Dirilis

13 Agustus 2023

Penulis

Ariematea

Reseller bisa memiliki peran penting dalam keberhasilan suatu usaha. Oleh karena itu, sebagai pelaku usaha, Anda bisa menimbang untuk bisa bekerjasama dengan reseller. Apa saja tips kerjasama dengan reseller tersebut?

 

Apa Itu Reseller? dan Apa Saja Tips Kerjasama dengan Reseller?

Secara garis besar, yang dimaksud dengan reseller yaitu seseorang yang membeli produk yang Anda jual, yang nantinya akan dijual kembali kepada konsumen. Dimana karena produk tersebut akan dijual kembali, maka secara otomatis, supplier maupun pemilik usaha dituntut untuk memberikan harga khusus.

Dalam arti, harga yang diberikan pada reseller tersebut biasanya lebih rendah dari harga produk yang dijual langsung kepada konsumen. Dengan perannya tersebut, secara tidak langsung, kehadiran reseller tersebut bisa membantu sebuah perusahaan dalam mengembangkan usahanya.

Untuk perannya tersebut, tak sedikit pemilik usaha yang memberikan reward bilamana reseller mencapai target penjualan tertentu. Bahkan ada juga yang menawarkan kerjasama dalam bentuk pembagian usaha.

Apapun bentuk kerjasama yang dilakukan, Anda selaku pemilik usaha hendaknya bisa memikirkan sejumlah tips kerjasama dengan reseller. Dimana sejumlah topik kerjasama tersebut hendaknya bisa menguntungkan kedua belah pihak (pemilik usaha dan reseller). Apa saja tips kerjasama yang dimaksud? Penjelasannya bisa Anda simak dalam pembahasan di bawah ini.

Baca juga : Strategi Pengembangan Usaha dengan Bantuan Reseller

 

5 Tips Kerjasama yang Dilakukan Pemilik Usaha dengan Reseller

Berikut ini lima hal yang perlu Anda lakukan dalam kerjasama dengan reseller.

 

1.    Meluangkan Waktu untuk Mengenali Reseller    

Tips kerjasama pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan meluangkan waktu Anda untuk mengenali reseller. Dimana dengan mengenali reseller ini, Anda bisa mengetahui informasi penting mengenai reseller.

Baik itu mengenai data diri, alamat, dan pekerjaan lainnya yang dilakukan, selain menjadi seorang reseller. Hal lainnya yang perlu Anda lakukan dalam mengenali reseller ini yaitu dengan mencari tahu apakah reseller tersebut merupakan seseorang yang paham teknologi, atau tidak.

Khususnya yang berkaitan dengan penggunaan gadget/smartphone maupun internet. Hal ini dikarenakan, hampir semua aktivitas penjualan saat ini didominasi dengan penjualan online. Dengan kata lain, untuk mengembangkan usaha Anda, maka cara terbaik adalah dengan mencari reseller yang memahami teknologi terkini.

 

2.    Memastikan bahwa Kerjasama yang Dilakukan akan Mendatangkan Keuntungan untuk Kedua Pihak    

Untuk membuat reseller mau bekerjasama dengan Anda, maka tips kerjasama dengan reseller selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu memastikan bahwa dengan adanya kerjasama tersebut, akan mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak. 

Dengan demikian, reseller akan lebih mudah tertarik dengan kerjasama yang Anda tawarkan. Untuk lebih meyakinkan reseller, Anda bisa menjelaskan secara terperinci mengenai keuntungan apa saja yang akan diperoleh reseller, bilamana mereka mau bekerjasama dengan perusahaan Anda.

 

3.    Membuat Surat Perjanjian


Setelah dirasa reseller tersebut bersedia untuk bekerjasama dengan perusahaan Anda, maka tips kerjasama dengan reseller lainnya yang tak boleh Anda lewatkan yaitu dengan membuat sebuah perjanjian. Dimana dengan adanya surat perjanjian ini, akan memudahkan kedua belah pihak untuk melakukan fungsinya masing-masing.

Bahkan mungkin untuk mengetahui berapa presentase keuntungan yang diperoleh reseller, bilamana Anda menetapkan pembagian usaha dengan reseller dalam surat perjanjian tersebut Fungsi lainnya dari surat perjanjian ini tak lain yaitu sebagai bukti otentik, bilamana di kemudian hari, ada salah satu pihak yang melanggar perjanjian kerjasama. 

 

4.    Menjadikan Reseller Sebagai Partner Bisnis

Tips kerjasama dengan reseller lainnya yang mungkin seringkali terlewatkan yaitu dengan menjadikan reseller sebagai partner bisnis. Dalam arti, masih banyak pelaku usaha yang menganggap bahwa reseller hanyalah sebagai pihak kedua yang membeli barang dengan harga di bawah harga normal, dan bukan sebagai partner bisnis.

Dengan demikian, beberapa supplier/pemilik usaha tersebut tidak merasa peduli apakah reseller tersebut bisa memiliki kecakapan khusus untuk memasarkan produk yang dibelinya atau tidak. 

Sebenarnya hal tersebut kurang tepat dilakukan. Mengingat disadari atau tidak, reseller memiliki peran cukup penting bagi keberhasilan suatu usaha. Dimana penjualan yang dilakukan reseller tersebut dirasa meningkat, maka tentunya, usaha yang Anda jalankan akan lebih dikenal masyarakat.

Begitupun sebaliknya, saat reseller tidak percaya kepada Anda, yang diikuti dengan penjualan produk yang dilakukan reseller cenderung menurun. Maka bukan tak mungkin, usaha Anda juga akan terkena imbasnya. 

Oleh karena itu, ada baiknya Anda menjadikan reseller sebagai partner bisnis, dengan memberikan mereka bimbingan dan pemantauan. Bahkan jika memungkinkan, Anda bisa memberikan pelatihan bisnis secara gratis.

 

5.    Mempertahankan Kualitas Produk

Selain melakukan kerjasama dengan reseller, di sisi lain, Anda juga perlu mempertahankan kualitas dari produk yang Anda jual. Bahkan jika memungkinkan, Anda bisa meningkatkan kualitas dari produk yang Anda jual tersebut.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Value Produk Usaha yang Baik dan Benar

Sehingga bukan hanya konsumen saja yang merasa puas, namun reseller juga akan merasa percaya diri saat memasarkan produk-produk Anda nantinya. Mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk ini juga menjadi salah satu tips kerjasama dengan reseller yang perlu Anda pertimbangkan saat ingin memulai kerjasama dengan reseller.

Dengan kata lain, selain mengandalkan tim marketing khusus, Anda juga bisa mengandalkan reseller untuk memasarkan sekaligus mengembangkan usaha Anda. Namun perlu diingat, untuk memulai kerjasama ini, Anda perlu memperhatikan sejumlah tips kerjasama dengan reseller yang telah dibahas di atas.

Nah itu dia beberapa tips untuk berkerjasama dengan reseller yang bisa Anda pelajari. Semoga artikel di atas bisa membantu Anda. Sebagai bentuk manfaat lebih yang dapat di berikan oleh Bank BTPN, Anda juga dapat mengunjungi daya.id dan mendaftarkan diri Anda. Jika Anda membutuhkan artikel tips lainnya  anda juga dapat langsung berdiskusi secara gratis dengan menggunakan fitur Tanya Ahli di daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

siska pratiwi

02 December 2023

Terimakasih tipsnya sangat bermanfaat

Balas

. 0

siska pratiwi

02 December 2023

Terimakasih tipsnya sangat bermanfaat

Balas

. 0

Ardhan Ashary Nasution

15 August 2023

Keren informasi nya ??

Balas

. 0

Kasanan Abidin

14 August 2023

Keren Terimakasih informasinya

Balas

. 0

Boby

14 August 2023

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS