Dirilis

21 September 2021

Penulis

Tim Penulis Daya



Ada banyak hal yang harus Anda lakukan jika ingin bisnis yang dijalankan bisa berkembang dengan pesat dan memberikan banyak keuntungan. Salah satu hal tersebut adalah membuat strategi marketing yang tepat, seperti menentukan target pasar. Tujuan  perusahaan menentukan target pasar adalah untuk memastikan bahwa pemasaran produk tepat sasaran. Dengan begitu penjualan bisa berjalan efektif. 

Pengertian Target Pasar  


Target pasar adalah suatu kelompok pembeli atau konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli barang ataupun produk yang dijual. Lebih singkatnya, target market (pasar) adalah suatu kelompok yang akan dilayani sebagai pembeli atau konsumen. Biasanya target pasar ini memiliki rentan umur, karakter dan juga sifat yang hampir sama. 

Saat menentukan target market tersebut, perusahaan terlebih dahulu harus melakukan segmentasi pasar. Caranya dengan mengelompokkan pembeli (konsumen) ke dalam kelompok dengan ciri-ciri atau sifat yang hampir sama. Bisa dari segi demografi, ekonomi, ataupun geografi. Inilah contoh target pasar dari produk usaha yang Anda miliki:

a.    Produk yang Anda jual 

Produk perawatan wajah khususnya masker organik tanpa bahan-bahan kimia. 

b.    Lokasi Penjualan 

Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Jakarta

c.    Demografi 

-    Wanita usia 19-35 tahun 
-    Mahasiswi, ibu rumah tangga, ataupun wanita karir 
-    Pendidikan mulai SMA sampai jenjang S3 

d.    Kebiasaan Calon Konsumen 

-    Cenderung gemar melakukan belanja online karena kemudahan aksesnya
-    Sering membuka berbagai marketplace 
-    Aktif di berbagai media sosial seperti instagram, facebook, atau twitter 
-    Cenderung mencari produk perawatan wajah dengan bahan alami 

e.    Daya Beli Calon Konsumen 

Masyarakat kelas menengah ke atas dengan daya beli mulai dari Rp. 50.000 sampai Rp. 200.000 per paket produknya. 

Manfaat Target Pasar untuk Bisnis



Berikut ini adalah beberapa manfaat target pasar untuk bisnis:

1. Untuk Meningkatkan Penjualan

Fokus pada target pasar akan memungkinkan Anda untuk membuat produk  lebih cepat serta memasarkannya lebih dahulu dibandingkan dengan para pesaingnya. Tentu ini akan membuat penjualan produk akan meningkat. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan menjadi lebih mudah dalam mengembangkan produk. 
Data yang dimiliki dari target pasar akan membantu Anda dalam menentukan produk apa saja yang disukai oleh para pelanggan. Jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan maka akan mendorong konsumen untuk lebih loyal sehingga keuntungan yang diperoleh akan semakin meningkat.

2. Mengantisipasi Persaingan dengan Baik

Namanya juga bisnis pasti tetap saja akan mengalami persaingan. Namun, Anda tidak perlu khawatir apabila bisnis yang dijalani memiliki pesaing atau kompetitor. Hal ini justru akan membuat Anda memiliki kemampuan dalam mengantisipasi persaingan sehingga akan memberikan banyak keuntungan.
Salah satu kunci untuk mengatasi persaingan dengan kompetitor adalah mengetahui target pasar dna juga melihat apa yang kompetitor tawarkan. Setelah mengetahuinya, Anda bisa menciptakan keunggulan produk yang belum ditawarkan oleh kompetitor. 

3. Membangun Komunikasi dengan Pelanggan 

Apabila Anda mengetahui target pasar maka akan lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan. Melakukan komunikasi dengan pelanggan akan membuat Anda menjadi lebih memahami apa saja kebutuhan para pelanggan tersebut. Dimana komunikasi yang dilakukan bisa dengan cara survei ataupun metode lainnya. 
Informasi yang diperoleh dari komunikasi sangatlah penting untuk menentukan produk baru yang akan diciptakan. Tentu dengan mengetahui produk apa yang dibutuhkan pelanggan maka menjadi lebih mudah dalam menjualnya.

4. Mengetahui Budget yang Dibutuhkan 

Dalam menjalankan suatu bisnis pasti tidak bisa dilepaskan dari keberadaan modal, salah satunya dalam kegiatan pemasaran. Jika Anda tidak menentukan lebih dahulu strategi target pasar maka akan berupaya untuk menyasar semua orang. Artinya biaya yang dibutuhkan menjadi sangat besar. Meskipun produk yang terjual cukup banyak tetapi keuntungan yang diperoleh relatif kecil karena biaya pemasaran yang dikeluarkan juga cukup besar.

5. Memudahkan dalam Menyiapkan Konten Promosi 

Keberhasilan pemasaran tidak bisa dilepaskan dari konten promosi yang digunakan. Konten promosi yang digunakan akan mempengaruhi banyak tidaknya produk yang terjual. Selain itu, penggunaan konten promosi yang tepat dan menarik bisa berpotensi untuk menggenjot penjualan dengan maksimal. Target pasar yang dimiliki perusahaan Anda akan menentukan media promosi apa saja yang akan digunakan. Entah itu media cetak atau media sosial.

Nah itulah informasi tentang pengertian target pasar dan manfaatnya untuk bisnis. Bagi Anda yang memiliki usaha, maka sebaiknya tentukan target pasarnya terlebih dahulu. Dengan begitu, strategi untuk meningkatkan penjualan produk bisa disusun dengan lebih efektif dan mudah. Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id seputar target pasar dan implementasinya untuk usaha Anda selengkapnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Sonny Hisar Hamonangan Sitompul

06 Oktober 2023

๐Ÿ‘

Balas

. 0

Sonny Hisar Hamonangan Sitompul

06 Oktober 2023

๐Ÿ‘

Balas

. 0

Ardhan Ashary Nasution

04 Oktober 2023

Keren informasi nya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS