Dirilis

01 April 2022

Penulis

Christie Stephanie Kalangie

Anda tentu ingin tahu cara optimasi website menggunakan mesin pencari, terlebih jika Anda adalah seorang pelaku usaha yang sedang berusaha meningkatkan traffic ke website Anda. Mungkin Anda tidak mengerjakannya sendiri. Anda bisa bekerjasama dengan tim atau menggunakan jasa web master bahkan digital writer.

Dengan mengetahui cara optimasi website atau popular disebut SEO, Anda dapat menarik lebih banyak traffic serta bisa meningkatkan peluang untuk mengonversi pelanggan potensial. Website yang sudah dioptimasi memang umumnya memiliki metrik lebih baik dalam banyak hal, seperti konversi, bounce rate, sampai peringkat.

Baca Juga: Memanfaatkan Keyword untuk Meningkatkan Penjualan

Berikut ini ada beberapa cara dan strategi optimasi website yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan usaha SEO dan konversi situs Anda. 

 

Apa Itu SEO?


Sebelum mengetahui cara optimasi website, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu SEO dan mengapa strategi ini sangat penting untuk diterapkan pada situs Anda. 

SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization” atau dalam Bahasa Indonesia adalah “optimasi mesin pencari.”

Menyadur ulasan dari Indotrading, SEO berarti serangkaian teknik dan upaya yang digunakan untuk mengoptimasi halaman pada sebuah website sehingga memungkinkan halaman website Anda mudah ditelusuri dan ditemukan pada halaman Google.

Dengan demikian, ketika calon pelanggan potensial mencari kata kunci terkait dengan bisnis yang Anda kelola, maka mereka akan memiliki peluang yang lebih besar untuk menemukan website Anda.

 

Cara Optimasi Website untuk Meningkatkan SEO

Ada banyak alasan untuk mempelajari cara meningkatkan performa SEO website Anda. Salah satunya untuk membuat situs Anda menjadi yang lebih produktif. Nah, berikut ini beberapa cara optimasi website terbaik yang bisa diterapkan pada website Anda.

 

1.Memastikan Website Mobile-friendly 

Sebagian traffic global dari internet datang melalui perangkat mobile. Maka, Anda sebaiknya tidak mengabaikan pentingnya website yang mobile-friendly

Selain itu, penting juga untuk Anda ketahui bahwa Google memiliki aturan resmi mengenai mobile-first index. Itu berarti, Google akan lebih memprioritaskan proses crawling, indexing, dan ranking website yang mobile-friendly dan responsif. 

Apa maksudnya situs yang responsif? itu berarti Anda telah membangun halaman situs yang dapat mengikuti ukuran window browser dari berbagai jenis smartphone yang mungkin digunakan oleh pengunjung website.

Selain itu, ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimasi website agar lebih responsif, yakni, memastikan agar selalu mengkompres semua gambar yang ada pada website dan menghindari iklan pop-up yang menutupi konten dari pengunjung potensial website Anda.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menyertakan judul meta yang pendek, karena lebih mudah dibaca di perangkat seluler. Yang terakhir adalah memilih template dan tema yang sudah teroptimasi untuk mobile-ready. Cukup sederhana, bukan?

 

2. Mengoptimalkan Kecepatan Situs


Kecepatan halaman atau website speed merupakan salah satu indikator kinerja website yang penting dalam SEO dan dalam usaha Anda untuk melakukan konversi pembeli. Bahkan, Anda berisiko untuk kehilangan traffic jika website Anda membutuhkan waktu lebih dari 2,5 hingga 3 detik untuk menunggu terbuka, loh. 

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan kinerja website dan harus Anda pahami. Untungnya, saat ini sudah banyak program yang bisa menjadi solusi, seperti Google’s PageSpeed Insights yang akan memberikan Anda insights tentang kecepatan website dan hal-hal yang perlu Anda ditingkatkan. 

Baca Juga: Tingkatkan Pemasaran Digital dengan Content Marketing

 

3. Membuat Konten Sesuai dengan Target Audiens

Konten yang dihasilkan situs Anda adalah salah satu faktor yang akan mendorong peringkat Anda di Google. Inilah yang nantinya akan di-crawl dan ditampilkan Google pada SERP atau Search Engine Results Pages.

Isi konten yang berkualitas, bersamaan dengan desain web yang responsif, memungkinkan Anda meningkatkan engagment pengunjung dan menjual produk dengan lebih efektif. Konten situs Anda juga bisa disajikan dalam berbagai bentuk, seperti tulisan, visual, video dan lain sebagainya.

Karena itu, jangan lupa untuk selalu membuat konten berkualitas yang cocok untuk dibagikan. Sebab, Google menafsirkan konten yang sering dibagikan sebagai konten bertanda positif dan dengan demikian akan menaikkan ranking situs tersebut.

 

4. Melakukan Link-Building

Melakukan link-building atau backlink adalah salah satu faktor yang tidak boleh dianggap sepele karena dapat membantu meningkatkan peringkat website Anda. Google pun juga menganggap bahwa backlink sebagai tingkatan kredibilitas situs, loh.

Saat situs berkualitas tinggi menautkan ke website Anda, itu berarti halaman website Anda akan segera naik peringkat sesuai dengan jumlah backlink yang didapatnya. Meski begitu, untuk melakukan optimasi website dengan backlink yang berkualitas memang tidak bisa dibilang mudah untuk dilakukan.

Tetapi jangan khawatir, sebab Anda tetap bisa mencoba untuk menghubungi influencer dan pemilik atau pengelola blog lain di niche Anda untuk mendapatkan backlink berkualitas dengan berkolaborasi bersama. 
 
Itulah pembahasan perihal beberapa cara yang bisa diterapkan untuk optimasi website Anda dengan SEO dan conversion rate. Masih ada banyak hal lain yang tak kalah penting untuk dilakukan dalam rangka mengoptimasi kinerja website Anda, mulai dari konten, kecepatan, pengalaman pengguna lainnya, hingga desain website tersebut. 

Baca Juga: Iklankan Usaha Anda dengan Google Ads, Ini yang Perlu Diperhatikan

Karena itu, Anda bisa mencoba beberapa cara yang telah Daya.id bagikan di atas. Atau, jika ingin lebih lanjut mengetahui perihal digital marketing dan optimisasi website lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Ahli di Daya.id.

Daya.id memberikan informasi lengkap terkait bisnis, usaha, bahkan kesehatan bisa Anda peroleh dengan mudah, karena bisa diakses secara gratis dengan hanya mendaftar di Daya.id. Yuk, kunjungi Daya.id dan temukan beragam manfaat lainnya!

Sumber:

Indotrading.com dan Berbagai Sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS