Dirilis

11 Agustus 2020

Kalsium merupakan salah satu mineral penting dan bermanfaat bagi tubuh. Fungsinya adalah untuk menjaga serta memelihara tulang dan gigi. Agar kesehatan tubuh tersebut tetap terjaga dengan baik, kita perlu mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalsium.

Selain pemeliharaan terhadap tulang serta gigi, kalsium juga bermanfaat untuk mendukung kinerja sistem saraf, membantu proses pembekuan darah juga kontraksi otot, menjaga kondisi kandungan, mencegah penyakit kanker usus, serta menjaga dan mengurangi osteoporosis. Apabila tubuh kekurangan asupan kalsium, berbagai resiko penyakit bisa timbul dan bisa membahayakan kesehatan tubuh. 

10 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Selain harus konsultasi dengan ahli gizi dalam menjaga kondisi tubuh melalui asupan yang Anda konsumsi, kita harus tahu benar apa saja jenis makanan yang tinggi kalsium dan baik untuk tubuh kita. Untuk itu, kita disarankan mengkonsumsi beberapa asupan tinggi kalsium seperti berikut ini:

1. Biji-Bijian

Jika Anda mencari jenis makanan yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, dapat ditemukan dalam berbagai jenis biji-bijian, seperti chia, poppy, maupun wijen. 

2. Keju

Keju merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Keju jenis parmesan dianggap memiliki kandungan kalsium yang paling tinggi. Beberapa keju juga bahkan dikemas protein. Bahkan, keju lebih mudah dicerna oleh tubuh karena minim laktosa. Namun, asupan keju tetap harus dibatasi karena juga mengandung lemak.

3. Susu

Susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik, harganya bersaing juga sangat mudah didapatkan. Untuk itulah mengapa anak kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan dan lansia yang sedang menjaga tulangnya, disarankan untuk rutin minum susu. 

4. Yogurt

Untuk mendapatkan asupan kalsium, Anda juga bisa mengkonsumsi yogurt. Selain memiliki kandungan kalsium tinggi, yogurt juga mempunyai dampak baik bagi kesehatan karena mengandung bakteri probiotik hidup.

5. Ikan Sarden

Makanan yang mengandung kalsium berikutnya adalah sarden. Selain kalsiumnya yang tinggi ternyata jenis ikan yang satu ini juga mengandung protein tinggi pula. Tidak heran jika konsumsi sarden sangat dianjurkan agar kebutuhan kalsium tetap terpenuhi. 

6. Ikan Salmon

Asupan kalsium juga dapat diperoleh dari ikan, yakni Salmon. Jenis ikan salmon sangat bermanfaat bagi tubuh. Pasalnya salmon mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi. 

7. Kacang Lentil

Kacang-kacangan juga menjadi sumber kalsium yang baik. Jenis kacang lentil juga dikenal mengandung berbagai nutrisi baik bagi tubuh, seperti kalsium, serat, protein, mikronutrien, zat besi, folat juga magnesium.

8. Almond

Seperti yang kita tahu, berbagai jenis kacang merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Almond merupakan salah satunya. Selain itu, almond juga berfungsi sebagai sumber magnesium, mangan, dan vitamin E.

9. Beberapa Jenis Sayuran

Terdapat beberapa jenis sayuran yang ternyata memiliki kandungan kalsium tinggi, seperti: kangkung, bayam, maupun collard hijau. Biasanya, sayuran dengan kalsium ini adalah yang berwarna hijau ataupun gelap. Untuk itu, kenali manfaat buah dan sayuran berdasarkan warnanya agar lebih mudah untuk mendapatkan manfaatnya.

10. Tahu dan Edamame

Tahu juga edamame berasal dari kacang kedelai dan tentu saja mengandung kalsium yang tinggi.

Kebutuhan Kalsium 

Kalsium yang dibutuhkan setiap orang tentu berbeda dan dikelompokkan berdasarkan usianya, seperti berikut ini:

  1. Anak-anak berusia 4-18 disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung 1.300 mg kalsium per hari
  2. Sedangkan pada orang dewasa, konsumsi kalsium yang disarankan adalah 1.000 mg per hari 
  3. Wanita usia dewasa dan lanjut  51-70 tahun disarankan untuk mengonsumsi 1.200 mg kalsium per hari
  4. Untuk Pria usia 51-70 tahun, konsumsi kalsium yang disarankan sebanyak 1.000 mg kalsium per hari 
  5. Untuk lansia berusia 70 tahun ke atas disarankan untuk mengonsumsi 1.200 mg kalsium setiap harinya

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium merupakan salah satu usaha kita untuk tetap menjaga dan merawat kebugaran serta kesehatan tubuh. Kekurangan kalsium juga dapat menimbulkan beberapa resiko yang merugikan kesehatan tubuh. 

Kalsium merupakan salah satu kebutuhan bagi tubuh kita yang harus kita jaga. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, Anda bisa mencari informasi di Daya.id. Karena dengan mendaftarkan diri di Daya.id, Anda akan dapat mengakses berbagai informasi tentang kesehatan tanpa ada batasan setiap harinya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS