Dirilis

20 Juni 2022

Penulis

Arief Akbar

Sebagai seorang pengusaha, Anda harus mempersiapkan segala kemungkinan, baik itu hal baik maupun hal buruk. Contoh hal buruk yang harus Anda antisipasi adalah keamanan toko Anda, di mana bisa saja terjadi pencurian di toko tempat Anda berbisnis atau berusaha.

Baca Juga: 7 Cara Aman Belanja Online

Apapun itu keadaannya, barang yang hilang karena diambil atau dicuri adalah pengalaman buruk yang harus diantisipasi, agar tidak terjadi dan tidak  menimbulkan kerugian, bukan? Terlebih bagi para pemilik toko offline atau tok fisik, risiko pencurian akibat keamanan toko yang kurang memadai memang mungkin tidak dapat dihindari.

 

5 Tips Ampuh Menjaga Keamanan Toko 

Tetapi bukan berarti hal ini dibiarkan begitu saja, sebab Anda harus menemukan beberapa cara demi melindungi toko Anda dari bahaya yang mengerikan. Lalu, apa saja tips menjaga keamanan toko Anda? Mari simak ulasan berikut yang sudah kami rangkum untuk Anda!

 

1.Gunakan Alat Keamanan Pendukung


Dengan menggunakan teknologi, alat keamanan pendukung bisa jadi solusi tepat untuk mengontrol aktivitas di toko offline Anda, dan membuat tempat tersebut jadi lebih lebih aman bagi semua orang. Namun, jika Anda terkendala oleh budget, Anda bisa memanfaatkan alat pendukung lain, seperti memasang cermin di beberapa sisi yang ada di toko offline tersebut. 

Tak hanya dengan penggunaan cermin, bisnis toko Anda yang mungkin lebih besar dan luas mungkin membutuhkan alat pengamanan yang lebih canggih, contohnya penggunaan kamera CCTV atau bahkan jasa pengamanan khusus oleh satpam. Dengan begitu, Anda jadi lebih tahu dengan jelas daerah dan produk mana yang rawan dan perlu mendapatkan perlindungan lebih. 

 

2. Perhatikan Posisi Tampilan Produk

Penempatan serta posisi produk jualan Anda sangat berpengaruh dalam menjaga keamanan toko dari aksi pencurian. Hindari penempatan produk atau barang di area pojok yang sulit terpantau oleh karyawan atau penjaga toko offline Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memisahkan produk dengan nilai yang lebih mahal dan menempatkannya di dekat area kasir agar jadi lebih mudah terjangkau dan terpantau oleh karyawan yang sedang bertugas. 

Anda juga harus memperhatikan penempatan produk yang ukurannya lebih kecil. Perhatikanlah penempatan barang yang Anda jual apabila dalam bentuk kecil dengan memberikan lemari khusus yang memiliki pengamanan tersendiri guna memastikan keamanan barang tersebut. 

Baca Juga: 7 Jurus Hindar Penipuan Saat Berbelanja Online

 

3. Berdayakan Karyawan Anda

Karyawan atau pegawai adalah garda pengaman pertama yang bisa Anda siapkan untuk mencegah pencurian, selain sebagai orang yang bertugas dan selalu ada di toko offline Anda. Oleh karena itu, berikanlah pelatihan tersendiri bagi karyawan toko Anda dalam hal memantau dan mencegah aksi pencurian di toko offline

Hal buruk lainnya yang bisa saja terjadi dan harus Anda persiapkan adalah adanya aksi pencurian yang dilakukan oleh karyawan yang tidak jujur. Untuk mencegah ini, pastikan Anda mempekerjakan karyawan jujur dan bertanggung jawab demi mencegah hal buruk ini terjadi. Anda juga bisa menanamkan saling percaya dan keakraban Anda dengan karyawan Anda.

 

4. Membuat Peraturan yang Tegas

Selain membuat toko offline Anda lebih aman, memberlakukan peraturan tegas terhadap aksi pencurian juga dapat memberikan efek jera pada sang pencuri agar tidak mengulangi aksinya lagi di toko Anda maupun di tempat lain.

Hal ini juga dapat diaplikasikan pada tim internal, yaitu karyawan yang bertugas di toko offline Anda. Anda bisa memberikan sanksi dan hukuman sesuai dengan kesalahan yang dilakukan guna memastikan kesalahan yang sama tidak terjadi di kemudian hari.

 

5. Kontrol Stok Secara Berkala


Selain untuk mengetahui kondisi aktual produk atau barang yang ada di toko offline atau gudang Anda, Anda juga perlu melakukan kontrol stok secara berkala guna mengetahui berapa jumlah stok yang masih ada dan yang sudah keluar.

Jika ada selisih yang mencurigakan, Anda bisa langsung melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab produk tersebut selisih dari data. Tak hanya mengontrol stok, Anda juga dapat melakukan penyesuaian stok apabila terjadi selisih antara data di sistem dan data aktual dengan karyawan maupun orang yang berada di gudang. 

Baca Juga: Tips Mengelola Inventory Bisnis Selama Pandemi, Pengusaha Ritel Harus Tahu

Itulah beberapa tips menjaga kemanan toko, terlebih bagi Anda yang punya bisnis toko offline. Tugas utama Anda sebagai pemilik toko adalah membuat toko aman dan nyaman untuk dikunjungi. Karena itu, perlindungan lebih juga wajib Anda miliki agar toko Anda terhindar dari risiko buruk yang bisa datang dari mana saja dan kapan saja, termasuk dari karyawan sendiri. 

Jika Anda butuh tambahan wawasan lainnya perihal keamanan toko dan bisnis Anda, jangan ragu untuk mendaftar di Daya.id dan gunakan fitur Tanya Ahli untuk bertanya dan berkonsultasi dengan pakarnya secara langsung, gratis!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS