Dirilis

23 Mei 2022

Penulis

Arief Akbar

Salah satu kunci sukses dalam dunia bisnis adalah digital brand. Mengapa demikian? Jika Anda memiliki digital brand yang lebih kuat dibanding kompetitor, Anda punya peluang untuk menarik perhatian calon pembeli, terutama menarik mereka yang biasa beraktivitas secara online.

Baca Juga: Yang Boleh dan Tidak Boleh Anda Lakukan Dalam Digital Marketing

Apalagi sebagian masyarakat kini telah memanfaatkan internet dalam aktivitasnya sehari-hari, khususnya dalam berkomunikasi dan mencari informasi. Oleh sebab itu, selaku pelaku bisnis online, Anda juga harus memanfaatkan internet dalam hal membangun brand bisnis. Pemanfaatan internet dalam membangun brand inilah yang kemudian dikenal dengan istilah digital branding.

Berikut ini ulasan tentang pengertian digital branding serta bagaimana cara yang tepat membangun digital brand, simak bersama, yuk!

 

Apa Itu Digital Brand?

Digital brand merupakan proses membangun dan membentuk brand atau merek dagang Anda secara online, seperti dengan menggunakan website, aplikasi, media sosial, dan lain sebagainya.

Hal ini juga termasuk salah satu cara yang paling sering digunakan karena dianggap paling tepat dalam menyampaikan keunggulan produk di era digital seperti saat ini. Selain itu, digital brand juga akan sangat membantu dalam membangun komunikasi dengan pelanggan.

Dengan adanya digital brand, maka Anda akan lebih mudah mengekspos bisnis Anda di dunia digital, sekaligus mampu membantu dalam hal menjalankan beragam strategi marketing lainnya, demi kemajuan bisnis online Anda.

 

Seberapa Penting Digital Brand bagi Bisnis?


Penerapan konsep digital branding harus dilakukan mengingat persaingan bisnis yang semakin ketat di era digital ini. Selain itu, digital brand juga memiliki peran penting bagi bisnis online. Kira-kira apa saja peran penting itu?

 

1. Menciptakan Interaksi dengan Pelanggan

Penerapan digital brand akan memberikan kesempatan untuk bisnis Anda dalam membangun interaksi yang baik dengan masyarakat luas. Contohnya dengan menciptakan konsep storytelling. Dengan konsep ini, calon pelanggan potensial nantinya Anda akan memilih sendiri produk mana yang paling dekat dengan kebutuhan serta tingkat emosional mereka.


Baca Juga: SEO vs SEM, Apa Saja Perbedaan dan Manfaatnya?

 

2. Membantu Menonjolkan Keberadaan Brand

Anda bisa memanfaatkan sisi unik tersendiri sebagai daya tarik dari brand bisnis Anda, sehingga brand bisnis Anda akal lebih terlihat menonjol dari brand kompetitor lainnya. Hal ini tepat dilakukan, mengingat dengan cara ini pula brand bisnis Anda jadi lebih mudah diingat oleh masyarakat melalui berbagai platform media sosial yang memasarkan produk Anda.

 

3. Memperluas Koneksi Bisnis Online

Apabila konsep digital branding yang Anda jalankan berhasil, maka hal tersebut akan lebih mudah membantu Anda dalam memperluas koneksi bisnis online. Anda bisa menggunakan beragam platform online yang sudah populer demi meningkatkan koneksi bisnis Anda. Bukankah ini kesempatan emas untuk menjalankan kerja sama dengan bisnis lain?

 

Tips Membangun Digital Brand yang Efektif


Setelah mengetahui pengertian digital brand dan seberapa penting konsep ini untuk diterapkan, Anda tentu jadi semakin penasaran tips apa saja yang dibutuhkan untuk membangun digital brand yang efektif, bukan? Jangan khawatir, Anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Situs Brand

Website atau situs dari brand Anda bisa diartikan sebagai platform digital yang berguna sebagai etalase produk bisnis Anda. Pelanggan akan bisa dengan mudah membuka halaman informasi umum, jam kerja pelayan, siapa saja orang di balik layar, hingga produk-produk menarik lainnya saat mereka ingin lebih banyak mengetahui tentang bisnis Anda.

 

2. Brand Message

Pesan yang ingin bisnis Anda sampaikan pada calon pelanggan adalah brand message. Contohnya ketika Anda membuka usaha makanan atau camilan kekinian tetapi dengan konsep makanan sehat tanpa daging dan juga micin, maka pesan inilah yang harus Anda sampaikan pada brand message bisnis Anda.

Pesan yang terkandug juga harus sesuai dengan misi bisnis serta kegiatan yang bisnis Anda jalankan selama. Ingatlah untuk selalu fokus pada kebutuhan serta keinginan pelanggan dengan menyisipkan jawaban dari bisnis apa yang Anda tawarkan, produk apa yang paling direkomendasikan, hingga alasan mengapa mereka harus membeli produk Anda.

 

3. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau yang biasa disebut dengan SEO akan membantu brand dan produk Anda menjadi sangat mudah ditemukan oleh mesin pencari layaknya google. Tools yang bisa Anda gunakan guna melakukan riset kata kunci pada content article untuk kepentingan promosi dan edukasi binsis Anda adalah Ahrefs, Ubersuggest, atau Keyword Tool dari Google.

 

4. Media Sosial

Karena internet dan sosial media saat ini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia, maka Anda uga harus menfaatkan kondisi ini untuk melakukan digital brand untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Namun dalam penggunaannya, Anda harus memiliki sikap seperti orang yang akan membangkitkan minat dari produk tersebut. Selain itu, Anda juga harus menjadwalkan waktu unggah konten, memperhatikan komentar, dan merespon direct messages yang masuk. Pantaulah sebaik mungkin semua perkembangan konten media sosial bisnis Anda.

Baca Juga: Kata Kunci Dalam SEO: Pengertian, Fungsi, Hingga Jenis-Jenisnya

Itulah pengertian, tujuan, dan beberapa tips penting dalam membangun digital brand yang perlu Anda perhatikan untuk perkembangan bisnis Anda. Jika Anda masih menemukan kesulitan dalam menjalankan strategi tersebut atau ingin bertanya pada ahlinya, jangan ragu untuk mendaftar di daya.id dan gunakan fitur Tanya Ahli secara gratis!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

putra astaman

06 Maret 2023

Good

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS