Dirilis

13 Juni 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Banyak orang memanfaatkan momen Lebaran untuk mudik. Menggunakan mobil untuk mudik merupakan salah satu pilihan transportasi yang sering digunakan, karena dianggap lebih murah, praktis, dan nyaman untuk dipakai bersilaturahmi ke berbagai tempat.

Nah, jika Anda termasuk yang menggunakan mobil pribadi untuk mudik, berikut ini 6 pos biaya yang perlu Anda siapkan, agar bisa menghindari kekurangan atau kelebihan biaya selama perjalanan.

1. Biaya servis
Sebelum mudik, penting untuk memastikan kondisi mobil Anda dalam kondisi baik dan prima, sehingga Anda bisa meminimalisir risiko buruk selama perjalanan. Pastikan Anda menyiapkan sejumlah dana khusus untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh di bengkel resmi demi kenyamanan dan kemanan.

2. Biaya bahan bakar
Konsumsi bahan bakar setiap mobil tentu berbeda-beda. Cari tahu rata-rata konsumsi bahan bakar mobil Anda. Jangan lupa hitung jarak dari kota asal ke kota tujuan. Gunakan kisaran harga bahan bakar tertinggi untuk memudahkan menentukan berapa biaya yang perlu Anda siapkan.

3. Biaya tol
Buat daftar jalur tol mana saja yang akan Anda lewati dan cek tarif terbarunya melalui internet. Setelah itu, isi saldo uang elektronik Anda melebihi biaya tol yang sudah diperkirakan untuk menghindari risiko saldo kurang saat akan digunakan.

4. Biaya makan, minum, dan cemilan
Melakukan perjalanan jauh jangan sampai membuat kondisi badan menurun karena kurang asupan makanan dan minuman. Persiapkan biaya makan, minum, dan cemilan untuk semua anggota keluarga yang ikut mudik terutama anak-anak.

5. Biaya penginapan
Bagi Anda yang menempuh jarak sangat jauh, mungkin biaya penginapan perlu dipertimbangkan, agar tubuh tidak terlalu lelah di perjalanan. Sesuaikan biaya penginapan dengan jumlah anggota keluarga ya.

6. Biaya darurat
Kita tentu tidak berharap terjadinya kendala kecil seperti ban bocor, mobil mogok, atau lainnya. Namun, menyiapkan dana cadangan penting dan wajib untuk berjaga-jaga. Besarnya dana darurat setidaknya 10% sampai 20% dari total budget mudik Anda, atau seberapapun yang membuat Anda merasa lebih nyaman dan tidak khawatir.

Ingat, pos-pos di atas tidak hanya berlaku untuk perjalanan mudik, tetapi juga untuk perjalanan pulang kembali ke rumah. Pastikan biaya yang Anda siapkan cukup untuk perjalanan pergi dan pulang.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Koekoeh Gesang Setyonugroho

18 Juni 2018

baguusss!!!

Balas

. 0

Peni Hidayah

13 Juni 2018

Sangat bermanfaat sekali ???

Balas

. 0

13 Juni 2018

Berfaedah sekali.. Pertamax!

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS