Dirilis

09 Maret 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Beberapa penyakit menular sering dianggap berbahaya, tapi dampaknya bisa panjang. Yuk! lakukan kebiasaan kecil ini agar bermanfaat bagi kesehatan.

 

 

Flu, diare, dan cacingan adalah penyakit yang sering kita jumpai. Namun apabila penyakit itu menyerang seseorang, pasti sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyakit tersebut juga dapat memengaruhi gizi seseorang, terutama anak-anak. Seseorang yang menderita penyakit menular biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan, sehingga asupan makanan berkurang. Penyakit menular seperti cacingan juga dapat mengganggu penyerapan zat gizi dalam tubuh, sehingga akan berpengaruh pada gizinya.

 

Lalu, bagaimana cara mencegah penularan penyakit tersebut? Mari lakukan perilaku hidup bersih, seperti:

 

1. Cuci tangan dengan sabun dan air.

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat mencegah sekitar 30% diare dan sekitar 20% infeksi saluran pernapasan seperti flu. Lakukan cuci tangan sebelum makan, sebelum memberikan ASI, sebelum menyiapkan makanan dan minuman, serta setelah buang air kecil dan besar. Cuci tangan dengan sabun dan air juga perlu diterapkan setelah kontak dengan hewan, guna mencegah penularan penyakit antara hewan dan manusia.

 

2. Biasakan tutup mulut dan hidung saat bersin dan batuk.

Kuman penyebab Flu atau pilek dapat dengan mudah menyebar melalui udara, terutama bila hidung dan mulut tidak ditutup saat bersin. Tetesan cairan yang mengandung kuman dari hidung dan mulut akan menyebar di udara sehingga orang lain bisa menghirupnya. Tidak hanya menyebar melalui udara, tetesan cairan tersebut juga bisa masuk ke makanan.

 

3. Menutup makanan yang disajikan

Hal kecil ini wajib dilakukan untuk menghindari makanan terkena debu, lalat, tikus atau hewan lain yang membawa kuman penyakit. Oleh karena itu biasakanlah menutup makanan dengan rapat untuk menghindari serangan hewan dan debu.

 

4. Selalu gunakan alas kaki,

Pakailah alas kaki kemanapun Anda. Telur cacing dapat masuk ke dalam tubuh melalui kulit, baik kaki atau tangan yang bersentuhan dengan benda yang terkontaminasi cacing. Salah satu langkah untuk menghindari masuknya telur cacing ke dalam tubuh adalah dengan menggunakan alas kaki.

 

Nah, tidak sulit bukan? Oleh karena itu, jangan pernah sepelekan 4 hal kecil tersebut yah! Dengan perilaku hidup bersih dapat terhindar dari kuman penyebab penyakit. Ayo! Hidup sehat dimulai dari diri sendiri dan sekarang!

Sumber:

Tim Riset Daya Sehat Sejahtera

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS