Dirilis

07 Februari 2018

Penulis

Daya Tumbuh Usaha

Berpikir untuk menjalankan usaha smoothies bowl? Anda bisa menjualnya dengan harga terjangkau, asalkan Anda menghitungnya dengan tepat.

Smoothies bowl merupakan olahan buah dan sayur yang telah dicampur hingga kental menggunakan mesin blender, disajikan dalam mangkuk, lalu di atasnya diberi taburan sesuai dengan kreasi, seperti buah potong, kacang-kacangan, dan sebagainya. Kira-kira, berapa harga yang cocok untuk sajian tersebut? Berikut ini cara menentukannya:

  1. Ketahui Target Pelanggan

Tentukan siapa calon pembeli produk Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan mengamati perilaku pelanggan smoothies bowl. Perhatikan harga, rasa, maupun cara penyajian yang mereka suka. Melalui proses identifikasi ini Anda akan lebih mudah mencari konsumen yang sekiranya tertarik untuk mengkonsumsi smoothies bowl.

  1. Perkirakan Biaya Pengeluaran

Anda perlu mengetahui biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat smoothies. Seperti biaya membeli bahan baku, biaya rutin usaha, biaya listrik, biaya gaji karyawan, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui biaya-biaya tersebut secara pasti Anda akan lebih mudah menentukan harga jual serta menentukan kapan harga jual harus tinggi, dan kapan harus memberikan diskon.

  1. Ketahui Target Pendapatan

Mengetahui berapa target pendapatan atau penjualan smoothies per hari atau per bulan itu penting. Agar Anda tahu apakah usaha tersebut menguntungkan atau tidak, dan apakah mampu memenuhi atau menutupi kebutuhan hidup Anda. Jangan sampai Anda berjualan namun pada akhirnya seperti kerja bakti, tidak ada hasil uangnya sama sekali. Toko terllihat laris namun uangnya tidak ada.

  1. Lihat Harga Jual Kompetitor

Melihat harga jual kompetitor diperlukan untuk menentukan strategi harga dan menentukan keunikan produk. Dari sisi harga, apakah akan lebih murah, sama, atau bahkan lebih mahal dari kompetitor. Dari sisi keunikan, Anda harus rajin memantau harga smoothies bowl pesaing, agar dapat membandingkan apakah kualitas dan layanan smoothies Anda lebih baik atau malah tidak.

  1. Tentukan Keunikan Smoothie

Tetapkan citra smoothies bowl Anda di masyarakat. Apakah ingin dikenal sebagai produk yang mahal namun berkualitas, atau ingin dikenal sebagai produk yang murah dan berkualitas. Tidak perlu takut dalam menentukan harga apabila memang smoothies yang Anda tawarkan mempunyai keunikan dan kekhasan tertentu dibanding pesaing.

Jadi, berapa harga satu porsi smoothie bowl kreasi Anda?

Sumber:

Inc.com, Modul BTPN

Penilaian :

4.8

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Febri Puspa Eka Wilujeng

17 July 2024

thx infonya

Balas

. 0

Nawawi

17 July 2024

Penjelasannya enggak terlalu rinci. Singkat banget, tapi sedikit bermanfaat untuk saya. Walaupun enggak ada niat untuk jualan smoothies

Balas

. 0

Sonia Rahelga

07 December 2023

Hmm... Penjelasannya enggak terlalu rinci. Singkat banget, tapi sedikit bermanfaat untuk saya. Walaupun enggak ada niat untuk jualan smoothies.

Balas

. 0

putra astaman

19 March 2023

Ok

Balas

. 0

Rudi haryono

25 November 2021

Mantap

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS