Dirilis

08 Juni 2022

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Menjalani bisnis agen properti memang memiliki keuntungan yang menggiurkan. Bagaimana tidak, rumah atau properti merupakan kebutuhan primer manusia. Namun tidak hanya itu lho kelebihan dari menjalani bisnis properti. Yuk simak penjelasan berikut!

 

Kelebihan Menjalani Bisnis Agen Properti

Ternyata ada banyak kelebihan lain dalam menjalankan bisnis agen properti yang menjadi alasan bagi banyak orang terjun ke dalam bisnis ini lho! 

 

1.    Peluang Memberikan Keuntungan

Menjadi agen properti dapat menerima komisi sebesar 2% - 5% dari hasil jualannya lho! Bayangkan jika Anda berhasil menjual rumah senilai Rp1 miliar, maka Anda berpotensi mendapatkan komisi mulai dari Rp20 juta – Rp50 juta. Pendapatan tersebut hanya berasal dari satu transaksi saja. Jika Anda menjual banyak properti dalam tiap bulannya, tentu komisi Anda juga akan meningkat.

 

2.    Merupakan Kebutuhan Primer

Ada banyak jenis-jenis bisnis properti yang bisa Anda jalankan. Salah satunya adalah residential property atau properti yang terkait dengan hunian atau tempat tinggal. Rumah adalah salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh manusia. Maka dari itu bisnis agen properti tentunya akan selalu ramai konsumen. 

Tidak hanya rumah, ada pula jenis bisnis properti lainnya seperti commercial property, yang fokus pada kepentingan usaha seperti, ruko, dan kantor; industrial property, yang fokus pada keperluan industri seperti, laboratorium, gudang, atau pabrik; dan special purpose property, yang fokus pada properti khusus seperti, fasilitas olahraga, rumah sakit, dan lainnya. Tentunya, kebutuhan manusia akan bangunan – bangunan di atas tidak akan pernah berhenti setiap tahunnya.

 

3.    Harga Jual yang Cenderung Meningkat

Anda sering tersadar bahwa saat ini harga rumah semakin mahal bukan? Coba bayangkan apabila Anda memiliki bisnis agen properti, tentunya Anda akan mendapatkan keuntungan dari keadaan tersebut. Tidak seperti nilai mata uang yang akan semakin kecil nilainya, properti justru akan mengalami kenaikan harga dari tahun ke tahun. Sehingga, hal ini sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis properti. 

 

4.    Cocok Jadi Aset Investasi


Terkadang orang-orang membeli rumah bukan hanya untuk dijadikan tempat tinggal saja, melainkan juga untuk berinvestasi. Karena nilai jualnya yang selalu meningkat, properti memang cocok untuk dijadikan aset investasi. Karena keperluan tersebut, tidak sedikit orang-orang yang mencari hunian atau tempat tinggal untuk di beli. Oleh karena itu, menjalankan bisnis agen properti tentunya sangat menguntungkan.

 

5 Tips Memulai Bisnis Agen Properti Anda Sendiri

Setelah membaca kelebihan dari menjalankan bisnis agen properti di atas, apakah Anda sudah tertarik untuk memulai bisnis agen properti miliki Anda sendiri? Tapi sebelum itu, berikut hal-hal yang harus Anda lakukan agar bisnis agen properti miliki Anda berjalan dengan lancar!

 

1.    Mulai dari Jadi Agen Properti

Ketika Anda ingin menjalani bisnis agen properti, tentunya Anda harus memiliki kemampuan yang mumpuni terlebih dahulu. Dengan menjadi agen properti tentunya Anda akan memiliki pengalaman dalam bidang ini! Semakin banyak jam terbang Anda, akan semakin meningkat juga kemampuan Anda dalam bisnis properti. Dalam menjadi agen properti, Anda bisa bergabung dengan perusahaan pemasaran properti atau pun menjadi agen properti lepas (freelance).

Jangan lupa juga untuk mendapatkan lisensi sebagai agen properti agar dapat membangun kredibilitas yang tinggi untuk para calon konsumen Anda!

 

2.    Mengembangkan Diri dan Stay Up to Date!

Kunci menjalankan bisnis agen properti adalah jangan pernah berhenti belajar! Jika Anda memiliki modal lebih, Anda bisa mengikuti pelatihan untuk meningkatkan skill Anda dalam bidang bisnisproperti. Anda juga harus stay up to date dengan peluang yang ada, perubahan harga, serta tren properti dalam bisnis ini. Seperti contoh, saat ini banyak konsumen yang lebih sering mencari rumah di portal pencarian internet terlebih dahulu, sehingga Anda juga perlu aktif pada dunia maya. 

 

3.    Tingkatkan Relasi

Relasi adalah hal yang sangat penting jika Anda ingin memulai bisnis agen properti. Kepada siapa Anda akan menjual properti Anda, jika Anda tidak memiliki relasi? Tidak hanya sebagai calon klien, pastikan juga relasi yang Anda miliki memiliki kompetensi tinggi di bidang properti, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal sambil bertukar ilmu tentang bisnis properti.

 

4.    Maksimalkan Penggunaan Social Media Marketing dan Ads

Jika berbicara tentang bisnis tentunya marketing adalah hal yang sangat penting. Saat ini, social media marketing adalah strategi bisnis yang dapat meningkatkan penjualan Anda! Anda hanya perlu memanfaatkan social media seperti Instagram, atau Facebook untuk media pemasaran Anda. Dengan strategi bisnis yang baik, Anda bisa meraup keuntungan tanpa harus membayar modal karena penggunaan social media yang gratis.

Hal penting selanjutnya adalah, Anda bisa memanfaatkan social media ads seperti, Google Ads, Facebook Ads, dan Youtube Ads. Meskipun berbayar, platform tersebut merupakan media yang sangat efektif untuk strategi penjualan Anda.

 

5.    Bergabung dengan Asosiasi Agen Properti

Terakhir, Anda bisa bergabung dengan asosiasi agen properti atau yang dikenal dengan AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia). AREBI sendiri adalah asosiasi yang menaungi banyak perusahaan ataupun perorangan yang bergerak pada bidang bisnis agen properti. Selain menambah relasi, tentunya Anda akan dengan mudah mendapat informasi dan tren seputar bisnis properti untuk usaha Anda. Anda juga bisa meningkatkan reputasi bisnis Anda kepada calon konsumen.

Nah, Itu tadi adalah tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis agen properti. Intinya untuk memulai usaha, Anda perlu embangun brand image yang baik terlebih dahulu, agar nantinya bisnis agen properti milik Anda sudah memiliki kredibilitas yang baik di mata orang. Dalam menjalani bisnis ini pun Anda perlu memiliki komitmen yang kuat dan jangan takut pada kegagalan! Anda juga bisa belajar Johan Boyke Nurtanio untuk membangun jaringan pemasaran property dengan membaca kisah sukses beliau di artikel  “Sukses Bangun Jaringan Pemasaran Properti dengan Pengembangan SDM”

Baca juga: Strategi Bisnis Properti untuk Meningkatkan Penjualan 

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan mengenai usaha Anda, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS