20 Agustus 2022
Dirilis
Penulis
Lidia Faiza Jasmine
Anda pasti sering mendengar kalimat ‘pelanggan adalah raja’ bukan? Kenyataannya, pelanggan menjadi elemen penting dalam keberlanjutan sebuah bisnis. Itulah mengapa kalimat tersebut begitu popular di kalangan masyarakat Indonesia.
Sebuah bisnis hadir untuk menjawab keperluan masyarakat baik dalam bentuk produk maupun jasa. Oleh karena itulah, suatu bisnis tidak akan berarti jika bukan karena pelanggannya. Bisa dikatakan, bahwa pelanggan merupakan faktor sukses dari sebuah bisnis.
Nah, karena suatu bisnis hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Anda sebagai pemilik usaha tentu harus memahami masalah ataupun kebutuhan pelanggan agar Anda dapat menciptakan proses bisnis yang sukses.
Analisis pelanggan atau customer analysis merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan sebagai pelaku usaha, agar bisnis Anda bisa terus berkembang.
Apa Itu Customer Analysis?
Melansir dari Inmarketing, analisis pelanggan atau customer analysis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh produsen untuk mengidentifikasi target market menggunakan data-data tertentu untuk memahami para pelanggan.
Customer analysis dilakukan untuk memahami pelanggan lebih baik. Hal ini dapat berdampak pada pengambilan keputusan yang dilakukan oleh perusahaan terhadap pelanggan, agar menciptakan rencana pemasaran yang sukses.
Dengan melakukan customer analysis tentu dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya baik dari segi produk maupun pelayanan yang akan diberikan. Hal ini nantinya juga dapat berdampak pada peningkatan penjualan yang lebih baik.
Apa Saja Manfaat Customer Analysis?
Telah kita ketahui bahwa analisis pelanggan merupakan proses penting dalam sebuah bisnis. Ada banyak manfaat dalam melakukan customer analysis untuk akhirnya bisa mewujudkan hasil penjualan bisnis yang baik. Apa saja sih manfaat dari customer analysis? Yuk simak penjelasan berikut!
1. Membantu Menentukan Target Pasar yang Tepat Sasaran
Dengan melakukan customer analysis, Anda dapat mendapatkan informasi tentang apa yang akan berhasil untuk bisnis Anda. Dengan memiliki data pelanggan, Anda dapat dengan mudah menentukan target pasar yang tepat untuk strategi marketing Anda nantinya.
2. Membantu untuk Memprediksi Lebih Baik
Customer analysis dapat memperlihatkan Anda perilaku pembelian customer, misalnya status, lokasi, jenis kelamin, dan lainnya. Dari informasi inilah, Anda bisa memprediksi keputusan yang efektif untuk strategi pemasaraan Anda.
3. Membantu Mempertahankan Customer
Customer analysis dapat membantu Anda memahami permasalahan yang dihadapi pelanggan, apa yang mereka minati, serta informasi lainnya. Hal ini akan meningkatkan angka retensi pelanggan Anda, dengan melakukan komunikasi yang tepat sesuai segmentasi pelanggan tertentu.
Langkah-Langkah Melakukan Customer Analysis
Setelah mengetahui berbagai manfaat dari customer analysis, apakah Anda ingin mengetahui bagaimana cara melakukan customer analysis yang baik? Berikut langkah-langkah dalam melakukan analisis pelanggan.
1. Buat Database dan Segmentasi Pasar
Hal yang dapat Anda lakukan pertama kali adalah mengumpulkan semua data pelanggan yang sudah ada selama ini dalam sebuah database. Hal tersebut dapat membantu Anda dalam memahami karakteristik pelanggan, dan memudahkan Anda dalam membuat keputusan nantinya.
Data-data tersebut dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian atau segmentasi, seperti jenis kelamin, usia, lokasi, pendapatan, frekuensi pembelian, dan lainnya. Dengan mengelompokan customer ke dalam beberapa segmentasi, akan mempermudah Anda dalam melakukan strategi marketing pada suatu kelompok yang terfokus. Hal ini juga akan lebih efektif dan efisien dalam sistem penjualan.
2. Identifikasi Segmentasi dan Pelanggan Potensial
Selanjutnya, Anda juga perlu melakukan segmentasi pasar terhadap customer potensial. Konsumen tersebut tentunya merupakan calon pelanggan yang paling mungkin tertarik dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan.
Anda dapat mengidentifikasi pelanggan potensial dengan pola perilaku konsumen tertentu. Misalnya dengan menggaet pelanggan potensial yang sering mencari produk atau jasa yang sejenis.
3. Bangun Komunikasi dengan Pelanggan
Komunikasi merupakan suatu hal yang penting dalam berbisnis. Untuk itu, Anda perlu membangun komunikasi yang erat terhadap pelanggan Anda baik itu pelanggan setia maupun pelanggan baru. Dengan ini, pelanggan akan merasa dilibatkan dalam perkembangan produk Anda. Komunikasi juga bisa berdampak pada lahirnya pelanggan yang loyal juga pelanggan baru.
Komunikasi juga berarti mengumpulkan masukan dari para pelanggan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengembangkan produk atau jasa yang Anda tawarkan untuk menjadi lebih baik. Anda dapat melakukannya langsung secara tatap muka dengan pelanggan, maupun melakukan survei .
Nah, itu tadi beberapa langkah dalam melakukan customer analysis. Intinya, Anda perlu untuk mengidentifikasi customer yang telah Anda miliki maupun customer potensial, mengetahui kebutuhan masing-masing segmentasi yang sudah diciptakan, kemudian menjawab kebutuhan pelanggan sesuai dengan permasalahannya.
Memang benar bahwa ‘pelanggan adalah raja’. Oleh karena itu, Anda perlu memahami kebutuhan dan masalah pelanggan Anda salah satunya dengan cara melakukan customer analysis. Dengan mengedepankan pelanggan, tentunya bisnis Anda akan bisa berkembang dan terus maju.
Baca juga: Agar Bisnis Tidak Sia-Sia, Ketahui Cusomer Persona Anda
Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait bagaimana mengembangkan usaha Anda, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!
Sumber:
Berbagai sumber
Berikan Komentar
Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Lisnawati Murni Panjaitan
25 June 2023
Mantul
Balas
.0
RISA
31 May 2023
Mantap sekali. Terimakasih
Balas
.0
Januarini Nursandi
25 May 2023
Bagus
Balas
.0
KISMANTO
09 November 2022
?
Balas
.0