Dirilis

20 Pebruari 2022

Penulis

Arras Amirah

Sebagai pebisnis pemula, sebagian Anda kemungkinan masih bingung, mana yang lebih efektif untuk menjual produk, social media atau e-commerce? Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan Anda.  

 

Ada banyak cara mempromosikan produk serta brand Anda, agar dikenal banyak orang, yaitu secara offline maupun online.  

 

Secara offline, Anda bisa membuat katalog produk, brosur, spanduk, banner, atau baliho. Namun seiring perkembangan era digital di Indonesia, banyak pebisnis yang mulai beralih untuk memulai memasarkan produknya dengan cara online. 

 

Negara Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna aktif internet terbesar di Asia Tenggara. Di awal tahun 2021, lebih dari 212 juta penduduk Indonesia dapat mengakses internet untuk mencari segala macam kebutuhan hidup mereka. Baik itu bekerja, mencari informasi, menyapa teman-teman, bahkan untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa mempromosikan produk Anda secara online dapat menjadi salah satu peluang bagus agar brand serta produk Anda dikenal oleh masyarakat luas.  

 

Ada berbagai macam jenis social media yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia, antara lain ada YouTube, Instagram, Facebook, Twitter, Line, atau WhatsApp. Social media ini banyak dimanfaatkan baik itu untuk pebisnis UMKM maupun perusahaan besar untuk mempromosikan produk yang mereka punya. Berbeda dengan social media yang memiliki fungsi untuk menghubungkan setiap orang di dunia maya, para pebisnis juga mulai meramaikan e-commerce atau toko online untuk menjual produk yang mereka punya.  

 

Walau sekilas hampir mirip, namun perlu Anda catat bahwa social media dan e-commerce adalah dua hal yang berbeda. Sebagai seorang pebisnis, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja keunggulan dari masing-masing media online ini agar merencanakan strategi pemasaran yang baik. Simak penjelasan singkat di bawah ini. 


 

Keunggulan Social Media 


Selain untuk pemasaran, social media juga dapat Anda manfaatkan sebagai toko online untuk produk Anda. Kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan social media untuk mempromosikan produk Anda adalah sebagai berikut: 

 

 

1. Tidak memerlukan biaya atau gratis 

Anda dapat menggunakan social media secara gratis tanpa perlu mengeluarkan modal besar. Anda cukup membuat akun serta memposting beragam konten menarik agar calon pelanggan mengetahui brand serta produk yang Anda punya. Dengan rutin memposting konten, Anda dapat meningkatkan brand awareness serta minat calon pelanggan dengan terhadap produk yang Anda punya.  

 

Tapi, Anda juga bisa memanfaatkan fitur iklan berbayar untuk meningkatkan performa konten Anda. 

 

 

2. Mendekatkan brand dengan calon pelanggan 

Semakin banyak followers atau pengikut di social media Anda, maka semakin besar kemungkinan calon pelanggan mengetahui produk Anda. Dengan rutin membalas komentar di kolom postingan Anda, secara tidak langsung Anda menjalin kedekatan serta membangun rasa kepercayaan calon pelanggan tersebut. 
 

 

3. Menghapus jarak satu sama lain 

Social media dapat menghapus batas antara Anda dengan calon pelanggan yang jauh dari lokasi Anda. Jangkauan calon pelanggan Anda tidak lagi hanya sebatas teman sekolah maupun lingkungan rumah, Anda bahkan dapat menjangkau calon pelanggan yang berada di lain kota dengan social media ini. 


 

Keunggulan E-commerce  

Jika Anda pebisnis yang tidak memiliki modal yang banyak, maka e-commerce atau toko online bisa menjadi pertimbangan Anda. Keunggulan dari e-commerce yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai berikut: 

 

 

1. Memiliki target market yang lebih luas 

Jika sebelumnya Anda hanya bisa berjualan serta mempromosikan barang di lingkungan sekitar, maka dengan adanya e-commerce ini Anda bahkan bisa mendapatkan pelanggan dari luar kota atau bahkan luar negeri. Calon pelanggan yang Anda dapatkan bisa dari mana saja tak terbatas oleh wilayah lagi. 
 

 

2. Tidak memerlukan toko fisik 

Untuk menyewa sebuah toko atau ruko, tentu memerlukan modal yang cukup banyak. Namun jika Anda mulai memasarkan produk Anda melalui e-commerce terlebih dahulu, maka Anda tidak perlu menyewa tempat usaha. Anda hanya perlu ruangan kosong dirumah yang bisa menjadi tempat untuk packing produk Anda nantinya. 
 

 

3. Cepat berkembang  

Secara tidak langsung Anda dapat menghemat banyak biaya jika menggunakan e-commerce ini. Biaya seperti sewa tempat usaha dan print selembarang brosur bisa Anda potong dan alihkan untuk kepentingan usaha Anda.  


 

Ide Produk Jualan 

Setelah Anda mengetahui apa saja keunggulan dari penggunaan social media serta e-commerce untuk bisnis Anda, selanjutnya adalah rekomendasi produk seperti apa yang dapat Anda jual. Umumnya jika Anda telah memiliki produk sendiri, Anda cukup mempromosikan produk Anda sendiri. Namun jika Anda belum tahu ingin memulai bisnis produk seperti apa, berikut beberapa rekomendasi produk yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda. 

 

 

1. Produk kecantikan 

Terdapat banyak sekali jenis produk kecantikan seperti skincare, makeup, bath & body, maupun accessories yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih beberapa produk terlebih dahulu yang harganya tidak terlalu mahal agar dapat bersaing dengan penjual lainnya. Namun perlu di garis bawahi, bahwa memilih produk kecantikan yang hendak dijual tidak boleh sembarangan. Pastikan produk tersebut memilki izin resmi serta nomor BPOM agar Anda tidak dilaporkan menjual produk berbahaya.  
 

 

2. Produk kesehatan 

Di era pandemi sekarang, menjual produk kesehatan bisa menjadi salah satu ide yang cemerlang. Anda dapat menjual produk seperti vitamin maupun obat tradisional yang dapat meningkatkan imun tubuh. Selain itu produk seperti hand sanitizer, disinfektan, maupun face shield banyak dicari oleh orang yang perlu beraktivitas diluar rumah. Dengan menjual produk kesehatan ini, tentunya memiliki peluang bagus untuk laris di pasaran.  
 

 

3. Produk perlengkapan kebutuhan rumah tangga 

Anda dapat menjual kebutuhan perlengkapan rumah tangga melalui online loh! Banyak pelanggan yang lebih milih membeli kebutuhan rumah tangga melalui online karena produk yang tersedia biasanya lebih bervariasi dibandingkan toko offline. Jangan lupa untuk mencari supplier tangan pertama agar Anda dapat memasarkan produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan kompetitor lainnya.  


 

Itu dia penjelasan singkat tentang apa saja keunggulan dari social media, e-commerce, serta inspirasi ide produk yang dapat Anda pertimbangkan untuk keperluan bisnis Anda.  Anda bahkan bisa memanfaatkan social media serta e-commerce secara bersamaan untuk meningkatkan penjualan terhadap produk yang Anda punya jika Anda telah menguasai kedua hal tersebut. Selamat mencoba! 

 

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan peluang usaha, silahkan mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lainnya. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli.  

Sumber:

Berbagai Sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Serise Yan Royaperdana

17 Januari 2024

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS