Dirilis

18 Desember 2021

Penulis

Rhein Mahatma

Salah satu kesalahan terbesar yang bisa saja terjadi saat Anda beriklan di Facebook adalah Anda kurang tepat saat memilih tujuan kampanye iklan (objective campaign) untuk produk Anda sehingga hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai. Padahal, penentuan objective campaign ini penting agar hasil dari iklan lebih maksimal. 

Jika Anda berencana untuk beriklan di Facebook dan ingin mendapatkan hasil iklan yang lebih maksimal, Anda perlu mengetahui objective campaign yang terdapat dalam Facebook Ads. Simak 11 objective campaign di Facebook Ads dalam artikel di bawah ini!


 

Objective Campaign untuk Beriklan di Facebook 

Objective yang Anda pilih akan menyampaikan ke Facebook mengenai tujuan dari campaign dan aksi apa yang Anda ingin audiens lakukan ketika melihat iklan Anda. Objective campaign yang Anda pilih memberitahukan Facebook apa yang Anda ingin orang lakukan ketika melihat iklan Anda. Berikut adalah daftar dari objective campaign Facebook Ads yang tersedia dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya.


 

1. Awareness Objectives (Tujuan kampanye “Kesadaran”)

Ada 2 tujuan kampanye di kategori Awareness, yaitu Brand Awareness dan Reach (jangkauan) didesain untuk menunjukkan iklan Anda ke jumlah orang terbanyak di target audiens Anda dengan budget yang sudah ditentukan. Tujuan utamanya adalah untuk membangun minat audiens pada bisnis Anda dengan menunjukkan iklan Anda ke jumlah audiens yang banyak atau mengoptimalkan tampilan iklan (impressions) sehingga iklan Anda dapat ditampilkan ke jumlah orang terbanyak di target audiens Anda.

 

● Brand Awareness (“Kesadaran Merek”)

Facebook akan menunjukkan iklan Anda ke audiens yang kemungkinan besar akan mengingat brand Anda. Ads Manager akan menunjukkan Anda “estimated ad recall lift” data yang merupakan jumlah estimasi orang di Facebook yang akan mengingat iklan Anda jika ditanyakan 2 hari setelah iklan Anda tampil. 

Objective brand awareness sebagian besar digunakan oleh brand besar yang memiliki budget lebih besar serta memiliki kemampuan untuk mengukur hasil campaign. UKM yang ingin meningkatkan awareness dapat mendapatkan hasil yang lebih terlihat dengan menggunakan objective lain. 

Waktu penggunaan: Jika Anda ingin membangun brand yang bersifat memorable (selalu diingat) serta dapat mengukur peningkatan ingatan akan iklan. 


 

● Reach (“Jangkauan”)

Anda dapat memilih objective ini jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin audiens yang melihat iklan Anda tanpa mengharapkan mereka akan melakukan aksi lanjutan setelahnya. Facebook akan menunjukkan iklan Anda kepada sebanyak-banyaknya orang yang menjadi target audiens Anda dengan budget yang sudah ditentukan. 


Waktu penggunaan: Objective campaign ini bagus jika Anda ingin mengorganisir acara lokal dan tujuannya adalah untuk memberitahu sebanyak-banyaknya orang akan acara tersebut. 

 

2. Consideration Objectives (Tujuan Iklan “Pertimbangan”)

Consideration objectives ini memiliki 6 tipe campaign yaitu traffic, engagement, video views, lead generation, message dan apps installs. Facebook akan menunjukkan iklan Anda ke audiens yang menjadi target audiens Anda dan kemungkinan besar akan mengambil aksi sesuai dengan yang sudah Anda pilih. 

 

● Traffic

Jika tujuan utama Anda adalah untuk mendatangkan traffic ke website, maka Anda dapat memilih traffic sebagai objective campaign dan mengoptimasi klik link atau view ke landing page


Jika Anda memilih optimasi Landing Page Views (perbanyak orang yang membuka website) di level ad set, maka Facebook akan memprioritaskan untuk menunjukkan iklan Anda ke target audiens yang tidak hanya akan mengklik link namun juga akan menunggu website Anda hingga terbuka dengan sempurna. Jika Anda ingin mengoptimasi landing page views maka akun iklan Anda harus terhubung dengan Facebook pixel (kode dari Facebook) yang terhubung di website

Waktu penggunaan: Jika Anda ingin orang datang ke website dan membaca blog post atau menu makanan, objective campaign ini cocok untuk Anda!


 

● Engagement

Jika tujuan utama dari iklan Facebook Anda adalah untuk meningkatkan engagement maka Anda dapat menggunakan objective engagement. Facebook akan menunjukkan iklan Anda ke target audiens Anda yang kemungkinan besar akan berinteraksi dengan mereka. Terdapat 3 tipe engagement dalam objective ini.


 
Post engagement
Engagement dari tipe iklan ini seperti reaksi, comment, share, video view, dan semua klik di mana hal ini membantu Anda membuktikan adanya interaksi akan iklan yang diunggah. Namun, sama halnya dengan organic post, iklan Anda perlu di mendorong audiens untuk berinteraksi. Jika organic post pada awalnya tidak memberikan begitu banyak engagement maka kemungkinan besar iklan yang dijalankan juga tidak akan begitu berhasil. 

 
- Page likes 
Jika tujuan utama Anda adalah untuk menumbuhkan followers Facebook page maka Anda dapat memilih tipe engagement page likes untuk menjangkau audiens yang kemungkinan besar akan mengklik page Anda. 

 
Event responses
Jika Anda memiliki event Facebook, Anda dapat menggunakan tipe engagement ini untuk mendapatkan respon yang lebih banyak. Namun, ini merupakan low-intent action (artinya komitmen audine Anda bisa dibilang kecil) jika Anda memiliki 100 orang yang klik ‘Going’ belum tentu akan ada 100 orang yang datang. 

Waktu penggunaan: Objective campaign ini ideal jika Anda ingin meningkatkan penggemar di page Anda, menambahkan bukti sosial ke posting-an, atau meningkatkan sign-up ke event Facebook. 


 

● App Installs (Install aplikasi)

Objective campaign ini nantinya akan menampilkan iklan Anda ke audiens yang kemungkinan besar akan menginstall aplikasi Anda. Dengan mengklik pada iklan yang ditampilkan akan membawa mereka langsung ke app store untuk melakukan download aplikasi.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari objective ini, Anda perlu untuk mendaftarkan aplikasi Anda ke Facebook dan mengimplementasikan SDK (Software Development Kit) yang memungkinkan Anda untuk melacak data event dari aplikasi Anda di Ads Manager. Campaign App Install sendiri memiliki 2 kategori yaitu otomatis dan manual. 



Waktu penggunaan: Objective App Install merupakan pilihan yang cocok jika Anda ingin audience melakukan download dan berinteraksi dengan aplikasi Anda.

 

● Video Views

Facebook akan memprioritaskan untuk menunjukkan iklan video Anda ke target audiens yang kemungkinan besar akan menonton video tersebut. Ketika menciptakan campaign video views, Anda dapat memilih untuk menunjukkan iklan Anda ke audiens yang kemungkinan besar akan menonton iklan Anda setidaknya selama 2 hingga 15 detik.


Campaign objective ini membantu Anda untuk membangun awareness dengan cold audience. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari campaign video views, video Anda perlu menarik perhatian audiens dan menyampaikan pesan utama dalam beberapa detik pertama sehingga mendorong mereka untuk menonton lebih lama lagi. Jika video Anda mengandung audio maka pastikan Anda menambahkan caption bagi audiens yang tidak dapat mendengar atau yang tidak ingin menonton dengan suara. 

Waktu penggunaan: Objective video views cocok jika Anda ingin audiens menonton video perkenalan atau mendapatkan lebih banyak views di replay Facebook live Anda.


 

 Lead Generation

Objective lead generation memungkinkan Anda untuk menambahkan form kontak ke Facebook Ads. Anda dapat mengkostumisasi form tersebut untuk menanyakan pertanyaan yang lebih mendalam jika Anda butuh informasi lebih dari prospek.


Ketika audiens mengklik iklan Anda, mereka akan diminta untuk memberikan detail diri mereka seperti nama, alamat e-mail, dan informasi detail lainnya. Sebagian besar dari data ini sudah tersedia di Facebook jadi user dapat memilih untuk langsung mengisi form dengan data yang sudah ada atau mengisi dengan data yang mereka inginkan. Anda dapat mengunduh informasi yang telah dikumpulkan dari form di page Anda.

Waktu penggunaan: Objective lead generation ideal jika Anda ingin mendapatkan data dari calon pelanggan namun website Anda tidak memiliki sign-up form atau tidak teroptimasi untuk mobile.


 

● Messages

Jika tujuan utama Anda adalah untuk memulai percakapan dengan pelanggan di Messenger maka objective campaign message ini sangat efektif. Facebook akan menunjukkan iklan Anda ke audiens yang kemungkinan besar akan mengirimkan Anda pesan berdasarkan dari histori mereka. 

Tips: Pastikan Anda memiliki tim yang memonitor inbox dan merespon ke pesan yang masuk secara cepat karena sebagian besar user menginginkan respon dalam waktu 10 menit. Namun mungkin ada beberapa user yang belum familiar dengan tipe iklan ini karena ketika mengklik iklan yang ada, mereka akan langsung masuk ke aplikasi Messenger di mana dapat dikonsiderasi sebagai spam.

Namun untuk saat ini ada kebijakan privacy baru mengenai iklan yang berkaitan dengan messaging, targeting, dan audiens sehingga iklan tersebut saat ini belum tersedia dan campaign messages sedang dihentikan.

Waktu penggunaan: Objective campaign merupakan opsi yang bagus jika Anda ingin audiens memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan Anda dan menanyakan hal-hal lebih lanjut yang terkait dengan pembelian. 


 

3. Conversion Objectives

Conversion objective di Facebook Ads meliputi conversions, catalog sales, dan store traffic mengajak audiens yang tertarik dengan iklan Anda untuk membeli produk atau layanan Anda. Objectives ini mengoptimasi higher-intent action seperti pembelian dan membutuhkan beberapa initial setup sebelum Anda dapat menjalankannya. 

Objective conversion biasanya menghasilkan biaya impression daripada objective consideration. Meskipun biayanya tinggi, hasil dari objective conversion ini akan maksimal karena iklan Anda akan ditampilkan ke audiens yang kemungkinan besar akan melakukan aksi. 


 

● Conversions

Jika tujuan Anda adalah untuk menjangkau audiens yang akan melakukan aksi spesifik di website Anda termasuk memasukkan produk ke keranjang, sign up ke newsletter, atau melakukan pembelian maka conversions merupakan pilihan yang paling tepat. Untuk menggunakan objective ini, Anda perlu melakukan hal berikut:
  • Install Facebook pixel di website 
  • Install conversions API di website
  • Verifikasi domain dari website Anda
  • Konfigurasikan event Anda dalam Event Manager

Di level ad set, Anda dapat memilih untuk mengoptimasi conversion event yang paling relevan berdasarkan tujuan Anda dan Facebook akan menunjukkan iklan Anda ke target audiens yang kemungkinan besar akan mengambil aksi terhadap iklan tersebut. 

Waktu penggunaan: Objective conversions ini ideal jika Anda menginginkan traffic yang datang ke website Anda memiliki intensi untuk melakukan pembelian atau memberikan data pribadi mereka sebagai leads


 

● Catalog Sales

Objective ini diketahui sebagai dynamic product ads yang memungkinkan Anda untuk menampilkan beberapa variasi produk di iklan Anda kepada audiens atau retargeting produk yang spesifik berdasarkan aktivitas audiens di website Anda. Penggunaan tipe iklan ini membutuhkan Anda untuk membuat katalog Facebook. Facebook akan memilih gambar dari katalog yang digunakan di iklan maka pastikan Anda menggunakan gambar yang bagus untuk menarik perhatian audiens ketika scrolling di feed

Waktu penggunaan: Objective catalog sales merupakan pilihan yang tepat jika Anda memiliki jumlah produk yang banyak dan ingin menunjukkannya kepada calon pelanggan berdasarkan interaksi sebelumnya di bisnis Anda. 


 

 Store Traffic

Jika Anda memiliki beberapa toko fisik dan ingin mendorong lebih banyak pengunjung ke toko maka objective store traffic merupakan yang paling efektif. Sebelum Anda menggunakan objective ini, Anda perlu memasukkan semua lokasi toko Anda ke Facebook bersamaan dengan jam operasional. Facebook akan menampilkan iklan lokasi toko ke radius yang diinginkan di mana radius ini dapat diatur manual atau otomatis. 

Waktu penggunaan: Penggunaan objective store traffic ini ideal jika Anda memiliki lebih dari 1 toko dan ingin orang-orang berkunjung ke toko yang terdekat. 

Itu dia penjelasan terkait objective campaign yang terdapat pada Facebook Ads. Hal penting yang perlu diingat adalah objective yang Anda pilih akan mempengaruhi bagaimana
Facebook menjalankan iklan Anda dan kepada siapa iklan akan ditampilkan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pertimbangkan untuk melakukan percobaan pada setiap objective campaign yang berbeda-beda. Pastikan Anda memulai dengan objective yang paling dekat dengan tujuan Anda. 

Baca juga: 4 Tip Memaksimalkan Promosi di Media Sosial

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS