Dirilis

08 April 2022

Penulis

Christie Stephanie Kalangie

Anda tentu pernah mendengar istilah keyword atau kata kunci. Dengan memasukkan kata kunci ke search engine atau mesin pencari seperti Google, maka informasi yang dicari akan tersaji hanya waktu beberapa detik.

Baca Juga: Cara Mencari Keyword yang Tepat untuk Kembangkan Usaha

Kata kunci sendiri merupakan hal penting untuk dipelajari, terlebih ketika Anda terjun ke dunia digital marketing dan ingin memahami search engine optimization atau yang biasa disingkat dengan SEO.

Lantas, apa yang dimaksud dengan kata kunci dan bagaimana implementasi demi kesuksesan strategi SEO? Berikut penjelasan lengkap yang telah kami rangkum untuk Anda!

 

Kata Kunci Dalam SEO

Kata kunci atau keyword adalah ide dan topik yang menentukan isi konten Anda. Dalam hal implementasi SEO, keyword merupakan kata dan frasa yang dimasukkan oleh pencari ke dalam mesin pencari. 

Sebagai pemilik situs web dan pembuat konten, Anda tentu ingin agar kata kunci pada konten Anda relevan dengan apa yang dicari orang sehingga mereka memiliki peluang lebih besar untuk menemukan konten Anda di antara hasil pencarian.

Selain itu, dengan melakukan optimasi konten dengan kata kunci yang tepat adalah cara yang tepat untuk membuat situs Anda memiliki ranking yang lebih tinggi di Google. Semakin tinggi maka semakin besar pula kemungkinan orang mengunjungi situs Anda.

 

Fungsi Kata Kunci

Selain berfungsi menjadi sebuah rangkaian kata yang bisa ditambahkan dalam tulisan agar bisa memudahkan pembaca untuk menemukan konten atau artikel yang telah ditulis, kata kunci juga memiliki beberapa fungsi lainnya.
 
 

1. Menambah Traffic Secara Organik pada Situs

Jika penurunan traffic terjadi pada web atau blog Anda, kemungkinan besar hal itu terjadi karena Anda tidak menambahkan kata kunci pada konten atau tulisan di artikel Anda. apabila Anda tidak menambahkan kata kunci pada konten artikel maka hal itu akan menyebabkan konten Anda susah untuk ditemukan oleh mesin pencari.

Karena itu, apabila Anda menambahkan kata kunci yang tepat dengan persaingan rendah, maka tentu saja dapat membuat organik traffic di web atau konten artikel Anda menjadi meningkat. 

 

2. Memudahkan Pencari Menemukan Konten Anda

Meski pembaca tidak spesifik dalam penulisan judul yang telah Anda berikan di konten artikel atau web Anda, namun jika Anda sudah menambahkan kata kunci pada konten tersebut, maka hal itu akan memudahkan konten artikel Anda dijumpai oleh banyak pencari di mesin pencari.

 

3. Memudahkan Optimisasi Mesin Pencari 

Penambahan kata kunci membuat mesin pencari dapat mengoptimasi menampilkan kontent artikel Anda kepada para pencari yang membutuhkan. Sebaliknya, jika Anda tidak menyisipkan kata kunci, maka hal tersebut bisa menyebabkan konten susah untuk ditemui oleh para pencari. 

Baca Juga: Tips Sukses Jualan Online 2022

 

Jenis-Jenis Keyword


Selain memahami pengertian kata kunci serta fungsinya, Anda juga perlu mempelajari jenis-jenis keyword menurut panjangnya, yaitu short-tail keyword, mid-tail keyword, dan long-tail keyword untuk kesuksesan upaya SEO.

 

1. Short-tail Keyword

Head keyword atau generic keyword dikenal juga sebagai short-tail keyword yang memiliki sifat keyword sangat pendek dan biasanya hanya memuat satu atau dua kata saja. Meski mudah digunakan dalam sebuah konten artikel, short-tail keyword biasanya sangat kompetitif dan cukup sulit untuk menaikkan ranking sebuah konten artikel.

Branding, personal branding, digital marketing, dan lain sebagainya adalah contoh dari short-tail keyword.

 

2. Mid-tail Keyword

Frasa yang terdapat dalam mid-tail keyword biasanya terdiri dari kurang lebih tiga kata. Karena lebih spesifik, persaingannya pun menjadi lebih rendah namun masih bisa memiliki search volume yang tinggi dengan conversion rate yang cukup baik.

Digital marketing tools, digital marketing course, dan lain sebagainya adalah contoh dari mid-tail keyword

 

3. Long-tail Keyword

Jenis kata kunci yang paling panjang adalah long-tail keyword. Kata kunci yang satu ini sangat spesifik sehingga tak heran jika kompetisinya pun tidak begitu sengit dan membuat cenderung lebih mudah untuk membuat sebuah konten memiliki ranking yang tinggi di Search Engine Result Page atau SERP.

Pentingnya personal branding untuk UMKM, situs online learning SEO untuk pemula, dan lain sebagainya adalah contoh long-tail keyword.

 

Cara Menggunakan Kata Kunci


Selain ketiga hal di atas, ada hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan untuk memperoleh kata kunci yang sesuai, seperti bagaimana cara menggunakan kata kunci demi kesuksesan upaya SEO. Berikut penjelasan singkatnya.

 

1. Pilih Kata Kunci dengan Cermat

Kata kunci yang tepat dan sesuai biasanya disertai dengan frasa yang akan digunakan pencari untuk menggambarkan sebuah informasi atau layanan, sehingga Anda harus memastikan bahwa kata kunci yang dicari mereka memiliki keterkaitan dengan tema halaman tujuan. Tak jarang, kata kunci yang terdiri dari dua atau tiga kata dianggap lebih efektif.

 

2. Kelompokkan Kata Kunci Sesuai Tema

Tema yang dimaksud di sini mencakup jenis produk, layanan, atau kategori lainnya yang bersangkutan. Dengan demikian, Anda dapat memudahkan pencari untuk menemukan kata kunci yang dicari atau dibutuhkan oleh mereka.

 

3. Analisis Hubungan Keyword Dengan User Intent

Memahami user intent adalah hal yang penting dalam keyword, sebab user intent adalah tujuan dari pencari melakukan pencarian dengan sebuah kata kunci. Hal juga dianggap penting karena bisa membantu Anda membuat konten artikel yang jauh lebih baik.

Dengan memahami mengapa seseorang mencari suatu konten artikel dengan sebuah kata kunci, Anda juga bisa membuat konten yang memberi mereka informasi yang diinginkan sehingga tentunya konten ini harus telah menggunakan kata kunci yang paling tepat.

Baca Juga: 2022 Belum Mau Coba Digital Marketing, Yakin?

Itulah ulasan lengkap mengenai pengertia, fungsi, hingga cara menggunakan kata kunci yang tepat untuk konten artikel yang bisa Anda terapkan.

Apakah Anda sudah lebih memahami tentang apa itu kata kunci dan implementasinya dalam SEO? Jika masih bingung, tak perlu bersedih sebab Anda bisa belajar dan berkonsultasi lebih dalam perihal kata kunci dan SEO di bersama Ahli di Daya.id.

Ahli di Daya.id dapat membantu Anda memahami kata kunci yang paling pas untuk perusahaan atau web Anda. Selain itu, pertanyaan seputar keuangan, usaha, hingga kesehatan juga dapat Anda temukan jawabannya di sini. Pastikan diri Anda terdaftar untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS