Dirilis

17 Pebruari 2023

Penulis

Liza Rahayu

Menjalani hari tua dengan bahagia dan sejahtera adalah impian semua orang. Sebagian orang memimpikan momen beristirahat untuk jangka waktu yang tak terbatas. Tidak sedikit pula yang ingin bersantai menghabiskan masa pensiunnya dengan berwisata berkeliling dunia, yang sebelumnya pada saat produktif tidak dapat dilakukan karena kesibukan bekerja. Di sisi lain, pada masa pensiun kita harus memiliki dana untuk kesehatan. Oleh karenanya, penting untuk mempersiapkan dana pensiun demi memenuhi kebutuhan di masa pensiun tersebut.

Namun, pada masa pensiun nanti, sebagian kita tidak lagi aktif dan tidak mendapat penghasilan tetap. Berbeda dengan saat ini, ketika kita masih di usia produktif dan bekerja, dimana kita memperoleh penghasilan secara rutin setiap bulan sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tentu, kita harus memikirkan cara mempersiapkan diri secara finansial sehingga tidak membebani anak dan cucu di masa depan. 

 

Cara Mempersiapkan Dana Pensiun


Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan:

 

1.    Menentukan target umur pensiun

Dengan mengetahui lebih dini kapan kita akan pensiun, maka semakin ringan usaha kita dalam mempersiapkan dana untuk masa pensiun yang sejahtera.  

 

2.    Hitung dan cari tahu kebutuhan di masa pensiun

Setelah mengetahui kapan kita akan pensiun, maka selanjutnya kita mulai mencari tahu apa yang dibutuhkan serta menghitung berapa biaya hidup di masa pensiun nanti. Hal ini diperlukan untuk kita dapat mendapatkan gambaran berapa besar biaya pengeluaran di masa pensiun nanti.

 

3.    Mulai menabung

Setelah mendapatkan gambaran kebutuhan dana yang harus disiapkan, maka kita bisa langsung mulai menabung untuk memenuhi kebutuhan di masa pensiun kita. Adapun jumlah persentase dana yang harus ditabung berkisar dari 10 persen hingga 20 persen dari gaji/penghasilan yang kita terima setiap bulan. Dan seiring dengan meningkatnya penghasilan, Anda bisa meningkatkan juga porsi tabungan pensiun hingga 15 sampai 25 persen. Akan tetapi apabila kita bergantung sepenuhnya dari tabungan saja, akan sangat berpengaruh apabila terjadi inflasi. Nilai dari dana tabungan Anda akan terpengaruh dari inflasi tersebut.

 

4.    Memilih produk keuangan atau investasi yang cocok 

Cara lain selain menabung adalah dengan memilih produk keuangan investasi. Ada beberapa jenis investasi yang bisa Anda pilih seperti deposito atau reksadana. Dalam menentukan instrument investasi yang tepat, perlu dipertimbangkan imbal hasil yang akan dicapai oleh investasi Anda. Sebagai contoh ilustrasi, jika perkiraan inflasi sekitar 3 persen, maka biasanya return atau hasil yang di tawarkan deposito sebesar 4 persen, sedangkan reksadana lebih tinggi dari deposito berada di kisaran 5,5 persen. Apabila Anda memilih investasi yang return-nya lebih tinggi dari angka inflasi, maka Anda akan mendapatkan profit yang bagus pula. Persentase imbal hasil akan selalu mengikuti perkembangan pasar. Contoh lainnya adalah Anda bisa membeli asset yang nantinya akan memberikan Anda passive income setiap bulannya, seperti investasi di properti rumah atau apartemen yang bisa Anda sewakan. Anda akan mendapatkan passive income setiap bulan dari uang sewa tersebut. Namun tentunya dalam pemilihan properti tetap harus di perhatikan lokasi yang diminati karena akan menentukan nilai investasi kita di masa datang nanti.

 

5.    Hindari utang besar dan lama

Hindari berhutang untuk hal-hal yang konsumtif. Di masa usia muda sebaikanya hindari utang jangka Panjang yang tidak produktif. Usahakan utang jangka panjang tidak melebihi usia pensiun karena akan menambah beban saat masa pensiun.

 

6.    Disiplin dan jaga kesehatan finansial

Untuk mendapatkan masa depan pensiun yang sejahtera, tentunya kita harus menjaga Kesehatan finansial dan disiplin dalam menyiapkan dana pensiun. Selain itu lebih bijak juga untuk menentukan alokasi gaji dalam keperluan sehari-hari. Sebisa mungkin tidak menggunakan dana pensiun yang sudah di tabung untuk keperluan lain. Lakukan menabung dan investasi secara disiplin dan konsisten selama masih bekerja atau produktif. Bila perlu naikkan porsi tabungan atau investasi Anda seiring dengan pendapatan atau kenaikan penghasilan yang kita terima. 

Setelah mengetahui tips di atas, Anda dapat mempertimbangkan cara-cara dalam mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Dengan kondisi finansial yang sehat, Anda dapat mempersiapkan dana pensiun sebaik mungkin dan menikmati hasilnya pada saat masa pensiun. 

Untuk informasi lainnya seputar keuangan, usaha, kesehatan dan gaya hidup, Anda juga dapat berkonsultasi gratis pada mitra ahli kami di Tanya Ahli dengan mendaftar terlebih dahulu di halaman registrasi. Semua informasi yang menarik bisa diakses dengan sangat mudah dan kapan saja! Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

13 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

natasya anindita

04 Desember 2023

Seharusnya memang dana darurat lah yang harus didahulukan bukan jajan

Balas

. 0

Hendratno

05 Maret 2023

WooW Keren

Balas

. 0

Arrino Fatra

03 Maret 2023

Good

Balas

. 0

Ahmad husnil fikri

28 Pebruari 2023

Bagus

Balas

. 0

Dedy rachim

28 Pebruari 2023

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS