Dirilis

07 Mei 2022

Penulis

Adhiyat Thoriq

Jika Anda telah lama bergelut di dunia bisnis, Anda pasti tidak asing lagi mendengar kalimat content marketing atau pemasaran konten. Content marketing dikenal sebagai salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif terutama di era serba digital seperti sekarang. Content marketing sendiri memiliki kaitan erat dengan istilas seperti digital marketing, SEO, content writing, dan internet marketing. 

Berbeda dengan promosi produk secara langsung atau offline, content marketing lebih fokus memberikan informasi tentang apa manfaat dari produk yang Anda miliki dan bagaimana menarik minat para pelanggan baru agar membeli produk yang Anda punya. Dengan memanfaatkan media baik itu tulisan, gambar, ataupun video yang bisa Anda publikasikan di website dan akun sosial media yang Anda punya. 

Selain untuk menarik calon pelanggan baru, content marketing juga berguna untuk menciptakan brand awareness dan pendekatan terhadap pelanggan sehingga menimbulkan rasa percaya bagi mereka agar membeli produk yang Anda miliki. 

 

Jenis Content Marketing

Content marketing sendiri memiliki banyak sekali jenisnya, agar Anda lebih mudah memahaminya, berikut contoh dari content marketing secara singkat.

 

1.    Infografis

Infografis adalah salah satu contoh dari pemasaran konten yang berisikan gambar dan juga informasi singkat. Dengan menggabungkan gambar dan juga tulisan yang informatif, cara ini lebih mudah dipahami oleh banyak pelanggan. 

Secara umum, infografis banyak yang berbentuk vertikal dan diposting di social media seperti Instagram atau Pinterest. Gabungan dari desain unik, informasi menarik, serta storytelling yang menarik merupakan kunci dari keberhasilan infografis ini.

 

2.    Website

Anda juga bisa menggunakan website sebagai sarana dari content marketing. Hal ini dikarenakan website terdiri dari gabungan antara gambar, video, teks, dan juga ilustrasi. Anda bisa mengisi website tersebut dengan berbagai macam seperti info tentang produk Anda dan juga konten yang mengajak calon pelanggan untuk membeli produk Anda. 

 

3.    E-book

Berbeda dengan buku yang ada di pasaran, buku yang dimaksud di. sini adalah e-book atau electronic book. Tujuan dari pembuatan e-book ini adalah memberikan informasi secara jelas dan lebih detail tentang produk yang Anda miliki. E-book ini bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Yang perlu dilakukan oleh Anda adalah menyediakan tempat khusus agar bisa memudahkan calon pelanggan mengakses dan meng-unduh e-book ini.

 

4.    E-mail

Selain e-book, Anda bisa mencoba content marketing menggunakan e-mail. Anda pasti sering mendapatkan notifikasi dari email yang dikirimkan oleh brand lainnya. Biasanya e-mail ini banyak berisikan penjelasan yang berkaitan erat dengan promosi suatu produk serta memberikan informasi secara singkat tentang apa saja iklan maupun fitur terbaru dari brand tersebut. 

Anda bisa menggunakan strategi ini untuk mencapai calon konsumen. Jangan lupa untuk menyesuaikan terlebih dahulu target konsumen Anda. Jika Anda mengirimkan e-mail secara acak, yang terjadi bukannya mereka semakin minat dengan produk Anda, tetapi mereka malah unsubscribe atau berhenti mengikuti perkembangan produk Anda. 

 

5.    Sosial media

Seiring berkembangnya teknologi digital, pengguna dari social media pun semakin meningkat. Terlebih kita mengetahui bahwa terdapat banyak sekali sosial media seperti Twitter, Instagram, Linkedln, Facebook bahkan TikTok. Dengan mempelajari masing-masing karakteristik dari social media tersebut, Anda dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan product branding atau menciptakan brand awareness untuk menaikkan engagement dari pelanggan.

 

6.    Video

Jika Anda bosan dengan konten yang hanya berisikan tulisan saja, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan konten yang berbentuk video. Anda bisa menggunakan YouTube sebagai tempat untuk content marketing. Coba buat konten yang menghibur atau challenge yang unik yang dapat diikuti oleh banyak orang. Dengan tetap memasukkan unsur marketing atau pemasaran dari produk Anda, diharapkan para pelanggan menjadi lebih tertarik untuk mengetahui produk yang Anda miliki dan membeli produk yang Anda punya karena melihat konten video Anda yang unik.

Setelah mengetahui contoh dari content marketing diatas, diharapkan Anda dapat menciptakan strategi yang penuh dengan perhitungan agar produk yang Anda miliki dapat dikenal oleh calon pelanggan dan menciptakan rasa percaya agar mereka membeli produk milik Anda. Selamat mencoba!

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang Wirausaha dan gaya hidup dapat mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lagi. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli. 

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS