Dirilis

08 April 2022

Penulis

Christie Stephanie Kalangie

Jika Anda adalah pelaku bisnis digital, pasti sudah tidak asing lagi dengan tools SEO dan SEM. Kedua hal ini tidak bisa dipisahkan dalam dunia digital marketing, sebab keduanya saling berkaitan. Baik itu SEO maupun SEM, keduanya sama-sama berperan penting dalam memaksimalkan mesin pencari atau search engine.

Baca Juga: 2022 Belum Mau Coba Digital Marketing, Yakin?

Namun, jika memang SEO dan SEM memiliki fungsi yang sama, lantas dimanakah perbedaan di antara keduanya? Bagaimana dengan manfaat dari SEO dan SEM itu sendiri? Mari simak pembahasan yang telah dirangkum oleh Daya.id berikut ini untuk mendapatkan jawabannya!

 

SEO vs SEM


 

Apa Itu SEO?

Search Engine Optimization merupakan kepanjangan dari SEO yang berarti proses optimasi situs beserta segala aspeknya, mencakup sistem, konten, dan lain sebagainya, supaya bisa membantu meningkatkan peringkat di mesin pencari seperti Google.

SEO merupakan bagian dari pemasaran menggunakan mesin pencari. Aturan SEO memang seringkali berubah dari waktu ke waktu seiring perubahan algoritma mesin pencari atau robot Google itu sendiri.

Meski demikian, ada aspek lain dari SEO yang tetap konsisten, yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page, yang menjadi inti komponen SEO.

 

SEO On-Page

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan target keyword secara alami ke dalam judul blogpost, heading tag, meta tag, meta description, dan lain-lain, tetapi tidak boleh secara spamming. Setelah itu, rapikan format URL halaman Anda dan optimalkan kecepatan dimuatnya halaman situs Anda. Lalu, integrasikan juga berbagi media sosial dengan konten. 

 

SEO Off-Page

Pertama-tama, Anda perlu membuat backlink yang berkualitas tinggi dan menempatkannya secara alami. Aktivitas SEO Off-Page penting untuk kemajuan situs Anda.

 

Apa Itu SEM? 


Search Engine Marketing merupakan istilah yang menggambarkan suatu cara pemasaran di internet melalui kegiatan promosi berbayar, untuk meningkatkan visibilitas situs tersebut di halaman hasil pencarian search engine. Contohnya seperti Google Ads. Jadi, sebagian besar berbentuk iklan.

Baca Juga: Bukan Sekedar Jual Swafoto, Ini Penjelasan Lengkap Non-Fungible Token (NFT)

 

Manfaat Search Engine Optimization (SEO)

Manfaat pertama dari SEO yang pasti adalah untuk meningkatkan traffic positif. Dengan memaksimalkan menggunakan SEO, maka situs Anda akan terekspos dengan baik sehingga akan lebih mudah dicari atau ditemukan oleh mesin pencari.

Hal inilah yang membuat para pengunjung atau traffic situs semakin meningkat dan tentu saja akan semakin banyak pula calon pelanggan potensial yang didapatkan hingga nantinya dapat menjadi pelanggan setia berkat konten yang baik dan mendukung pula.

Manfaat yang kedua yang didapatkan dari SEO data pelanggan atau konsumen bisa diakses secara gratis. Dengan menggunakan SEO, maka Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan data pelanggan secara gratis. Kontak atau data konsumen tersebut biasanya diperlukan untuk memudahkan saat menghubungi mereka untuk keperluan bisnis.

Tak hanya itu saja, data pelanggan juga akan mempermudah Anda saat memberikan informasi tentang produk baru atau promosi yang sedang berlangsung dan bisa ditawarkan dengan lebih mudah.

Manfaat dari SEO yang ketiga adalah untuk meningkatkan brand awareness. Penggunaan SEO bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran/kemampuan pembeli dalam mengenali dan mengingat merek produk yang dibeli dari bisnis Anda.

Akan semakin tinggi intensitas penjualan apabila produk yang Anda tawarkan semakin terkenal. Bahkan, bisa jadi para pelanggan potensial ingin melakukan pembelian dan malah kemudian ikut mempromosikannya secara gratis apabila merek produk Anda mudah diingat dan dikenali oleh mereka.

 

Manfaat Search Engine Marketing (SEM)

SEM memastikan situs Anda tampil di tempat yang paling tepat apabila Anda menggunakan iklan berbayar yang menguntungkan untuk mendapatkan konsumen baru. SEM juga bekerja cepat dengan cara menargetkan pengunjung yang sudah tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan di situs Anda.

Penggunaan SEM juga mudah dikontrol dan disesuaikan dengan biaya serta jangka waktu yang ditentukan. Selain itu, pencapaian target juga yang lebih mudah dilakukan karena pencapaian terfokus kepada target pemasaran.

Perbedaan target yang lebih spesifik dan relevan akan membuat produk dari situs Anda lebih mudah dipromosikan. Kualitas traffic juga akan meningkat serta memberikan peluang yang lebih besar terhadap keuntungan yang berlipat. Cakupan pelanggan pun akan lebih luas ke berbagai lokasi lainnya sehingga tidak hanya terfokus pada satu titik.

Karena SEM bertugas sebagai sarana promosi yang memungkinkan kesempatan bagi Anda untuk melakukan pengontrolan secara menyeluruh, mulai dari timeline, biaya, sampai kepada hasil yang ingin dicapai bisnis Anda.

Menariknya lagi, pengontrolan juga dapat dilakukan pada pemilihan jenis iklan dan keyword yang sesuai dengan tujuan agar produk atau situs dapat dipromosikan dengan lebih mudah dan optimal.

Baca Juga: Tips dan Contoh CV Menarik yang Wajib Diketahui Fresh Graduate!

Itulah informasi lengkap yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi Anda para pelaku bisnis digital yang mungkin pernah mendengar istilah SEO dan SEM namun kurang memahami apa perbedaan di antara keduanya. Jika disederhanakan, SEO merupakan cara optimalisasi mesin pencari secara organik, sementara SEM berbayar.

Jadi, bagaimana? Apakah saat ini Anda sudah menentukan akan menjalankan SEO, SEM, atau bahkan keduanya? Kabar baiknya, Anda pun dapat menjalankan keduanya secara beriringan sebab keduanya sama-sama penting untuk bisnis Anda.

Jika Anda punya pertanyaan lain seputar bisnis, digital marketing, usaha lainnya, bahkan tentang kesehatan sekalipun, jangan ragu untuk berkosultasi dengan Ahli di Daya.id. Daftarkan juga diri Anda untuk mendapat akses gratis ke berbagai tips menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS