Dirilis

10 Januari 2023

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Jika Anda memiliki usaha, siapa sih yang tidak mau memiliki karyawan dengan kinerja sempurna? Tentu saja memiliki karyawan yang baik merupakaan dambaan setiap pemilik usaha.

Ada banyak cara meningkatkan kualitas karyawan Anda, salah satunya dengan memberikan promosi jabatan kepada karyawan terbaik Anda.

Memberikan promosi jabatan kepada karyawan di perusahaan Anda dapat meningkatkan motivasi mereka, sehingga dapat meningkatkan performa dan menghasilkan output yang baik pula.

Eits, tentunya memberikan promosi jabatan kepada karyawan tidak bisa dilakukan sembarangan. Untuk mendapatkan ekspektasi yang Anda inginkan, tentu ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan sebelum akhirnya memberikan kenaikan jabatan untuk karyawan Anda.

Apa saja aspek penting yang harus Anda ketahui untuk mempertimbangkan kenaikan jabatan karyawan Anda? Yuk simak terus artikel ini!

Baca juga: Cara Mengetahui Karyawan yang Siap Menjadi Pemimpin di Perusahaan

 

Pertimbangkan 6 Aspek Ini Sebelum Memberikan Promosi Jabatan kepada Karyawan Anda

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, sebelum memberikan kenaikan jabatan kepada karyawan Anda.

 

1.    Loyalitas dan Komitmen terhadap Perusahaan

Loyalitas dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk memberikan promosi jabatan kepada karyawan Anda. Loyalitas sendiri bisa dilihat dari lamanya waktu kontribusi kepada perusahaan dan juga hasil kerja yang baik.

Karyawan yang loyal biasanya akan lebih berinvestasi dalam pekerjaan, sehingga mampu mencapai hasil kerja yang baik untuk perusahaan.

Loyalitas juga erat kaitannya dengan komitmen karyawan. Karyawan yang kehadirannya kurang, atau tidak bisa menyelesaikan tugas sesuai target yang ditentukan, dikhawatirkan kurang mampu bertanggung jawab atas beban kerja yang lebih besar.

 

2.    Solutif dan Kreatif


Semakin tinggi posisinya, maka akan semakin besar juga tanggung jawab yang dimiliki oleh karyawan Anda. Hal ini juga tidak terlepas dari permasalahan yang lebih kompleks dari jabatan sebelumnya.

Untuk itu, karyawan yang solutif tentu sangat dibutuhkan. Apakah mereka bisa memberikan solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan yang ada nantinya?

Akan lebih baik jika karyawan Anda mampu memberikan ide-ide kreatif serta solusi-solusi yang kreatif pula. Memiliki cara pandang baru terkadang dapat membantu perusahaan untuk lebih berkembang ke arah yang lebih baik.

 

3.    Inovatif dan Motivasi Tinggi

Karyawan yang memiliki sikap inisiatif, sudah pasti banyak akal. Karyawan seperti ini akan terus belajar untuk mengembangkan dirinya. Hal ini tentu akan memudahkan mereka dalam menentukan solusi dari masalah yang ada.

Untuk menumbuhkan sikap inovatif tersebut, diperlukan self motivation yang tinggi. Memiliki motivasi untuk diri mereka sendiri dapat meningkatkan kinerja pribadi untuk berusaha menjadi lebih baik.

 

4.    Komunikasi yang Baik

Saat ini komunikasi sudah menjadi skill wajib yang harus dimiliki seseorang. Bukan hanya pandai berbicara, karyawan juga harus bisa menjalin hubungan dengan karyawan internal, dan juga eksternal.

Bayangkan jika karyawan Anda diangkat menjadi manajer, namun tidak bisa mengayomi bawahannya karena memiliki kemampuan komunikasi yang kurang baik. 

Hal tersebut dapat menimbulkan miskomunikasi dan perselisihan yang dapat menghambat jalannya pekerjaan atau bahkan perusahaan Anda.

Baca juga: Ini Kunci Keberhasilan Komunikasi dalam Dunia Kerja

 

5.    Manajemen yang Baik

Manajemen yang baik merupakan aspek terpenting untuk memberikan promosi jabatan kepada karyawan Anda.

Tak hanya bisa mengelola kinerja timnya sendiri dengan baik, karyawan Anda juga harus memiliki manajemen diri yang baik pula.

Dengan memiliki manajemen yang baik, karyawan akan lebih mudah untuk mencapai target dari tugas yang diberikan. Sehingga hal ini akan berdampak pada hasil kinerja secara profesional yang baik.

 

6.    Tingkat Pendidikan

Terkadang tingkat pendidikan juga bisa menjadi pertimbangan untuk memberikan promosi jabatan kepada karyawan ke posisi yang lebih tinggi.

Tak jarang beberapa perusahaan justru menawarkan karyawannya untuk melanjutkan studinya untuk akhirnya bisa dipromosikan.

Dengan memiliki pendidikan yang cukup, harapannya karyawan tersebut memiliki cara berpikir dan kompetensi yang lebih baik, sehingga dapat memberikan kontribusi yang maksimal di jabatan selanjutnya.

Memperoleh promosi jabatan tentu merupakan impian oleh setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Namun dalam pertimbangannya, tentu karyawan tersebut haruslah memenuhi checklist di atas.

Dengan enam pertimbangan tersebut, Anda diharapkan mampu menilai peluang karyawan Anda untuk bisa tumbuh dan berkembang bersama perusahaan Anda, dan juga memberikan kontribusi yang maksimal dan memuaskan.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ferri kurniawan

19 Januari 2023

👍

Balas

. 0

Arrino Fatra

12 Januari 2023

Info bagus

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS