Dirilis

12 Pebruari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu kegiatan yang sering kita lakukan, namun ternyata memberi manfaat yang besar adalah naik turun tangga. Manfaat naik turun tangga ini ternyata sangat banyak untuk kesehatan tubuh loh, baik pria maupun wanita. Seperti yang kita tahu, naik turun tangga adalah salah satu aktivitas yang sering kita lakukan sehari-hari. Tanpa disadari, aktivitas ini memberikan dampak yang baik untuk kesehatan loh. Apa sajakah keuntungan dari aktivitas ini? Mari simak pembahasan berikut ini.

 

Beragam Manfaat Naik Turun Tangga untuk Kesehatan Tubuh Kita


Dilansir dari laman U.S. National Library of Medicine MedlinePlus di tahun 2019 terdapat sejumlah manfaat naik turun tangga yang bisa kita dapatkan, yaitu:

 

1. Menguatkan Jantung dan Paru-Paru

Kegiatan naik turun tangga itu termasuk dalam latihan kardio yang dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru yang membuat aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar. Jika Anda ingin meminimalisir dan menghindari resiko penyakit jantung juga hipertensi, olahraga yang cukup mudah ini bisa rutin dilakukan 30 menit untuk jantung sehat.

 

2. Menguatkan Otot dan Tulang

manfaat naik turun tangga menguatkan otot dan tulang
Selain baik untuk jantung dan paru-paru, manfaat naik turun tangga berikutnya adalah mampu menguatkan otot juga tulang kita. Seperti yang diketahui, ketika naik turun tangga, otot dan tulang di seluruh tubuh kita ikut bergerak aktif, mulai dari otot kaki, paha, lengan, hingga punggung. Hal tersebut menjadikan otot dan tulang lebih kuat juga sehat.

 

3. Menurunkan Resiko Stroke dan Mengendalikan Kadar Gula Dalam Darah

Terdapat sebuah studi yang menyebutkan bahwa orang yang rutin melakukan aktivitas fisik, termasuk naik turun tangga 3-5 kali seminggu memiliki risiko terkena stroke hingga 30% lebih rendah dibandingkan mereka yang jarang berolahraga. Manfaat naik turun tangga berikutnya juga dapat didapat penderita diabetes. Pasalnya, aktivitas fisik ini dapat mengontrol gula darah, karena ketika otot rangka bergerak aktif dan menggunakan gula sebagai energi, kadar gula darah bisa lebih stabil.

 

4. Mengurangi Resiko Penyakit Kolesterol dan Menurunkan Berat Badan

manfaat naik turun tangga untuk menurunkan kolesterol
Tak hanya mengendalikan gula darah, naik turun tangga secara rutin juga dipercaya mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Hal ini baik untuk menghindari penyakit kardiovaskuler. Bagi Anda yang ingin atau sedang melakukan program diet. Salah satu olahraga yang cukup mudah dilakukan dan dapat membantu turunkan berat badan adalah naik turun tangga secara rutin. Karena ketika kita berolahraga, termasuk aktivitas fisik berupa naik turun tangga, metabolisme dan pembakaran lemak di tubuh akan meningkat. Hal tersebut kemudian menyebabkan cadangan lemak di tubuh akan berkurang.

 

5. Memelihara Kesehatan Otak

Dalam sebuah studi dikatakan bahwa salah satu manfaat naik turun tangga yang dibiasakan atau dilakukan secara rutin dapat mengoptimalkan kesehatan otak. Dalam studi tersebut juga disampaikan bahwa orang yang sering naik-turun tangga atau rutin berolahraga juga terlihat dapat terhindar dari kepikunan juga memiliki konsentrasi dan daya ingat yang lebih baik.

 

6. Menjaga Kesehatan Mental

Ternyata, aktivitas ini tak hanya bermanfaat bagi fisik kita, namun terlebih berguna bagi kesehatan mental. Ketika kita naik turun tangga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang memberi perasaan senang dan tenang. Kemudian, efek hormon tersebut akan membawa hal baik saat kita berkegiatan selanjutnya, seperti lebih fokus dan konsentrasi saat bekerja, serta tidak mudah stres.

Bagi Anda yang memiliki aktivitas sangat padat setiap harinya hingga tak merasa sempat atau memiliki waktu untuk berolahraga, salah satu solusi yang tepat adalah melakukan aktivitas fisik naik turun tangga. Hal ini bisa dibiasakan dengan menggunakan fasilitas tangga ketika berkegiatan. Dengan aktivitas ini, tubuh dapat lebih fit, bugar dan mendapat sejumlah manfaat lain yang telah disebutkan di atas. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis keolahragaan dari Daya.id seputar jenis aktivitas fisik yang baik untuk tubuh.

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS