Dirilis

18 Maret 2019

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Dalam dunia bisnis, persaingan ketat adalah salah satu hal yang tidak bisa dihindarkan. Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk selalu berinovasi dari hari ke hari. Selain berinovasi dalam ranah produk, cara lain untuk memenangkan sebuah persaingan sehat adalah bagaimana perusahaan memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya. Maka dari itu customer service memegang peranan penting. Lantas, bagaimana membangun customer service perusahaan yang kuat? Berikut beberapa tipsnya.

Buat Standar Baku dalam Melayani Konsumen
Agar konsumen terlayani dengan baik, perusahaan harus memiliki standar baku mengenai customer service. Setelah standar baku ini dirumuskan dan dibuat, maka perusahaan wajib menjalankannya secara konsisten. Hal tersebut untuk memberikan kesan kepada konsumen bahwa perusahaan Anda merupakan perusahaan yang profesional dan service oriented.

Apabila terjadi permasalahan di kemudian hari, sebagai jajaran direksi perusahaan yang turut merumuskan standar maka harus mengevaluasinya. Evaluasi ini harus dengan bahan pertimbangan yang matang dan mempelajari dimana letak kelemahannya.
Sehingga di kemudian hari hal tersebut tidak terjadi lagi.

Bangun Kedekatan dengan Membentuk Komunitas
Ingat, konsumen adalah aset terbesar dalam sebuah perusahaan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengumpulkan mereka dalam sebuah wadah komunitas misalnya. Langkah ini akan memberikan dampak positif bagi kemajuan perusahaan dan membuat perusahaan dekat dengan konsumen.

Beberapa manfaat dalam membentuk komunitas konsumen antara lain berkomunikasi langsung dengan mereka dalam sebuah acara tertentu. Selain itu, juga dapat dengan mudah memberikan edukasi pada konsumen terkait sebuah produk baru. Dengan demikian, semakin mudah pula meningkatkan awareness kepada konsumen. Sehingga, diharapkan nantinya mereka akan lebih loyal terhadap brand Anda.

Gunakan Media Sosial
Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi membuat arus komunikasi dan informasi menjadi cepat tersampaikan. Ditambah lagi saat ini banyak bermunculan media sosial baru yang bisa membuat setiap orang terkoneksi dengan baik satu sama lain kapan saja dan dimana saja. Fenomena ini jelas berdampak pada keberadaan sebuah customer service dalam sebuah perusahaan.

Jika dulu customer service hanya mengandalkan komunikasi satu arah seperti jalur telepon saja, kini semakin banyak pilihan yang bisa digunakan seperti surel atau e-mail, hingga media sosial. Media sosial menjadi sebuah potensi mendekatkan diri kepada konsumen. Mengingat hampir semua orang memilikinya. Sehingga kesempatan untuk menjawab pertanyaan dan membangun interaksi antara perusahaan dengan konsumen dapat berjalan dengan baik apabila menggunakan platform media sosial.

Berikan Pelayanan Prima
Memberikan pelayanan yang prima adalah salah satu hal yang sangat penting bagi customer service perusahaan. Konsumen selalu ingin dimanjakan kapan saja dan mereka ingin permasalahan dan keluhan dapat diatasi secara cepat dan tepat. Sehingga, mereka dapat merasakan ketenangan tanpa memikirkan masalah terkait kepuasan secara terus menerus.

Menghadapi masalah tersebut, memang perusahaan dituntut untuk prima. Cara memberikan pelayanan yang prima adalah dengan menerapkan pelayanan terpadu 24/7. Ini berarti customer service perusahaan harus siap sedia menghadapi segala keluhan konsumen dalam waktu 24 jam dalam tujuh hari.

Berkolaborasi Menggunakan Teknologi Terkini
Dalam memberikan pelayanan yang prima seperti disebutkan di atas, Anda tidak bisa berjalan sendirian. Oleh karena itulah, diperlukan kolaborasi dan inovasi dengan menggunakan teknologi yang menunjang kinerja customer service. Diantaranya adalah dengan menggunakan program chatbot. Program ini sudah banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar untuk meningkatkan pelayanan pada para konsumennya.

Sebenarnya, chatbot merupakan program yang dirancang untuk menerima perpesanan secara otomatis di saat yang bersamaan baik secara audio maupun teks. Cara kerjanya adalah dengan memasukkan beberapa kata kunci ke dalam program dan program tersebut akan mengolahnya. Sebenarnya, chatbot mirip dengan SMS dan perpesanan media sosial di Facebook dan Twitter. Hal ini akan membuat kinerja customer service jadi lebih efektif dan bisa menghemat waktu karena bisa menjawab keluhan dengan cepat.

Bagaimana, cukup mudah bukan caranya? Sudah siapkah menerapkannya pada perusahaan yang Anda rintis?

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Arrino Fatra

16 Juni 2023

Mantap

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS