Dirilis

09 Desember 2022

Penulis

Muhammad Elham Al Haq

Caption adalah teks yang menemani foto atau gambar yang Anda muat di media sosial. Caption bisa berupa teks sederhana, hashtag, mention ke akun lain, dan emoji. Jika Anda menulisnya dengan baik, caption bisa menjadi kunci untuk meningkatkan engagement ke postingan Anda.

Pertanyaannya, bagaimana tips menulis caption di media sosial?

Baca Juga: Tips Menentukan Target Pasar di Media Sosial

 

Menulis Caption di Media Sosial


Sebagai pelaku usaha, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai salah satu sarana promosi online. Dengan promosi yang baik, Anda berpeluang meraup berbagai keuntungan. Karena melalui media sosial, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Nah, dalam menjalankan promosi di media sosial, Anda sebaiknya memuat caption yang bisa mendukung gambar atau video yang Anda terbitkan.

Secara sekilas, membuat caption memang cukup mudah, karena Anda hanya menuliskan teks deskripsi seperti pada selembar kertas. Namun pertanyaannya, apakah audiens tertarik untuk membaca caption panjang lebar Anda? Bagaimana cara efektif memperkenalkan produk Anda dengan caption? Simak beberapa poin berikut.

 

1.    Bubuhkan kalimat yang mendorong interaksi percakapan

Rangkailah kalimat dalam caption yang membuat audiens tertarik untuk berinteraksi dengan Anda sebagai brand, atau dengan pengikut Anda. Anda akan merasa lebih senang ketika diperhatikan, bukan?

Contoh: Anda membuat caption tentang bagaimana Anda menyukai sebuah film. Caption seperti ini tidak memancing interaksi. Cobalah tambahkan pertanyaan kepada audiens tentang kesukaan film mereka. Audiens yang membaca pertanyaan tersebut cenderung ikut memberikan pendapatnya, sehingga kurang lebih caption akan menjadi seperti berikut:

“Film ini jadi salah satu film favorit saya yang membuat saya ingin menontonnya berulang kali, kalau film favoritmu apa? Tulis di kolom komentar, ya.”

Perlu diingat bahwa pertanyaan terbuka seperti contoh di atas memicu lebih banyak pendapat daripada pertanyaan terbatas seperti pilihan jawaban “Ya” atau “Tidak”.

 

2.    Sertakan ajakan bertindak/ Call to Action (CTA)

Menyisipkan kalimat call to action (CTA) dapat menjadi cara yang ampuh untuk membuat caption media sosial Anda menjadi lebih menarik dan mengundang audiens untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan. CTA biasanya berupa kalimat perintah seperti “Daftar sekarang!”, “Beli sekarang!”, atau “Gabung bersama kami!”.

Pesan yang Anda berikan kepada audiens harus jelas dan mudah dipahami. Tambahkan link atau pertimbangkan untuk membuat postingan iklan berbayar yang akan menyertakan tombol ajakan untuk melakukan perbincangan secara tidak langsung. 

Contohnya, Anda dapat meminta audiens untuk mengunjungi website saat ada penawaran khusus seperti diskon produk.

Akan tetapi, CTA tidak selalu dibutuhkan pada caption. Terlalu sering meminta orang lain melakukan sesuatu dapat menurunkan minat audiens Anda. Anda perlu melakukan variasi konsep caption yang sesuai dengan konteks pada foto atau video yang Anda post.

 

3.    Tunjukkan personal branding

Ketika Anda membuat caption, sebisa mungkin hindari penggunaan kalimat yang terlalu kaku dan membosankan seperti kalimat dalam laporan ilmiah. Media sosial lebih mengedepankan seni dan cerita sehingga terdapat unsur kreatif, ekspresif, dan universal di dalamnya.

Setiap personal brand memiliki ciri khasnya masing-masing. Contoh tagline dari brand terkenal Nike adalah “Just Do It” atau Nokia dengan tagline Connection People”. Anda dapat menggunakan personal brand dengan membuat tagline yang menunjukkan ciri khas produk Anda sendiri pada caption untuk menarik audiens.

 

4.    Gunakan Hashtag dan Emoji dengan tepat

Fitur media sosial yang dapat Anda gunakan lagi dalam membuat caption adalah hashtag dan emoji. Menggunakan fitur-fitur ini dapat membuat caption Anda menjadi lebih “hidup”.

Hashtag atau tagar (tanda pagar) berfungsi sebagai penanda bahwa postingan berhubungan pada suatu topik. Ini memungkinkan post Anda menjangkau audiens yang lebih luas lagi sesuai hashtag yang Anda tulis.

Contohnya, ketika terdapat event piala dunia yang sedang berlangsung, orang-orang berbondong membuat post dengan hashtag #worldcup. Jika Anda juga ikut menambahkan #worldcup pada caption Anda, maka postingan Anda akan masuk ke dalam topik tersebut dan orang-orang yang tertarik dengan piala dunia akan melihat postingan tersebut.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa menyematkan hashtag yang kurang relevan dengan topik berpeluang mengundang pandangan negatif audiens karena isi post tidak sesuai dengan topik.
Emoji adalah piktograf wajah yang merepresentasikan ekspresi manusia seperti senang, sedih, tertawa, dan marah. Emoji ini melengkapi caption Anda menjadi lebih berkarakter dan memiliki emosi. Gunakan emoji seperlunya saja untuk menghindari penggunaan emoji yang berlebihan. Satu emoji dalam satu post lebih baik dibanding terlalu banyak emoji dalam satu post.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Media Sosial untuk Bisnis

Bagaimana, sudahkah Anda siap membuat caption sendiri dalam rangka memperkenalkan produk Anda? Selain membuat sendiri, Anda juga dapat bekerjasama dalam pembuatan caption dengan social media agency yang tepercaya.

Jika Anda pertanyaan lebih lanjut, silakan berkonsultasi di Tanya Ahli. Pastikan Anda sudah mendaftarkan diri Anda untuk dapat mengakses seluruh fitur di Daya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

17 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Tri Melisa Sari

10 Desember 2023

Mantap nih biar gk asal-asalan

Balas

. 0

Pratiwi suryaningtias

05 Desember 2023

Sipp

Balas

. 0

Serise Yan Royaperdana

13 November 2023

👍

Balas

. 0

Asril

02 Pebruari 2023

👍

Balas

. 0

Aditya Rosma Septa Murti

19 Januari 2023

Mantaps

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS