Dirilis

18 November 2022

Penulis

Yulinda Sari

Di era teknologi ini, sebagian pelaku usaha tidak hanya menjalankan bisnis secara offline tetapi sudah mulai memanfaatkan teknologi dan menjalankan bisnis secara online

Baca Juga: Pelanggan Adalah Raja? Ini Cara Lakukan Customer Analysis!

Namun dalam pemanfaatannya, sudah seharusnya pelaku usaha memiliki kemampuan dan pengetahuan terkait penggunaan medianya dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan memiliki perencanaan, ide promosi yang kreatif dan unik, serta penentuan target pasar yang jelas. 

Penentuan target pasar tentunya menjadi hal yang sangat krusial untuk dilakukan, baik dalam bisnis secara online maupun offline. Kenapa begitu penting untuk menentukan target pasar dalam bisnis?  

Sebelum membahas alasan kenapa penting mengetahui target pasar, tentunya Anda sebagai pelaku usaha harus mengetahui terlebih dahulu apa itu target pasar. 

Target pasar merupakan proses pengelompokkan pasar atau audiens berdasarkan beberapa kategori. Misalnya dikelompokkan berdasarkan usia, gender, minat, profesi, latar belakang, daerah dan sebagainya. Pengelompokkan ini dilakukan untuk memudahkan dalam penentuan target pasar ketika berbisnis. Lalu apa sih yang menjadi keuntungannya ketika bisa menentukan target pasar?

Tenang dalam artikel ini akan dibahas apa saja yang menjadi keuntungannya dan bagaimana cara penentuannya. 

 

Keuntungan Memiliki Target Pasar

Berikut keuntungan yang didapatkan ketika Anda bisa menentukan target pasar dengan baik, apalagi jika bisnis dijalankan secara online:

  1. Memiliki strategi marketing yang lebih terarah dan sesuai dengan karakteristik calon konsumen potensial. 
  2. Memenuhi kebutuhan konsumen dan menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan maupun minat konsumen hingga dalam penentuan harga produk dan layanan sehingga mampu menimbulkan royalitas yang tinggi
  3. Menghemat biaya promosi karena sudah memiliki strategi promosi iklan yang sesuai dengan konsumen yang diinginkan.
  4. Memahami brand voice yang sesuai dengan kepribadian bisnis yang ingin ditampilkan khususnya di media sosial.
  5. Memudahkan untuk meningkatkan penjualan sesuai target.


Itulah beberapa keuntungan yang didapatkan ketika mampu menentukan target pasar dengan tepat. Lantas bagaimana jika tidak bisa menentukan target pasar dengan tepat? Tentunya bisnis tidak akan bertahan lama di pasaran karena akan sulit mendapatkan pelanggan yang akhirnya penjualannya pun akan sulit dilakukan. 

Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha untuk menentukan target pasar, khususnya bagi pelaku usaha yang menjalankan bisnisnya secara online, perlu juga mempertimbangkan platform online yang digunakan agar mencapai target pasar dengan tepat.

 

Cara Menentukan Target Pasar

Nah, selanjutnya, bagaimana cara menentukan target pasar? Adapun cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

 

1.    Kenali target pasar Anda

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengenali target pasar yang ingin dituju. Misalnya, Anda bisa memfokuskan hanya ke beberapa bagian, seperti hanya fokus pada gender yang sama, atau membedakan konsumen pria dan wanita, hanya fokus pada usia tertentu atau produk/layanan Anda bisa digunakan untuk semua kalangan, fokus pada jumlah pendapatan konsumen, atau produk/layanan Anda untuk konsumen yang memiliki pendapatan berlebih atau pendapatan yang terbatas, dan sebagainya. 

Selain itu, Anda juga harus mampu mengenali masalah yang sedang dihadapi konsumen sehingga Anda bisa menawarkan bantuan dengan produk/layanan yang dimiliki. Setelah mengenali target pasar Anda akan bisa membuat konten marketing sesuai dengan branding yang ingin ditampilkan di depan konsumen atau media sosial Anda. 

 

2.    Perhatikan platform media sosial yang digunakan konsumen

Setelah mengenail target pasar yang perlu diperhatikan adalah platform media sosial yang sering digunakan oleh konsumen Anda. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda dalam melakukan promosi di media sosial. 

Jika konsumen Anda lebih banyak menggunakan media sosial seperti TikTok dan Instagram, Anda bisa melakukan promosi produk atau layanan Anda dengan membuat video pendek dan foto-foto menarik.  

Berikut merupakan tools dan website yang bisa Anda gunakan untuk menentukan platform media sosial yang tepat:
 

  1. Hootsuite Insight: Layanan dari website social media manager Hootsuite untuk mendapatkan informasi yang relevan mengenai brand dan produk serta hastag yang bisa digunakan untuk memperluas jaringan konten media sosial.
  2. Keyhole.co: layanan dari website yang digunakan untuk menganalisis tagar yang memiliki performa terbaik serta media sosial yang cocok bagi target konsumen Anda.
  3. Google analytic: layanan dari google yang digunakan untuk menganalisis konten media sosial yang memiliki performa terbaik dan dapat membuat lebih banyak pengunjung ke website Anda.


 

3.    Gunakan metode social media listening

Ketika berbisnis secara online tentunya selalu dituntut untuk memberikan konten yang tepat agar bisa menarik calon konsumen. Hal ini merupakan salah satu kesulitan yang banyak dialami konten kreator media sosial. Namun, tidak perlu khawatir, karena kesulitan ini bisa diatasi dengan menggunakan metode social media listening, yaitu dengan memantau kata kunci utama dan tagar yang lagi tren dibahas oleh brand, industri, dan konsumen Anda, meskipun produk atau brand Anda tidak disebutkan dalam pembahasan tersebut. 

Metode social media listening selain bisa mengetahui apa yang lagi tren, metode ini juga digunakan untuk menganalisis audiens secara mendalam dengan bekal mengetahui topik yang lagi tren, sehingga Anda dapat mengunggah konten yang sesuai untuk menjangkau konsumen lebih luas.

 

4.    Memahami kebutuhan dan keinginan target pasar

Seorang pelaku usaha sudah seharusnya memberikan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dengan begitu, produk atau layanan akan laris manis di pasaran. Selain itu, produk atau layanan yang dipromosikan secara online harus disampaikan dengan konten yang mudah dipahami dan  sesuai dengan keinginan konsumen. Dalam hal ini anda bisa menawarkan produk atau layanan dengan mengunggah terkait kelebihan dan manfaat yang diperoleh ketika menggunakan produk atau layanan Anda.

 

5.    Menganalisis kinerja kompetitor

Setelah mengetahui target pasar yang sesuai, selanjutnya Anda bisa melakukan analisis terhadap kinerja kompertitor Anda. Hal ini digunakan untuk memberikan semangat untuk terus melakukan peningkatan kualitas terhadap produk atau layanan Anda. Analisis yang bisa dilakukan adalah dengan melihat bentuk pendekatan atau daya tarik yang digunakan kompetitor Anda ketika menggaet konsumen. Anda bisa melihat media sosialnya, tagar yang mereka gunakan dan bagaimana cara mereka merespon komplain konsumennya.


Itulah beberapa cara menentukan target pasar di media sosial dan keuntungannya. 

Baca Juga: 7 Kesalahan Strategi Media Sosial yang Harus Dihindari

Jika Anda butuh penjelasan lebih lanjut, silakan bertanya di Tanya Ahli. Silakan daftarkan dulu diri Anda untuk akses gratis ke seluruh fitur Daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

11 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Asril

23 November 2022

Mantap ๐Ÿ‘

Balas

. 0

TA Herly Marwanto

21 November 2022

Ya cukup jelas

Balas

. 0

Fando hari susetyo

21 November 2022

๐Ÿ‘

Balas

. 0

Ferri kurniawan

21 November 2022

๐Ÿ‘

Balas

. 0

M Ridwan Faza

21 November 2022

Josss ๐Ÿ‘

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS