Dirilis

16 Oktober 2022

Penulis

Lucky Lombu

Anda berencana untuk memulai usaha tapi modalnya kurang? Sudah tahu ke mana Anda bisa cari modal usaha yang Anda butuhkan itu?

Baca Juga: Mau Pinjaman Modal Usaha Online Tanpa Jaminan, Perhatikan Ini

Nah, sebenarnya ada sekian cara yang bisa Anda lakukan untuk cari modal usaha. Mulai dari mencari di lingkungan terdekat, ke bank, hingga mengikuti kompetisi berhadiah uang, yang uangnya bisa Anda manfaatkan untuk modal usaha.

 

Cara Cari Modal Usaha yang Bisa Anda Pertimbangkan


Untuk membantu Anda menimbang ke mana Anda bisa cari modal usaha, di bawah ini adalah opsi yang bisa Anda kalkulasi.

 

 

1. Cari Modal dari Keluarga

Berbahagialah kita yang memiliki keluarga yang bisa saling mendukung, termasuk urusan modal usaha ini. Tapi, penting bagi Anda untuk tidak menganggap enteng modal yang Anda dapat, apalagi jika Anda mendapatnya dengan cara meminjam.

Walau orang yang memberi pinjaman modal usaha itu adalah keluarga Anda sendiri, tapi utang ya tetap utang. Anda sebaiknya mengembalikannya bahkan jika ia terlihat tidak terlalu butuh, dan terlihat berbesar hati tidak menagih uang yang dipinjamkan kepada Anda.

Oke, begini saja. Jika Anda bisa mengembalikan uang yang Anda pinjam itu tepat waktu, maka Anda akan memiliki kredibilitas yang baik di mata keluarga, bahkan kerabat dekat lainnya. Dengan demikian, jika suatu waktu Anda kembali membutuhkan modal untuk usaha, bukan tidak mungkin riwayat pengembalian tepat waktu itu bisa membantu Anda kembali mendapat pinjaman—atau mendapat tawaran dana bahkan sebelum Anda memintanya. Ya kan?

 

 

2. Pinjam ke Bank


Salah satu cara umum mencari modal usaha, ya ke lembaga keuangan seperti bank. Di bank, Anda bisa mengajukan pinjaman, baik pinjaman dengan jaminan atau pinjaman tanpa jaminan. 

Apalagi di era digital seperti sekarang ini. Anda bisa dengan mudah mengajukan pinjaman langsung dari smartphone Anda. Cukup klik, klik, klik, pinjaman masuk ke rekening Anda. Terutama jika Anda adalah nasabah dari bank tersebut, dan Anda punya riwayat yang baik. 

Riwayat Anda bisa memudahkan bank untuk membantu Anda meminimalisir risiko.

Kalaupun Anda belum menjadi nasabah bank bersangkutan, Anda tetap bisa mengajukan pinjaman. Cukup sediakan semua dokumen yang dibutuhkan, lalu ikuti prosedur yang ditetapkan bank.

Tapi ingat, pinjaman ke bank sifatnya berbunga, walaupun besarnya bervariasi. Anda perlu memperhatikan kebijakan bank, besar pinjaman, dan lama Anda meminjam. 

Artinya, ukur kemampuan Anda, dan pinjam sesuai kebutuhan. Buatlah perencanaan sebelum mengajukan pinjaman. Sehingga jika pinjaman itu disetujui, Anda bisa menggunakannya dengan maksimal, dan Anda bisa mengangsur dengan lancar.


 

 

3. Ajukan Pendanaan P2P Lending


Anda juga bisa cari modal usaha dengan metode P2P lending (Person to Person Lending), atau pendanaan dari orang ke orang. 
Caranya antara lain dengan menyiapkan business plan lalu mengajukannya kepada investor yang mungkin tertarik mendanai usaha Anda. 
Apa itu business plan? Business plan adalah dokumen tertulis yang menjelaskan rencana-rencana dalam bisnis.
Apa saja isinya? Antara lain, misi bisnis, ringkasan, penawaran produk atau jasa, target pasar, marketing plan, analisis industri dan tingkat persaingan, laporan keuangan, resume of company principal, dan lampiran jika ada.
Jika Anda belum pernah membuat business plan, cobalah mulai dengan melakukan analisis SWOT: Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Setelah itu, rancang tujuan bisnis Anda. Buat target yang jelas agar terbayang bagaimana cara mencapainya. Jika sudah, silakan tulis business plan Anda.

 

4. Ikut Kompetisi Berhadiah

Sebagian orang mungkin tidak terlalu percaya dengan cara mencari modal usaha lewat kompetisi berhadiah. Tapi, bila Anda punya cukup waktu, kenapa tidak Anda coba? Terutama jika Anda bisa mengikuti kompetisi yang bisa memberikan modal bahkan pendampingan usaha.

Untuk kompetisi usaha, Anda perlu menyiapkan business plan yang terasa nyata dan inovatif. Karena bisa jadi Anda akan berhadapan dengan kompetitor yang juga menyiapkan segala sesuatunya dengan matang. 

Ajaklah rekan yang bisa Anda ajak bertukar pikiran. Atau, konsultasikan dengan praktis dan para ahli kewirausahaan.


Baca Juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha yang Mudah dan Cepat


Ada lagi beberapa cara lain yang bisa Anda pertimbangkan. Tapi, semoga keempat cara di atas cocok dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jika Anda butuh saran, Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi dan trainer UMKM di Tanya Ahli. Silakan daftarkan diri Anda untuk mendapat akses penuh ke seluruh fitur Daya.id.

Sumber:

Berbagai Sumber

Penilaian :

4.7

16 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Welis Melia

10 December 2023

Menarik nih, ikut kompetisi berhadiah?

Balas

. 0

JUWENAH

08 December 2023

Kompetisi berhadiah sih menarik perlu dicoba

Balas

. 0

Asril

20 December 2022

?

Balas

. 0

Asril

20 December 2022

?

Balas

. 0

Ilham saputra

19 December 2022

?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS