Dirilis

16 April 2022

Penulis

Arras Amirah

Peluang dari bisnis fashion saat ini terbilang cukup menjanjikan. Antara lain karena fashion merupakan kebutuhan pokok untuk seluruh masyarakat tidak terbatas oleh gender maupun umur. Sehingga bisnis fashion bisa dikatakan sebagai salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. 

Maka itu, jika Anda tertarik untuk memulai bisnis fashion wanita dan aksesoris remaja, maka bisnis ini merupakan pilihan yang tepat. Namun tentu saja, membangun suatu bisnis dari awal sangat sulit. Ibarat membangun rumah dari tanah, Anda perlu memikirkan semuanya dari berapa modal yang diperlukan, konsep bisnis seperti apa, dan juga strategi yang hendak Anda pakai seperti apa. 

 

Tips Memulai Bisnis Fashion

Bagi Anda yang tidak ingin repot memikirkan hal-hal tersebut, Anda bisa mencoba bisnis franchise atau kemitraan lho! Salah satu bisnis fashion wanita dan aksesoris remaja yang sudah ada di Indonesia adalah Rumah Warna. Akan tetapi jika Anda tetap ingin mencoba membuat bisnis fashion wanita dan aksesoris remaja sendiri, Anda bisa lho! Simak tips di bawah ini ya.

 

1.    Lakukan Riset Pasar Terlebih Dahulu


Anda perlu mengetahui terlebih dahulu barang seperti apa yang banyak dibeli oleh konsumen. Selain itu carilah kata kunci dari fashion wanita dan aksesoris remaja di internet dan marketplace agar Anda mendapatkan gambaran produk seperti apa yang kemungkinan besar dicari oleh calon konsumen. 

 

2.    Pilihlah Bahan yang Berkualitas


Agar konsumen Anda tidak kecewa, Anda perlu memperhatikan kualitas bahan dari produk yang akan Anda jual nanti. 

Sebagai contoh, jika Anda hendak menjual baju wanita, pilihlah bahan jenis bahan seperti katun yang nyaman di kulit dan juga menyerap keringat. Sehingga untuk pemakaian sehari-hari, calon konsumen cenderung mencari pakaian yang berbahan dasar katun. 

Sama hal dengan Anda menjual aksesoris remaja. Pilihan bahan sangat penting dan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli suatu barang. Salah satu bahan yang banyak dicari untuk aksesoris adalah yang tidak mudah berkarat dan juga luntur.

 

3.    Memperhatikan Apa yang Sedang Menjadi Trending

Calon konsumen cenderung menyukai suatu hal yang sedang ‘booming’ atau trending di sosial media. 

Sebagai contoh, saat ini tren fashion K-Pop sedang naik-naiknya di Indonesia. Banyaknya ‘drakor’ atau drama korea yang ditonton oleh remaja Indonesia membuat mereka ingin mengikuti gaya fashion artis korea. Seperti memakai baju model shabrina dan aksesoris kalung serta gelang yang unik. Dengan mengetahui apa yang sedang trending saat ini, Anda bisa menyesuaikan produk untuk Anda jual agar laris di pasaran.

 

4.    Cari Supplier yang Cocok

Ada banyak sekali supplier yang menjualkan produk yang sama, namun tentu saja masing-masing memiliki perbedaan baik itu dari harga jual ataupun pelayanan yang diberikan. Sehingga sangat penting untuk mencari supplier yang cocok agar Anda dapat bekerja sama dengan baik. 

 

5.    Pilih Tempat yang Tepat Untuk Berjualan


Setelah Anda menemukan produk seperti apa yang hendak Anda jual, selanjutnya adalah menentukan tempat berjualan. Biasanya bisnis fashion wanita dan aksesoris remaja membutuhkan toko fisik untuk menyimpan produk jualan. Sehingga pilihlah lokasi strategis yang ramai dan banyak dilewati oleh masyarakat. Buatlah tempat yang nyaman dan juga susun dengan rapih produk yang Anda jual agar konsumen dapat melihat-lihat dengan nyaman. 

Untuk menarik calon konsumen datang ke toko Anda, tidak ada salahnya untuk menaruh manekin di depan toko Anda dan memakaikan produk yang Anda jual. Produk yang unik dan bagus dapat menarik minat calon konsumen agar datang ke toko Anda. 

Namun saat ini, tidak ada salahnya Anda juga membuat toko online sendiri. Dengan memanfaatkan media sosial dan e-commerce. Sosial media seperti Instagram dan Facebook bisa menjadi tempat Anda berjualan lho! E-commerce seperti Tokopedia, Shopee, atau Lazada pun bisa menjadi tempat untuk toko online Anda. Sehingga tidak ada salahnya memanfaatkan baik itu toko online dan toko offline secara bersamaan agar penjualan Anda semakin meningkat.

 

6.    Buatlah promo menarik

Agar konsumen membeli produk milik Anda, Anda perlu membuat beragam promo menarik seperti diskon 50% untuk produk tertentu, buy 1 get 1, memberikan voucher potongan harga, atau memberikan hadiah. Seluruh konsumen tentu saja sangat menyukai promo seperti ini, sehingga secara tidak langsung Anda dapat membuat mereka mengetahui produk Anda dan juga meningkatkan penjualan produk.

Setelah Anda membaca tips memulai usaha fashion wanita di atas, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran apa saja yang perlu dipersiapkan? 

Untuk memulai bisnis fashion wanita dan aksesoris remaja, Anda perlu konsisten dalam menjalaninya. Namun tentu saja, jika Anda tidak memiliki latar belakang bisnis atau usaha, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan memilih bisnis kemitraan. 

Bisnis franchise atau kemitraan bisa menjadi pilihan tepat terutama untuk Anda yang pemula. Salah satu kemitraan di industri fashion dan aksesoris yang sudah ada di Indonesia adalah Rumah Warna. Ada banyak sekali produk unik yang mereka punya seperti dompet, tas, seprai, softcase, dan aksesoris lainnya. 

Dengan menginvestasikan modal yang Anda punya minimal Rp50 juta, Anda sudah tidak perlu memikirkan produk apa yang harus dijual karena partner kemitraan Anda yang telah memikirkannya. Keuntungan yang Anda dapatkan dari kemitraan Rumah Warna adalah mereka sudah terkenal di Indonesia bahkan beberapa kali diliput oleh media nasional seperti Trans TV dan Metro TV. 

Selain itu Rumah Warna juga terpilih sebagai salah satu bisnis franchise tepercaya di Indonesia versi majalan franchise di tahun 2015. Sehingga Anda tidak perlu susah payah membangun branding lagi. 

Anda juga tidak perlu memikirkan bagaimana manajemen atau strategi pemasaran produk, karena Anda akan dibimbing oleh mereka. Luar biasa bukan?

Untuk mendaftar kemitraan Rumah Warna, Anda cukup mengunjungi fitur Peluang Usaha di daya.id dan mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan. Setelah itu Anda tinggal menunggu untuk dihubungi oleh pihak mitra franchise. Mudah bukan? Selamat mencoba!

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan peluang usaha, silahkan mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk memperoleh lebih banyak manfaat lainnya. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha, Anda dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS