Dirilis

16 November 2023

Penulis

Azzahra Nabilla Syafira (Mahasiswa SB-IPB)

Ketika usaha rumahan Anda berkembang, tidak ada salahnya Anda menimbang untuk mempekerjakan karyawan. Karena sebagai pengusaha rumahan, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dan kerjakan bersama tim terbatas, dari mulai produksi hingga pemasaran. Namun, meskipun skala usaha rumahan  tergolong usaha mikro dan kecil, penting bagi Anda sebagai pengusaha untuk mengelola karyawan secara  baik, agar bisnis yang Anda jalankan makin berkembang.

Tapi, jika Anda merupakan pengusaha yang belum pernah mempekerjakan karyawan sebelumnya, mengatur tim bisa jadi tantangan baru. Jika itu yang sedang Anda alami, tak perlu lagi risau, karena di artikel ini ada lima tips praktis yang bisa langsung Anda terapkan untuk meraih kesuksesan dalam mengelola tim Anda di usaha rumahan.

 

Komunikasi Efektif Secara Dua Arah

Komunikasi menjadi hal dasar yang memainkan peranan penting. Dalam usaha rumahan, penting untuk memastikan bahwa arah dan tujuan bisnis Anda disampaikan dengan jelas kepada semua anggota tim. Komunikasi yang baik memastikan bahwa setiap orang memahami peran dan tanggung jawabnya, serta tujuan akhir yang ingin dicapai oleh perusahaan. Komunikasi juga sebaiknya disampaikan secara dua arah, dimana  karyawan juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berbicara.

Dengan semakin fleksibelnya alat komunikasi, perlu juga bagi Anda untuk memanfaatkan platform  digital seperti Zoom atau Google Meet untuk melaksanakan meeting online sehingga pesan bisa disampaikan secara lebih jelas, tanpa perlu bertemu langsung secara face to face.

Baca juga: Cara Membuat Jadwal Kerja Shift yang Efektif 

 

Penugasan yang Jelas dan  Terukur

Tantangan yang banyak dihadapai oleh usaha rumahan adalah terkait pembagian tugas,  yang  seringkali tumpang  tindih. Contohnya adalah staf pemasaran yang harus juga mengurus pekerjaan produksi, atau tim sales yang mengurus bagian administrasi. Jika hal ini dibiarkan berlangsung dalam waktu yang lama, tentunya karyawan juga akan merasa lelah, bahkan hingga burn-out, dan kemungkinan terburuk yaitu mereka ingin mengundurkan diri dan mengakhiri hubungan kerja.

Oleh karena itu, penting sebagai pengusaha untuk mendefinisikan tugas-tugas dengan jelas. Setiap karyawan harus tahu apa yang diharapkan dari mereka dan bagaimana hasil kerja mereka akan diukur. Dengan adanya  hal ini, kerja karyawan menjadi lebih efektif dan juga efisien.

 

Adanya Aturan yang Tegas

Sebagai pelaku usaha rumahan, banyak karyawan yang dipekerjakan merupakan orang terdekat atau anggota keluarga. Namun, tetap harus ada batasan serta atura yang jelas   mengenai cara kerja, waktu kerja, hingga  sistem perizinan. Hal ini juga penting untuk memisahkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Ingatkan mereka untuk tetap disiplin dan menghormati batasan waktu yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Tips Melakukan Coaching kepada Karyawan

 

Berikan Karyawann  Kesempatan Untuk Berkembang


Mengelola karyawan dalam usaha rumahan bukan hanya tentang menjalankan operasional sehari-hari, tetapi juga tentang membantu karyawan untuk berkembang. Ada banyak cara untuk membantu karyawan untuk berkembang. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan memberikan pelatihan. Pelatihan dapat membantu karyawan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya, sehingga mereka dapat bekerja lebih efektif dan efisien.
    
Baca juga: Tips Kelola Keuangan Untuk Usaha Rumahan

Selain pelatihan, sebagai pemilik usaha rumahan, Anda juga dapat memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengikuti kursus online, atau bimbingan langsung. Dengan mengembangkan keterampilan mereka, karyawan akan merasa dihargai dan mampu memberikan kinerja terbaiknya.

 

Pengawasan Kinerja dan Penghargaan

Meskipun jarak jauh, karyawan tetap perlu diawasi dan dilakukan pemantauan terkait dengan kinerjanya. Evaluasi dan kritik yang membangun, akan membantu mereka terus berkembang. Selain itu, bisajuga dengan pemberian reward atas kinerja mereka. Ini akan memberikan motivasi tambahan kepada karyawan untuk tetap berkinerja tinggi dan merasa dihargai atas kontribusinya.

Mengelola karyawan tentunya bukanlah hal yang mudah, terlebih bagi pengusaha baru yang sedang difase permulaan mengelola bisnis  rumahan. Oleh karena itu, Anda sebagai pengusaha juga perlu banyak belajar dan bisa mulai  menerapkan  lima  tips tadi  dalam bisnis Anda. Masih bingung dan memiliki pertanyaan?  Segera konsultasikan masalah Anda dengan bertanya kepada ahlinya, gratis! Pastikan Anda sudah mendaftar untuk akses ke seluruh fitur di Daya.id.

Sumber:

Artikel : Berbagai sumber

Foto : freepik.com

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS