hanya informatif melainkan sebagai salah satu ajang promosi dan meningkatkan brand awareness calon konsumen terhadap produk Anda. Pembuatan konten Instagram Reels ini tidak hanya tentang hampers saja, Anda dapat membuat beragam jenis konten menarik lainnya menggunakan Instagram Reels ini. Selamat mencoba!

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan peluang usaha, silahkan mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lainnya. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS