Dirilis

19 Desember 2021

Penulis

Rhein Mahatma

TikTok merupakan aplikasi yang menyajikan konten video berdurasi singkat yang digemari para pengguna media sosial saat ini. TikTok memberikan kesempatan kepada seluruh penggunanya untuk menjadi content creator sehingga tidak sedikit dari para penggunanya berkreasi menciptakan konten-konten video yang menarik dan menjadi hiburan yang menyenangkan.

Advertiser atau pengiklan juga mulai tertarik untuk memasang iklan di TikTok karena TikTok memiliki banyak jenis iklan dan fitur yang bisa mendatangkan engagement dari pengguna TikTok untuk para brand yang beriklan di dalamnya.

Pada artikel ini Anda akan mengetahui bagaimana langkah-langkah cara beriklan di TikTok untuk mempromosikan produk dari bisnis Anda. Simak penjelasan langkah-langkahnya di bawah ini, ya!


 

Langkah-langkah Cara Beriklan di TikTok

Terdapat tiga tahap utama ketika Anda akan memasangkan iklan di TikTok yaitu Campaign Setting, Ad Group, dan Ad. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai langkah-langkah cara beriklan di TikTok.

 

Pertama: masuk ke dashboard iklan TikTok

Cara masuk ke dashboard iklan TikTok adalah buka URL ads.TikTok.com, lalu melakukan login.
Ketika Anda akan memasang iklan TikTok, Anda perlu melalui 3 tahap, antara lain:
  • Tahap Campaign Setting atau pengaturan kampanye, tempat Anda memasang setting awal dan memilih tujuan kampanye.
  • Tahap Ad Group, tempat Anda menentukan target iklan yang akan dipasang.
  • Tahap Ad, tempat Anda mengisi teks, gambar, atau video yang akan dipromosikan di TikTok.

Kedua: Campaign setting awal & advertising objective



Di sini Anda akan diminta memilih tujuan dari aktivitas periklanan Anda. Apakah itu website conversion, website traffic, App install atau lead generation

Jika Anda memilih custom mode, Anda akan mendapatkan pilihan tujuan iklan yang lebih banyak.


 

Ketiga: Ad Group

Pada bagian Ad Group Anda mengatur dan menentukan target audiens yang akan menikmati konten iklan Anda yang dipasang di TikTok. 
  • Nama Ad Group
  • Menentukan placement, tempat di mana iklan Anda akan muncul.
  • Targeting (menentukan demografi, interest & behavior, dan device yang Anda targetkan).
  • Menentukan budget dan metode bid. Saat artikel ini ditulis, budget per hari minimum yang diharuskan adalah sebesar Rp200.000, berbeda dengan biaya iklan di Facebook atau Instagram yang mengharuskan budget minimum sebesar 1 USD (14 ribu-an).

Berikut tampilan pada langkah pengisian ad group name, placement, dan targeting.


Berikut tampilan saat menentukan budget dan bid.

Keempat: Ad (menggunggah teks/gambar/video yang akan diiklankan)

Setelah Anda mengisi keseluruhan setting ad group, berikutnya Anda akan berada di tahap akhir, yaitu di tahap Ad atau tahap mengisi konten iklan yang akan diiklankan di TikTok. Di menu ini Anda bisa menggunakan video yang pernah Anda unggah sebelumnya di TikTok, atau mengunggah video atau gambar baru. Berikut tampilan Ad, tahapan terakhir dalam tahap pemasangan iklan di TikTok.


Itu dia cara bagaimana langkah-langkah cara beriklan di TikTok. Untuk Anda yang berencana memasang iklan di TikTok, Anda membutuhkan lebih banyak persiapan sebelum memasangkan iklan, kenapa? Karena budget iklan di TikTok merogoh kocek lebih dalam daripada beriklan di platform media sosial lainnya. 

Jadi, untuk menghasilkan hasil iklan yang maksimal, persiapkanlah strategi pemasaran iklan yang matang sebelum masuk ke dalam tahap-tahap memasang iklan di TikTok yang sudah dijelaskan di atas.

Jika Anda masih bingung dalam pembuatan konten iklan yang kreatif, jangan khawatir! TikTok memiliki fitur yang bisa membantu Anda membuat materi atau konten iklan yang kreatif dan menarik, baca penjelasan selengkapnya di artikel Mau Bikin Konten Tiktok yang Menarik Untuk Promosikan Bisnis? Yuk Kenali Fitur Creative Center Tiktok. 

Baca juga: Evaluasi Social Media Marketing untuk Pemasaran yang Lebih Baik

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

M yusuf hutasuhut

19 Desember 2021

👍👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS