Dirilis

14 Februari 2024

Penulis

Qodri Perdana

Purnabakti merupakan masa yang tidak bisa dihindari oleh setiap karyawan. Namun bukan berarti masa purnabakti akan menghalangi Anda untuk tetap bisa produktif dan menikmati hasil dari kerja keras Anda selama bekerja. Dan pada saat Anda sudah memasuki masa pensiun dan mendapatkan dana dari masa bakti Anda selama bekerja, membuat Anda harus bisa beradaptasi dalam mengelola keuangan tersebut.

Anda tentunya perlu menyadari bahwa masa pensiun akan berbeda dengan masa saat Anda masih menjadi pegawai aktif. Dimana dahulu pendapatan tetap dapat Anda dapatkan dari gaji bulanan dan saat ini Anda perlu menyesuaikan pendapatan yang masuk. Beruntung bagi Anda yang sudah mengikuti program pensiun sehingga Anda masih bisa mempunyai pemasukan.  Walaupun demikian, dana pensiun yang Anda dapatkan perlu diatur sedemikian rupa agar bisa mendukung aktifitas dan produktifitas Anda selama menikmati masa purnabakti nya. 

 

Tips Pengelolaan Dana Pensiun

Berikut beberapa tips pengelolaan dana pensiun agar tidak tergiur dengan pengeluaran yang tidak perlu:

 

1.    Ubah pola pikir dalam pengeluaran uang


Pada saat Anda masih aktif bekerja sebagai karyawan. Anda mungkin tidak mempunyai ke khawatiran dalam mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu yang diinginkan, bisa jadi hal tersebut bukan sesuatu yang produktif. Misalnya pergi ketempat hiburan atau yang memberikan kesenangan sementara. Nah, disaat masa purnabakti sebelum menghabiskan uang untuk hal yang bersifat kesenangan sementara perlu lebih dipertimbangkan dengan bijaksana. 

 

2.    Uang Pensiun Bukanlah “Hadiah”

Sebagian besar karyawan yang mendapatkan uang pensiun di masa purnabakti merasa kaya mendadak karena mendapatkan uang dalam jumlah besar. Tidak jarang kondisi ini membuat penerima nya menjadi kalap dan mempunyai banyak sekali keinginan untuk membeli banyak hal, bahkan membeli barang mewah yang ternyata tidak terlalu memberikan manfaat jangka panjang. Perlu Anda sadari, uang pensiun bukanlah uang “hadiah” yang dapat Anda habiskan dengan bebas. Uang tersebut adalah uang hasil kerja keras Anda berpuluh tahun, oleh karena itu pikirkan dan gunakanlah uang tersebut sebijaksana mungkin.

 

3.    Utamakan Pelunasan Hutang

Selama Anda aktif bekerja dan mempunyai pemasukan yang tetap. Anda mungkin saja mempunyai pinjaman baik untuk tujuan investasi ataupun pinjaman yang bersifat konsumtif. Perlu sekali untuk diperhatikan apakah masih ada sisa hutang yang belum dibayarkan.
Jika memang memungkinkan hutang tersebut bisa dilunasi, baiknya anda mempertimbangkan untuk segera menyelesaikan hutang tersebut. Bukankah masa pensiun akan lebih indah jika pikiran tenang tanpa memikirkan cicilan?

 

4.    Periksa kembali semua pos pengeluaran dari dana pensiun

Bersyukurlah jika Anda tidak memiliki tanggung jawab utang pada saat masa pensiun, karena dengan demikian pengeluaran wajib akan berkurang dan lebih kecil. Namun demikian biaya kesehatan dapat menjadi potensi prioritas yang paling tinggi. 

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk memeriksa semua pos dari dana pensiun Anda dapat dimulai dari JHT, tabungam berjangka, nilai asuransi, hingga dana total dari investasi Anda.

Hitung jumlah seluruh dana yang ada, kemudian bagi alokasi dana tersebut dengan cermat berdasarkan kebutuhan dan prioritas seperti biaya kesehatan, kebutuhan hidup sehari hari, hingga biaya untuk hiburan.

 

5.     Aktif bekerja dan kembali produktif

Walaupun sudah memasuki masa purnabakti, sering kali beberapa perusahaan masih membutuhkan keterampilan Anda, atau anda juga dapat membuka jasa yang berhubungan dengan pengalaman Anda pada saat masih bekerja. Ambil kesempatan tersebut untuk menambah pendapatan. Pada kesempatan lain, Anda juga dapat menggunakan dana pensiun untuk mengasah keterampilan tertentu sebagai modal menjalankan usaha. Namun perlu dipahami bahwa menjalankan usaha juga mempunyai resiko rugi sehingga perlu diperhatikan jumlah modal yang masih bisa Anda tolerir dalam hal resiko.

Pilihan lainnya untuk kembali produktif, Anda dapat menggunakan dana pensiun untuk mengambil sertifikasi keahlian yang masih berhubungan dengan pengalaman Anda sehingga Anda dapat mengisi kelas seminar atau perkuliahan yang tentunya akan menambah pendapatan Anda.

Jika Anda masih ada pertanyaan terkait pengelolaan dana pensiun, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli kami. Gratis! 

Untuk informasi lainnya terkait tips keuangan. Anda bisa medapatkan nya secara gratis di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan sangat mudah dan kapan saja!. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

11 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

EGON MARTIN

01 January 1970

Woow infonya keren..?

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

01 January 1970

Trimakasih infonya

Balas

. 0

Fando hari susetyo

01 January 1970

??

Balas

. 0

EGON MARTIN

01 January 1970

Woow keren informasinya,,,.siiipp?

Balas

. 0

Hendratno

01 January 1970

Infonya Keren

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS